Cara Memperbaiki TV Polytron Minimax Dipe Mati Total

Ketika menemui kerusakan mati total lihat gejalanya terlebih dahulu, misalnya tv mati jika dihidupkan mcb anjlok berarti ada short yang hebat di area power suplay atau ditandai fuse pada power suplay putus juga menandakan ada korsleting yang para pada blog power suplay. dan tidak ada reaksi apapun ketika dinyalakan.

1. Memperbaiki tv polytron minimax dipe mcb jeglek dan fuse putus

Kerusakan dengan gejala mcb anjlok ketika di hidupkan. kita harus berhati-hati karena pada beberapa kasus sering mengalami jebol terus malah diteruskan. Jadinya boros fet fs7um. Nah untuk itu kita pahami dulu penyebabnya.
Skematik primer fs7um

Ketika menemui kerusakan terjadi short pada fet yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengukur tegangan input pada kaki fet fs7um dengan keadaan fet tidak dipasang terlebih dahulu. Dalam hal ini anda harus berhati-hati karena fet tidak bekerja biasanya elko akan menyimpan tegangan.

Cek tegangan kaki gate dari fet jangan lebih dari 5 volt. Jika terjadi demikian cek beberapa komponen pendukung fet yaitu TR C1815 dan A1015. Cek yang bekerja pada jalur G kaki fet fs7um.dan cek komponen pasif seperti resistor r525 berukuran 100-ohm yang terhubung langsung ke kaki gate fet. R528 10k. jika terjadi perubahan nilai impedance dapat mempengaruhi tegangan yang masuk ke transistor c1815 dan a1015. Cek juga pada resistor r529=47k. kemungkinan putus atau molor akan mengakibatkan transistor mati akibat tegangan dari r528=10k berlebih.
Jika tegangan (G) sudah normal 4 volt. Bis dicoba memasang fet FS7UM.

Sekarang waktunya test Bersamaan dengan uji menggunakan fet baru, ukur tegangan B+115. Jangan jangan penyebabnya B+over. Karena b+yang over bisa saja mengakibatkan seluruh transistor dan fet bisa mati dalam sekejap. Oleh sebab itu perlu metapodia saat uji coba dengan langkah cepat dengan mengukur b+

Jika tegangan b+ normal berarti penyebabnya hanya di bagian primer saja.
baca juga: memperbaiki polytron diva mati total disertai horizontal short

2. Memperbaiki kerusakan polytron minimax dipe mati total tidak ada reaksi apapun ketika dinyalakan



Jika gejala kerusakan yaitu tidak ada reaksi apapun saat pertama kali dinyalakan. Anda harus waspada karena kemungkinan ada tegangan yang masih persamaan di blog ac matic, maka cek dulu menggunakan tester pada elko 400volt. Kemudian buang jika masih menyimpan tegangan.
. Hal ini biasanya dipicu oleh fet fs7um tidak bekerja. Kerusakan ini disebabkan oleh dua hal yaitu
Fet fs7um mati dan resistor R531, R532, r528, putus.

Pertama cek pada resistor R531, R532, r528. Jika normal berarti fet memang dalam keadaan mati. Namun sebelum mengganti fet baru cek tegangan gate jangan lebih dari 4 volt. Seperti pada kerusakan pertama. Jika dirasa normal baru pasang fet fs7um baru.

Begitulah cara memperbaiki tv polytron dipe mati total. Kedua jenis kerusakan sering dialami oleh polytron yang model powersuplaynya sejenis. semoga bermanfaat!

3 Responses to "Cara Memperbaiki TV Polytron Minimax Dipe Mati Total "

  1. Komponen mana yang akan diukur tegangan b+ master

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengukuran dilakukan pada output sampai input flyback. pada jalur b+ biasanya terdapat resistor pembatas. maka pengukuran dilakukan dari elko 160olt sampai kaki flyback yang berfungsi sebagai b+ in.

      Delete
  2. B+115volt
    cari output dari power suplay yang menuju kaki flyback. biasanya pada jalur tersebut di filter oleh elko berukuran 160 volt. tegangan normal pada b+ yaitu kisaran antara 115 -120 volt{tergantung ukuran dan jenis tv}. jika lebih dari itu maka bisa dikatakan upnormal.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel