Peluang bisnis, jual beli TV Second keuntungan menggiurkan

Peluang bisnis, jual beli TV Second keuntungan menggiurkan


Soldiradem blog - Tingginya minat masyarakat terhadap hiburan acara TV menuntut produsen TV terus berinovasi mengembangkan teknologi TV.

Namun dibalik itu, tidak sepenuhnya konsumen selalu membeli produk baru. Disebabkan oleh semakin tinggi harganya pula.

Oleh sebab itulah jual beli TV second masih saja tetap ada.

Bisa dibilang, jual beli tv second adalah sebuah peluang bisnis. Dimana peluangnya masih ada. Meskipun hanya sedikit.

Selain sebagai peluang bisnis, jual beli TV second akan sedikit mengurangi angka sampah elektronik. Karena dalam hal ini terkadang TV yang sudah rusak dapat diperbaiki  ,sehingga ini akan sedikit mengurangi sampah elektronik.

Jual beli TV second paling sering terjadi pada jenis TV tabung.  Hal ini disebabkan oleh faktor kemudahan dalam mereparasi TV tabung. Sehingga kemudahan itulah yang menjadi peluang dalam merekondisikan TV untuk dijual lagi. 

Untuk TV janis lcd mungkin lebih sedkit. Hal ini dikarenakan oleh biayaya sparpart yang mahal. Sehingga dalam hal ini untuk merekondisikan TV lcd lebih sulit. Kemungkinan jika TV lcd sudah terkena panelnya akan dibuat kanibalan saja bagi teknisi.

Bisnis jual beli TV second sangat cocok bagi yang berprofesi sebagai teknisi elektronik. Karena biasanya, ada sebuah kesempatan keadaan dimana saat servis TV yang tidak dapat dipebaiki, sehingga bisa ditawarkan kepada user TV. Apakah ditukar tambah atau dijual.

selain itu,, Untuk segi pemasaran tv second untuk sekarang ini cukup mudah, karena sekarang ini jual beli sudah dimudahkan adanya sosial media. Sehingga kita memanfaatkan hal ini sebagai media pemasaran. Misalnya di facebook. Di facebook kita memanfaatkan group jual beli barang second di satu wilayah kita. Jika satu wilayah maka akan memudahkan jika terjadi transaksi..

Baca juga : strategi pemasaran jasa servis elektronik

Lalu berapa keuntungan Yang didapat dark jual beli tv second? 

Menurut pengalaman yang ada dilapangan, bahwa ada berbagai harga yang di bandrol terhadap beberapa jenis TV, diantaranya; 

TV mati
TV mati bisanya kalau tukang rongsok menghargai 25 ribu rupiah untuk 21 inc dan 15 ribu untuk ukuran 14 inci.
Namun jika teknisi elektronik bisanya melihat kondisi untuk menghargai tv mati.

Tv normal
Untuk tv ukuran 14 inci sekarang ini cenderung menurun, untuk jenis tv Cina di pasaran sekarang ini seharga sekitar 150 ribuan. Sedangkan untuk tv ukuran 21 inci seharga 350 ribuan.

Semua tergantung merek dan kondisinya.

Jika kita sebagai seorang teknisi perhitungannya sbb; 

Misalnya kita membeli tv merek polytron slim ukuran 21 inci seharga 100 ribu dengan kondisi mati total.  Perkiraan jika tv mati biaya sperpart 50 ribu. Harga jual tv slim yang masih tinggi sekitar 500-700 ribu. Maka kita mendapatkan keuntungan sebesar 350-450 ribu.

Keuntungan yang Menggiurkan memang,

Namun Dalam bisnis jual beli tv second ini tidak semudah itu, karena terkadang jika crt sudah mati maka kita akan rugi.

Oleh karena itu kita harus pandai memilih dan mengenali tv mati yang ingin kita beli. Sehingga tidak terjadi kerugian yang besar.

Jika kita melihat tv dengan spekulasi atau tidak mempertimbangkan faktor kelayakan, hendaknya menghargai tv dengan harga yang rendah jika tidak ingin rugi banyak.

Kelemahan dari bisnis jual beli tv second adalah kualitas mesin. Di dalam hal ini jika tv yang kita jual cepat rusak maka kita akan kualahan. Karena biasanya kita tidak enak kepada pembeli, jika tv yang kita jual cepat rusak.

Itulah bisnis pasti ada resiko untuk rugi, tinggal bagaimana kita mengatur strategi untuk mengurangi kerugian dalam menjalankan bisnis.

Demikian pula artikel tentang peluang bisnis jual beli tv second. Mudah-mudahan dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana melakoni usaha jual beli tv second.

Thanks

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Peluang bisnis, jual beli TV Second keuntungan menggiurkan "