Cara Mudah Memperbaiki Blender rusak

Cara memperbaiki blender - Dilihat dari fungsinya blender berfungsi sebagai penghancur buah untuk di buat sebagai jus. Tapi terkadang banyak orang salah mengaplikasikan sebagaimana fungsi dari blender itu sendiri. Karena itulah blender sering mengalami kerusakan karena kelebihan beban. 

Padahal dari segi kekuatan blender sangat rawan sekali kerusakan, terutama pada merek abal-abal yang memiliki kualitas komponen sangat rendah terutama pada bagian spoel yang mudah panas dan akibatnya mudah terbakar.

Blender rawan rusak dipengaruhi oleh kerja blender yang sebagian besar berhubungan dengan air. Jadi ketika blender anda rusak bisa disebabkan oleh faktor air. Sebagai menambah wawasan anda saya memberi sedikit tips menggunakan blender agar awat;
  • Jangan nyalakan blender ketika dinamo terkena air. Jemur di bawah terik matahari sampai kering sebelum di gunakan lagi.
  • Jangan memaksa blender pada benda keras sehingga motor tersendat.
  • Berilah spasi putaran beberapa saat ketika ingin memutar lebih lama.
Pada intinya diatas hanyalah sedikit tips untuk mencegah kerusakan. Tapi ,jika terlanjur rusak. Berikut ini saya mengajak anda sekalian untuk mengenal berbagai kerusakan blender dan cara penangananya.

1. Blender mati total

Jika blender saat dinyalakan tidak ada respon dari dinamo maka periksa kabel AC 220,dan periksa semua kabel pastikan tidak ada yang terlepas atau putus. Jika perlu gunakan ohm meter 1× untuk mengecek semua kabel sehingga lebih akurat. Periksa saklar on off Juga.


2. Motor tidak berputar sama sekali

Pada kasus yang kedua ini biasanya berhubungan dengan dinamo. Jadi setelah di pastikan kabel sudah beres kini saatnya melangkah memeriksa spol dinamo apakah short atau putus, dengan cara menggunakan OHM meter 1×.

jika jarum tester bergerak ke kanan penuh berarti spoel shot. Tapi jika masih tersisa sekitar 3ohm maka di pastikan masih baik; namun apabila tidak bergerak sama sekali berarti lilitannya ada yang putus.

3. Blender hanya dengung

Ketika blender dinyalakan hanya berbunyi dengung ini menandakan arus sudah masuk namun kurang. Kasus ini dipengaruhi oleh motor yang seret, sehingga perlu untuk dilumasi minyak atau sejenisnya agar putaran tidak berat.

Ada kemungkinan juga carbon brush atau brostel sudah tipis sehingga tidak kuat menggerakan motor. Maka gantilah dengan Yang baru dan berkualits, karena komponen yang ada di pasaran sangat ragam kualitasnya. Ini akan menentukan kekuatan putaran dan usia blender.

4.MCB listrik langsung anjlok ketika blender dihidupkan

Spoel short sering terjadi apa bila blender digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak diberi spasi, yang terjadi adalah spoel dinamo panas dan akhirnya terbakar. Jika terlihat spoel terbakar lebih baik beli blender baru atau melilit ulang gulungan dinamo.

Dari sekian permasalahan di atas yang paling sering terjadi ialah carbon brush atau brostel sudah tipis. Jika blender jarang digunakan maka akan karatan pada bagian landasan carbon brush dan lakker sulit digerakan karena karatan.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara memperbaiki blender. Bagaimana mudah bukan? , yah semoga dapat memecahkan blender anda yang bermasalah. Sekian dan terimakasih
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki Blender rusak"