Cara Mengetahui Kutub Positif dan kutub Negatif Lampu LED

Mungkin bukan saya saja yang mengalami kesalahan saat memasang lampu led yang berakhir dengan led baru dipasang langsung mati.

Penyebab utama kerusakan pada led adalah salahnya menyambung kaki positif dan negatif lampu led.

Perlu diketahui lampu led adalah salah satu jenis komponen berpolaritas, sehingga ketika salah dalam pemasangan lampu led bisa rusak.

Selain itu, kerusakan lampu led juga dipicu oleh tegangan yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperutuntukan untuk lampu led.

Misalnya lampu led dengan voltase 3,6 volt maks, dipaksakan menggunakan 5 volt maka led langsung mati apabila tanpa menggunakan resistor pembatas.

Nah kali ini akan saya shere beberapa gambar untuk mengetahui polaritas lampu led untuk membedakan kaki positif + dan negatif - secara fisik.

Cara Mengetahui Kutub Positif dan kutub Negatif Lampu LED?

Dengan melihat secara fikisk lampu led secara langsung anda akan kenal mana kaki positif dan mana kaki negatif.

Selain mengamati secara fisik anda juga bisa menggunakan ohm meter analog saat mengecek led.

Lampu led akan menyala apabila kaki positif berada pada probe hitam sedangkan kaki negatif berada pada brobe merah.
Cara Mengetahui Kutub Positif dan kutub Negatif Lampu LED menggunakan ohm meter

Kenapa bisa terbalik, memang kondisinya seperti saat mengukur sebuah dioda biasa, apabila jarum bergerak ketika probe hitam, pada kaki positif/anoda, maka itu tandanya dioda masih dalam keadaan normal,

Namun jika probe merah tester, berada di kaki positif/anoda, namun jarum bergeraak itu berarti dioda bocor.

Cara Mengetahui Kutub Positif dan kutub Negatif Lampu LED?

Nah untuk lampu led biasanya ketika pengukuran seperti dioda, maka led akan menyala jika probe hitam berada dikaki positif sedangkan jika kebalikkannya dioda tidak akan menyala.

Sebenarnya menggunakan ohm meter hanya untuk memeriksa kerusakan sedangkan paling inti adalah mengamati fisik led untuk mengetahui kaki positif dan negatif lampu led.

 Mungkin juga susatu saat anda memenemui led yang tidak terlihat secara fisik saja. maka langkah paling mudah dengan menggunakan ohm meter x1. Hal ini akan sering ditemui pada komponen LED SMD. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui juga menggunakan multimeter ohm meter untuk mengecek polaritas led.

Demikian semoga bermanfaat.

Publish by: www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kutub Positif dan kutub Negatif Lampu LED"