Cara Membuat Ct Pada Trafo Non Ct

Cara membuat ct pada trafo non ct - Kesempatan kali ini saya ingin. Shere bagaiman membuat power suplay pada trafo yang tidak ada ct nya hanya memiliki lilitan 0 sampai 25 volt. Sehingga menjadi psu yang simetris. 

Ini merupakan catatan penting, karena mendapat sebuah job yang menginginkan merakit amplifier dengan trafo seadanya. Sebelumnya trafo ini digunakan untuk menyuplay power amplifier dengan menggunakan ic. Sehingga harus merubah jenis power suply jika ingin Digunakan untuk menyuplay power amplifier jenis ocl. Seperti yang kita tahu bahwa power Amplifier ocl merupakan ampli menggunakan jenis suplay simetris yaitu + - 0 .

Pada beberapa blog yang mengulas sebelumnya saya mencari refrensi tentang hal ini. Membaca mengenai power suply simetris yang mana harus merubah lilitan trafo agar memiliki ct. Namun saya tidak bisa jika harus mebongkar trafo karena tidak ada pengalaman sebelumnya. Dan kemungkinan gagal lebih beresiko saat saya gagal melilit ulang trafo. Hasilnya juga tidak akan maksimal. Seperti trafo  menjadi berdengung.

Merakit trafo non ct dijadikan ct sangat mudah karena kita hanya menggunakan bahan yang sudah ada tinggal kita rakit sehingga menghasikan suplay yang memiliki ct. Simetris.
Berikut merupakan gambar  skema yang saya rakit.
#

Bahan yang dibutuhkan ialah:

  • Trafo non ct.
  • Elco ukuran tergantung berapa tegangan.
  • Dioda keprok bridge. 

Cara membuat ;

Satukan input ac pada dioda keprok ,artinya dioda hanya digunakan satu in dan akan keluar 2  polaritas (+ ) dan ( - ).

Pada sistim ini , salah satu jalur out trafo digunakan sebagai ct sedangkan yang satunya digunakan sebagai pembentuk polaritas (+) & (-) sehingga tegangan menjadi simetris.
Hal yang perlu diperhatikan dalam modif power suplay ialah voltase elco. Jika ingin perakitan berjalan lancar. 

Artikel terkait; Cara modif elco, menambah volt dan capasitas

Tehnik ini juga bisa digunakan pada jenis trafo ct  yang ingin menaikan tegangan hingga 2 kali lipat. misalnya ingin menaikan tegangan pada trafo 25 ct ini dapat dinaikan menjadi 50v dc dan ct asli trafo tidak di pergunakan sehingga caranya persis seperti mengubah pada trafo non ct.

Jika menggunakan trafo jenis non ct/0 maka penaikan tegangan tidak dapat dilakukan seperti pada trafo yang memang memiliki tegangan doble way.  Contohnya pada sebuah trafo hanya memiliki tegangan 25 volt dsn 0 . Maka tegangan hanya menjadi 25 ct 25 . Sedangkan trafo yang memiliki ct asli bswaan trafo, misalnya 25 ct 25 bisa dinaikan hingga 50v dc. 

Kalemahan pada jenis rangkaian ini adalah tergantung dari jenis kualitas;; ower dan lilitan trafo. Hal yang sering dialami adalah gangguan audio seperti dengung dan nois. Dan pling sering dialami trafo yang dirakit seperti ini cepat sekali panas dibandingkan dirakit secara normal.
Jadi, ini hanya alternatif saja, karena kinerja tetap masih unggul sesuai dengan yang menggunakan ct asli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel