Kesalahan Saat Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2019

Soldradem blog - Satelit Telkom 3s sudah hilang kini berganti dengan satelit baru yaitu satelit Telkom 4 atau sering disebut Satelit merah putih. Semua transponder tv sudah beralih ke satelit Telkom 4.

Telkom 4 berada pada posisi 108 drajat E, ini merupakan posisi satelit Telkom 1 dulu yang sudah hilang. Jadi bagi yang belum pindah ke Telkom 3s, tinggal scan ulang maka telkom 4 sudah bisa ditampilkan tanpa tracking parabola. Asalkan komponen LNB dan lainya dalam keadaan normal. 

Karena letaknya sudah bergeser maka perlu dikembalikan seperti semula yaitu mengubah posisi dish ke arah barat.

Untuk menggesernya pun tidak sembarangan ,meski harus memahami cara mencari satelit Telkom yang benar.

Kesalahan Saat Mencari Satelit TELKOM 4 Tahun 2019 


#Kesalahan memogram receiver


Dari beberapa orang yang gagal menggeser parabola mencari sinyal telkom 4, paling banyak adalah kesalahan memrogram receiver. Diantranya:

  • Belum merubah frekuensi transponder dari satelit Telkom 3s menjadi frekuensi terbaru dari satelit Telkom 4.
  • Tidak memperhatikan letak dseg dan lnb. Meski sudah mengganti frekuensi terbaru dari satelit Telkom 4, tapi belum mengganti posisi dseq akan mengakibatkan sinyal ada namun palapa akan hilang, namun ketika Palapa Ada sinyal Telkom malah hilang. Dan ini sering disebut sinyal tarik menarik.
    ini adalah posisi instalasi LNB secara normal yaitu posisi dseq LNB 1 bearada posisi barat agar tidak bingung saat program receiver
  • Untuk itu ,perhatikan bahwa letak dseg pada receiver dan lnb harus sama. LNB 1 ditempatkan pada dseg 1 untuk menerima satelit Palapa. Dengan LNB Berada posisi di barat. Sedangkan Telkom4 berada pada dseq 2 /lnb 2 berada pada posisi timur. Dengan begitu maka titik fokus pada kedua satelit akan dekat. Lebih baik apabila tidak yakin cek pada instalasi LNB apakah posisi sudah benar secara langsung, sehingga perbedaan antara program receiver dan instalasi komponen tidak berbeda. JIka tidak cocok antara keduanya maka akan menyebabkan tracking gagal.

#Cara menggeser yang salah


Sebenanrnya untuk mencari satelit Telkom 4, jika sudah program receiver diatas sudah dilakukan dan setingan awal juga sudah baik,. maka dengan waktu singkat sudah dapat mendapatkan sinyal bahkan kurang.

mencari satelit telkom 4 pada tahun 2019 saat terjadi pergeseran satelit dari telkom 3 ke telkom 4


Kesalahan yang saya temui Di lapangan ialah ,ketika seseorang mencari satelit telkom 4 cukup salah apabila mengendurkan semua baut . sehingga ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Yang benar, jika settingan dari pertama pasang antena parabola settinganya pas, maka Kita hanya perlu mendorong arah dish ke sebelah barat sedikit saja sudah dapat sinyal. Maka akan lebih cepat daripada mengendurkan semua baut yang ada.

HimbAuan bagi yang semula mutar tiang fokus pada parabola Jaring, maka kembalikan seperti semula psosisi cangkul mengarah ke sebelah timur. Seperti gambar di atas. Mungkin pada program instalasi antena tidak perlu dirubah. Perlu mengubah pada frekuensi terbaru dari trans media dan antv saja. Untuk penggeseran biasanya tidak menggeser begitu jauh.

Kesalahan yang terjadi disebabkan oleh pemahaman dan wawasan seseorang kurang . Sehingga saat mereka mencoba mencari satelit telkom 4 gagal karena hanya mendengar ‘‘katanya’’dari orang lain tidak mempelajari secara teoritis. Inilah maka dari sebagian orang masih gagal dalam cara mencari satelit telkom 4.

Thanks"!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel