Kenapa TV Tiba-tiba Mati Sendiri?

Kenapa TV Tiba-tiba Mati Sendiri?

Kenapa tv tiba-tiba mati sendiri? pertanyaan ini muncul di berbagai servis center untuk itulah saya sedikit menulis mengnai hal yang sering ditanyakan mudah-mudahan sedikit memberikan pengertian tentang apa yang terjadi. atau istilahnya ;tv mati sendiri, tv mendadak mati.

Tv tiba-tiba mati sendiri adalah hal menjengkelkan jika ini berlangsung lama dan terus terusan, kita pasti tidak nyaman jika memiliki tv dengan kerusakan tv tiba-tiba mati ketika tengah disaksikan.

Gejala kerusakan tv tiba-tiba mati sendiri kebanyakan dialami oleh tv jenis slim misalnya polytron sharp akari,lg,samsung, tentu dengan kerusakan yang berbeda.

Namun tidak tertutup kemungkinan bahwa tv cina terkadang juga mengalami gejala yang sama.

Ada beberapa penyebab tv tiba-tiba mati sendiri yang meski dipahami mulai dari gejala atau tanda tanda dan jenis kerusakan.

Berikut ini merupakan beberapa gejala kerusakan tv tiba-tiba mati sendiri:


TV protek 


Pada sistem tv terdapat sistem kerja untuk memproteksi pada bagian bagian blog kerja terutama pada bagian tegangan tinggi.

Tanpa adanya sistem protek, tv akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Gejala protek lebih tepatnya yaitu :

Tv ketika pertama kali dinyalakan tv bisa start namun mati lagi namun lampu indikator standby masih menyala. atau tv hanya bisa hidup beberapa detik kemudian mati lagi lampu standby masih menyala.

Kerusakan komponen regulator 

Gejala keruskan tv tiba-tiba mati ini lebih tepatnya tv mati total dan lampu led tidak menyala.

Ada satu kejadian di saat memeprbaiki tv polytron dan sharp dengan keluhan tv kalau sudah panas tiba-tiba mati sendiri.

Sebenarnya tidak hanya ketika sudah panas saja karena dalam satu menit dua menit kemungkinan jika tv normal komponen belum begitu panas.

Ada satu keluhan lagi kadang jika tv dimatikan dengan streaker dicabut atau tombol power di tv dimatikan, tv akan mengalmi kerusakan akan mati sendiri. Sedangkan jika dimatikan secara standby maka tv tidak akan mati sendiri.

Kemudian gejala tv juga bisa terjadi kebalikanya yaitu ketika tv tiba-tiba mati pengguna harus menccabut kabel streker kemudian ditancapkan lagi kemudian tv bisa hidup lagi namun beberapa saat kemudian tv tiba-tiba mati sendiri lagi.

Memperbaiki dengan gejala semacam ini terkadang menyulitkan karena terdapat komponen tv setengah mati.

 Ini sering terjadi pada tv yang menggunakan ic str pada regulator misal TV LG dan SHARP.


Kerusakan pada solderan kaki komponen retak

Gejala kerusakan juga bisa disebabkan oleh solderan retak yaitu tv tiba-tiba mati sendiri bisa hidup lagi jika ditabok.

Pengguna tv tidak menyadari bahwa dengan menabok tv secara terus menerus dapat menciptakan masalah baru deengan kerusakan yang lebih parah.

Jika keretakan soderan terjadi para bagian tegangan tv maka bisa menimbulkan bunga api pada PCB sehingga terkadang kami para teknisi menemui gosong pada PCB.

Bahayanya laghi, jika mebiarkan kerusakan ini berkepanjangan bisa mengakibatkan tabung gambar rusak karena tv dalam keadaan on jika ditabok maka akan mengejetikan ada tegangan crt dan menibulkan getaran. bisa jadi fileamen menjadi putus bahkan ada satu kasus tabung gambar retak pada leher tabung.

Cara memperbaiki tv tiba-tiba mati sendiri 


Tv tiba-tiba mati sendiri bisa jadi permasalahan hanya sederhana namun terkadang malah membingungkan karena komponen hanya setengah mati saja sehingga sulit untuk dideteksi lebih lanjut dan terkadang penanganan kerusakan tv tiba-tiba mati jauh lebih lama dibanding kerusakan yang lain. mungkin bisa singkat jika ditangani oleh teksnisi berpengalaman.

Beberapa ciri dan gejala kerusakan tersebut ada yang mudah saya tangani dan sebagian belum bisa saya tangani dan mengetahui secara pasti kerusakan di bagian apanya.

Salah satu yang masih membingungkan namun berhasil adalah tv polytron dengan gejala kerusakan tv mati ketika sudah lama di nyalakan kemudian steker dicabut baru kemudian tv bisa nyala lagi.

Mungkin saya pernah menulis tentang tv polytron mati dan hidup sendiri

Sempat bingung pertama saya hanya menyolder ulang pada bagian tegulator tv bisa nyala dengan normal sekitar 2 hari kemudain pelanggan komplen lagi karena masih menemui gejala yang sama tv tiba tiba mati lagi.

Lebih lanjut saya memutuskan untuk mengganti pada bagian FET 7N65C. entah apa alasanya.

Mungkin dulu juga pernah mengalami kasus sama pada tv sharp dengan mengganti STR,  tv dengan gejala tv sharp kalu sudah panas mati sendiri juga bisa tertangani.

Masalah ini juga pernah berhasi pada kasus tv LG karena juga menggunakan ic str pada bagian regulator. Dengan mengganti str tv lg kalau sudah panas mati sendiri bisa normal kembali.

Nah kedua alasan tersebutlah yang membuat saya memutuskan untuk mengganti FET regulator polytron dengan menggunakan seri yang sama yaitu 7n65c.

Tv bisa menyala normal sampai saat ini tidak mati lagi.

Mengatasi tv yang protek


Untuk masalah protek yang banyak dialami ialah pada tv polytron. mungkin tv ini sekarang masih banyak beredar sehingga kerusakan didominasi oleh tv polytron.

Untuk lebih lanjut mengnai keruskan ini anda bisa ke artikel tentang cara memperbaiki tv polytron protek. 

Selain polytron ada juga tv lg dan tv sharp yang mengalami gejala kerusakan protek. anda bisa klik link link tersebut untuk mengetahui lebih lanjut mengenai protek pada masing masing merek tv.

Solderan 


Masalah solderan retak dengan hanya mencari secara teliti terutama yang bekerja pada tegangan tinggi dan memiliki potensi panas berlebih sehingga mengakibatkan solderan menjadi berubah.

Bagian yang rawan dengan keretakan solderan yaitu:

Blok regulator, blok vertikal dan horizontal, pada tv cina atau yang masih menggunakan ic biasa bukan ic tempel pada kaki kaki ic biasanya juga berpotensi keretkan solderan.

Itu saja yang dapat saya sampaiakn pada masalah tv tiba tiba mati sendiri atau mati mendadak.. Semoga sedikit membantu bagi anda yang sedang mengami kerusakan semacam tv mati sendiri.

Publish by: soldiradem.com

0 Response to "Kenapa TV Tiba-tiba Mati Sendiri?"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel