Cara Merakit Power Suplay 12 volt menggunakan ic La7812 (kusus pemula)

Merakit power suplay IC 7812 merupakan pelajaran paling dasar dari elektronika. Berbagai aspek dalam elektronika berkaitan erat dengan power suplai.  Bahkan semua perangkat elektronika menggunakannya. 

Dulu waktu saya sekolah elektronik, dasar pelajaran yang di berikan oleh guru saya adalah power suplai. Setelah pelajaran simbol koponen elekronika. Dan pertama kali saya merakit komponen elektronika adalah power suplay 12 volt menggunakan IC LA7812 model dioda bridge. Waktu itu, merakit PSU  mengalami kegagalan beberapa kali karena belum benar-benar paham.

Itulah sedikit cerita masa belajar tempo lalu.  Sekarang saya ingin berbagi ilmu dengan kalian para pemula yang ingin belajar bersama penglaman yang pernah saya alami.

Perlu anda tahu bahwa merakit komponen menjadi sebuah rangkaian akan membutuhkan ketrampilan memahami simbol-simbol rangkaian. Maka dari itu saya menyarankan anda pelajari tentang bagaimana simbol dari komponen yang ingin anda rakit. Misalnya yang sekarang kita bahas adalah power suplay 12volt menggunakan ic 7812, maka yang kita gunakan adalah komponen sebagai berikut:

Bahan:
  • Dioda, berfugi sebagai penyearah arus ac menjadi (+) & (-). Simbol komponen dalam skema ditulis D.
  • Trafo ukuran sesui kebutuhan berapa watt. Di dalam rangkaian ditulis trafo lilitan.L
  • Elco 1000 uf /25 volt dibutuhkan dan 470uf  /16 volt ,sering disingkal C.
  • pcb polos tempat atau media membuat rangkaian. bisa menggunakan fcb titik maupun langsung digandeng.
  • kabel secukupnya, sebagai penghubung input  dan output.
  • ic la7812 sebagai penyetabil tegangan 12volt  DC.

Sebagai peralatan membuat anda persiapkan alat berupa:

Soldir, timah ( tenol ), atraktor, cutter sebagai pembentukan jalur dalam FCB, atau bisa juga menggunakan larutan kimia feryclorida dengan menggambarnya, bor listrik mini untuk melubangi FCB polos. Alternative bisa menggunakan FCB titik.

Cara merakit power suplay 12 volt 

Pertama kita harus menggambar jalur FCB pada kertas sesuai dengan skema power suplay bridge seperti  pada gambar berikut ini:
skema power suplay menggunkan ic 7812
lay out menggunakan keprok bridge


Menyusun tata ketak komponen sesuai jalur yang sesuai dengan skema. Gambar pada kertas. Kemudian lubangi FCB dengan bor mini sesuai dengan gambar tata letak jalur yang anda kehendaki. Setelah di Edit selanjutnya yaitu pembuatan jalur. Pembuatan jalur ada dua pilihan yaitu menggunakan cutter untuk membuat jalur dan menggunakan larutan kimia fericlorida untuk melarutkan tembaga FCB.

#Cara Membuat Skema FCB menggunakn cutter
Menggunakan cutter memang lebih aman dibanding menggunakan larutan ferryclorida. Kelebihanya lebih mudah di dapat dan mudah dilakukan serta aman untuk kesehatan.
Kekuranganya adalah lebih lama pengerjaanya memakan waktu yang cukup lama. Karena menggunakan  cutter menggores semua gambar yang telah kita buat secara teliti.

power suplaI 12V IC7812
lay out dari atas dioda biasa
#Menggunakan larutan fericlorid
Membuat jalur FCB menggunakan fericlorid merupakan kegiatan yang  penuh was-was. Mengapa kok begitu? karena di dalam proses  pembuatanya sangat ribet dan juga mencari bahan ini sangat tidak gampang.Menggambar dengan spidol water prof, atau menggunakan sablon.
Untuk lebih jelasnya akan saya shere lain waktu.

Setelah slesai membuat jalur FCB

langkah selanjutnya yaitu dengan memasang komponen dengan FCB. Yang perlu dingat yaitu pemasangan elco jangan terbalik, karena akan berakibat fatal jika lupa. Pemasangan ic juga jangan terbalik. Kaki secara berurutan 1-2-3. Kaki  satu  berfungsi sebagai input ,kaki dua (tengah) terhubung dengan ground (-) , kaki tiga out 12volt(+).
Persatukan menggunakan timah sesuai dengan sekema power suplai 12volt menggunakan ic 3 kaki la7812.

Test dengan Volt Meter DC. Tegangan harus 12 VDC. Bila kurang berarti  belum sukses. Ini terjadi biasanya karena ic short atau tegangan  penyuplay IC bagian input kaki satu pada IC 7812 kurang suplay.

"Usahakan sebelum input atau kaki pertama pada 7812 harus disuplay lebih  dari 12 Volt, ini untuk mendukung bekerja IC lebih maksimal."

#Kesimpulan dalam percobaan kali  ini adalah;
  1. Bahwa fungsi dari IC LA7812 adalah sebagai penyetabil tegangan 12 Volt,
  2. Kerja IC LA7812 adalah menahan lonjakan tegangan hingga 25 volt,
  3. IC LA7812 akan bekerja maksimal apabila disuplai lebih dari 12 Volt DC
  4. Cara ini bisa diaplikasikan ke beberapa tegangan menggunakan ic 78xx series.
Demikian cara merakit power suplay 12 volt menggunakan ic 7812 dan praktek yang saya lakukan sewaktu dulu bersekolah di balai latihan kerja jurusan elektronik Temanggung tahun 2014 lampau.
Good luck!
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

Posting Komentar untuk "Cara Merakit Power Suplay 12 volt menggunakan ic La7812 (kusus pemula)"