Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara memperbaiki Parabola Kualitas dan Kuantitas sinyal 0% update 2022

Cara memperbaiki Parabola Kualitas dan Kuantitas sinyal 0% update 2022

Cara memperbaiki parabola tidak ada sinyal. Pengalaman yang akan saya share di sini adalah kerusakan dengan gejala kualitas dan kuantitas sinyal 0%. 

Bagi pemula kerusakan ini akan menjadi hal yang membingungkan bahkan bisa jadi gagal dalam memperbaiki parabola tidak dengan gejala semacam ini. 

Saya mungkin sering share bahkan berulang kali bahwa kerusakan 0% pada kualitas dan kuantitas sinyal merupakan gejala kerusakan pada komponen parabola seperti lnb, switch, dan kabel tidak terhubung dengan receiver. Itu artinya bisa jadi program receiver salah atau kabel putus. karena belum tentu terjadi kerusakan pada komponen parabola lnb dan switch.  

Cara memperbaiki Parabola Kualitas dan Kuantitas sinyal 0% update 2022

1. Kabel Parabola

Hal paling sepele namun sering di abaikan adalah tentang kerusakan kabel yang ternyata membuat kita semua kebingungan saat memperbaiki parabola. Namun jika kita teliti dalam melihat suatu gejala yang di depan mata ini akan mudah.

Misalnya kita melihat suatu kabel telah digunakan beberapa tahun terkena panas dan hujan sehingga terjadi perubahan sifat pada pelindung kabel. Paling sering terjadi ialah rapuhnya bahan serabut kabel pada bagian ground, 

Ciri kabel yang rusak bisa kita buka pada bagian isolator berwarna hitam. Apabila terlihat serbuk putih dan serabut mudah putus itu artinya apa kemungkinan terjadi kerusakan pada kabel yang mengakibatkan kerusakan tidak ada sinyal. 

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah, buang pada kebel yang terkena panas dan hujan saja sedangkan bagian yang lebih panjang tertutup dengan genteng sehingga tidak terkena dampak kerusakan.

 Jika memungkinkan putus kebel pada bagian luar yang terkena panas dan menyeret bagian kabel yang masih utuh. dengan catatan kabel masih ada sisa di dalam instalasi rumah.

Apabila tidak ada sisa kabel yang harus anda lakukan adalah mengganti sepersekian meter saja tidak perlu diganti semuanya jika dirasa masih bagus pada bagian yang dimaksud. ini akan menghemat waktu kerja. 

Baca juga : 7 penyebab parabola tidak ada sinyal

2. Komponen LNB dan Switch 

Cara memperbaiki Parabola Kualitas dan Kuantitas sinyal 0% update 2022
LNB dan switch tidak terpakai di musiumkan saja 

Komponen lnb biasanya terhubung dengan switch bagi yang menggunakan c-band dengan komponen 2 lnb atau lebih. 

yang sering membingungkan instalasi menggunakan 2 lnb menggunakan sistem 22k. sehingga lebih rumit dalam hal pengertiannya. dan kadang inilah yang membuat tidak berhasilnya memperbaiki parabola tidak ada sinyal. 

namun yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana mendeteksi kerusakan pada kerusakan komponen lnb sehingga mengakibatkan kerusakan parabola rusak tidak ada sinyal dengan kualitas dan kuantitas sinyal 0%

Setelah kabel dirasa cukup baik maka bisa kemungkinan terjadi kerusakan pada lnb. 

Sebelum masuk ke tahap pengecekan pastikan anda mengetahui jenis parabola yang digunakan. karena jenis parabola ada dua macam dan memiliki cara kerja yang berbeda. 

Parabola KU band maka anda akan dihadapkan pada komponen lnb saja. Sedangkan ketika anda memiliki parabola c-band pasang dari tahun 2020 kebawah maka kemungkinan menggunakan 2 lnb dengan switch dan kadang 22k. 

Nah bagi pengguna c-band dan masih menggunakan switch, untuk memastikan lnb rusak atau switchnya yang rusak bisa mencoba konekan kabel dari receiver ke lnb tanpa melalui switch.

Jika melihat kuantitas sinyal bertambah berarti lnb tidak rusak.

Namun jika tetap tidak ada respon dari receiver maka bisa jadi kerusakan pada kabel atau memang lnb mengalami kerusakan. 

Sesederhana itu memperbaiki parabola tidak ada sinyal. 

Sebelum anda tracing ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, diantaranya:

1. Program receiver ke update frekuensi terbaru 

2. Instalasi antena pada bagian c-band switch dimatikan jika tanpa menggunakan switch. 

3. Frekuensi yang dicari adalah satelit c-band. 

4. Jika anda menggunakan payung kecil berarti anda menggunakan satelit ku band. frekuensi juga harus menggunakan ku band.  

Untuk lebih mudah tracking menggunakan parabola c band saya biasanya menghubungkan kabel dari receiver pada lnb kedua yang terletak di arah timur. sehingga arah parabola tidak terlalu miring ke timur untuk menangkap siaran dari satelit Telkom 4. 

Jika lnb yang satunya pada bagian sebelah barat masih bagus, bisa disimpan saja agar suatu saat bisa digunakan kembali ketika lnb yang saat ini digunakan mengalami kerusakan. 

Dua hal tersebut diatas sangat krusial sederhana kadang membuat orang kebingungan saat memperbaiki Parabola Kualitas dan Kuantitas sinyal 0% . terutama yang baru mengenal parabola.

Cara untuk memperbaiki parabola akan selalu berubah tergantung dari provider yang digunakan. berbeda dengan jaman dulu yang masih menggunakan sistem fta ATAU FREE TO AIR. 

Demikian yang bisa saya sampaikan mudah mudahan bermanfaat.