Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Suara Dengung Speaker Aktif

Cara menghilangkan suara dengung speaker aktif

Perangkat speaker aktif dan amplifier rentan terhadap gangguan dengung. Perbedaan keduanya hanya terletak pada penanganan. Speaker aktif lebih rumit dalam proses bongkar pasangnya, sedangkan perangkat amplifier lebih sederhana karena proses tersebut lebih cepat.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah masalah grounding. Blok Amplifier dan tone control pada speaker aktif tidak dilindungi oleh grounding (sebagian). Mayoritas speaker aktif masih menggunakan plastik sebagai penopang potensio. Dudukan potensio yang terbuat dari plat besi bisa langsung menjadi sumber grounding untuk masing-masing potensio meter yang digunakan pada speaker aktif. Tone control sangat sensitif terhadap gangguan, terutama dengung pada bagian potensio tone bass dan treble. Jika Anda memiliki perangkat dengan dudukan potensio yang tidak terbuat dari besi, artikel ini mungkin akan memberikan solusi untuk mengatasinya.

Berbeda dengan amplifier yang umumnya menggunakan box besi. Selain sebagai tempat rakitan, box besi berfungsi sebagai grounding atau pelindung dari frekuensi liar. Bagi mereka yang pernah merakit amplifier menggunakan box kayu, tentu mereka pernah mengalami kesulitan dalam mengendalikan gangguan dengung ampli rakitan. Oleh karena itu, inilah yang sering menjadi catatan mengapa speaker aktif bisa mengalami dengung, dapat diibaratkan seperti saat merakit amplifier menggunakan box kayu.

bagaimana cara menghilangkan suara dengung speaker aktif
speaker aktif

Mengenai cara menghilangkan suara dengung pada speaker aktif, kita harus mencari apa penyebabnya terlebih dahulu. Berikut kita bahas dari mana asal mula gangguan dengung pada speaker aktif. Kadang ini juga berlaku untuk speaker aktif yang mengalami gangguan nois.


Penyebab dengung speaker aktif 

Sebelum menginjak "cara mengatasi dengung" maka kita harus cari tahu dulu apa penyebab speaker aktif terjadi gangguan dengung. Karena terkadang penyebabnya sangat sepele namun kadang membingungkan. Ada beberapa bagian blok kerja speaker aktif yang meski dipahami untuk mencari penyebab gangguan dengung. berikut daftar penyebab beserta solusinya.

#1. Kabel input

Cara Menghilangkan Suara Dengung Speaker Aktif
jek audio penyebab speaker aktif dengung dan noise

Sebelum menginjak ke dalam mesin jika kita menemui kerusakan speaker aktif dengung kita meski meneliti sumber input terlebih dahulu terutama kabel input. Peran utama kabel input adalah menyalurkan sinyal dari sumber input. Kabel yang bagus untuk input audio adalah kabel yang memiliki serabut tembaga yang dilindungi oleh ground. Untuk mengetahui kabel rusak atau tidak yaitu dengan cara menyentuh pada bagian isolator/plastik. Jika pada bagian isolasi disentuh ada dengung maka kabel tersebut buruk sangat rawan terhadap gangguan frekuensi liar dan juga sumber input tidak tersalurkan secara sempurna.

Selain kabel yang buruk, koneksi jak input juga menjadi penyebab terjadinya dengung. Anda akan mendengar bagaimana ketika jack input dimasukkan ke dalam soket akan ada suara gemuruh ketika koneksi ground belum terhubung.  Artinya jika yang konek hanya input tentu akan terjadi gangguan dengung. Di sini kualitas konduktor jack dan soketnya bisa menimbulkan gangguan sehingga hal pertama harus diperhatikan ketika mengatasi gangguan dengung speaker aktif.

#2. Power Suplai

Penyebab yang paling sering terjadi pada speaker aktif berdengung adalah pasokan daya (power supply). Ada dua jenis pasokan daya (power supply) yang digunakan pada speaker aktif, yaitu menggunakan trafo konvensional maupun menggunakan rangkaian SMPS.

Trafo konvensional rentan mengandung gangguan audio, terutama dengung. Hal ini disebabkan oleh lilitan yang kurang baik, serta beban yang berlebihan. Begitu juga dengan SMPS yang juga rentan terhadap gangguan yang berasal dari rangkaian yang kurang sempurna, namun memiliki lebih banyak noise.

Pada blok sekunder, terdapat elko (kapasitor elektrolit) dan dioda yang berfungsi sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC. Hal yang sering memengaruhi gangguan audio, terutama adalah elko. Biasanya, elko mengering sehingga proses penyaringan tidak sempurna. Namun, saya pernah mencoba mengganti elko dengan ukuran yang lebih besar dari aslinya, namun justru dengung menjadi timbul berlebihan. Mungkin hal tersebut sudah dihitung oleh pabrik, namun tidak selalu. Kadang-kadang, elko yang diganti dengan ukuran yang lebih besar dari aslinya justru membuat dengung hilang.

Pernah terjadi kejadian aneh ketika saya merakit sebuah reverb echo yang sangat rentan berdengung. Keanehannya adalah dengung kadang terjadi dan kadang tidak, ternyata tergantung pada posisi steker di stopkontak. Ketika steker diletakkan pada posisi pertama, reverb berdengung, namun setelah saya membalikkan steker, dengung pada reverb hilang. Mungkin arah lilitan pada trafo sangat berpengaruh saat ground dan plus pada jala-jala terbalik. Itu pendapat saya. Mungkin jika menggunakan SMPS, gangguan pasokan daya dapat diminimalkan dibandingkan dengan menggunakan trafo konvensional. Kejadian ini membuat saya mengetahui cara menghilangkan dengung pada sistem suara lapangan, namun ternyata cara ini kadang berhasil dan kadang juga tidak, hehehe.

#3. Tone Control

Tone control sangat berperan dalam speaker aktif gangguan dengung, karena sumber pengolahan audio 
diproses melalui tone control. Terutama pada bagian potensio. Karena disini audio sering terganggu terutama pada bagian bass. Jika pada speaker aktif anda belum menggroundkan body potensio maka perlu untuk digrounkan terlebih dahulu sebelum menginjak ke bagian lainnya. Dengan cara menghubungkan semua body potensio dengan ground.
Cara Menghilangkan Suara Dengung Speaker Aktif
CONTOH GROUNDING POTENSIO UNTUK MENGATASI DENGUNG SPEAKER AKTIF

Jika dilihat sekarang ini ada macam bentuk potensio. Menurut saya pribadi yang paling baik sistem ground nya adalah potensio yang digunakan oleh speaker aktif polytron. Karena body potensio terhubung secara langsung dengan ground. Meskipun pada body pelindung tone control menggunakan plastik, namun pada body potensio sangat baik terhubung langsung dengan ground.Sehingga inilah kenapa speaker aktif polytron jarang terjadi gangguan dengung. Jika terjadi kemungkinan ada kerusakan pada power suplai SMPS dan sistem input.

Setelah menggunakan menggroundkan potensio belum mengatasi dengung speaker aktif, anda harus cek bagian suplai tone control. Suplai yang umum digunakan pada speaker aktif biasa pada bagian rangkaian tone control menggunakan transistor c945 minimal tegangan ada di 12 volt dc. jika terukur lebih atau setara dengan tegangan amplifier karena tegangan tone control diambil dari suplai utama maka cek transistor bisa jadi ada yang jebol. 

#4. Blog Amplifier

Sebenarnya pada bagian blog amplifier ada perbedaan terhadap gejala speaker aktif berdengung, Yaitu suara yang di timbulkan.

Baca juga:memperbaiki speaker aktif gmc hanya berdengung saja

Jika suara speaker dengung lebih keras dari input atau bahkan hanya dengung keras tidak ada respon pada saat di beri input maka dipastikan blog amplifier yang bermasalah
Jika suara dengung hanya sebatas wajar penyebabnya berarti dari sumber lain.

Penyebab paling sering adalah bocoran arus DC ke output speaker amplifier. Komponen yang rusak atau bocor adalah komponen aktif seperti , transistor dan ic. Bagi yang menggunakan transistor sebagai penguatan akhir yang perlu di teliti lebih intensif adalah transistor final, transistor driver ,dioda bias,.

Sedangkan bagi yang menggunakan IC coba cek terlebih dahulu output pada amplifier menggunakan tester DC. Jika terukur ada arus DC maka ganti ic.

Teknik Menghilangkan dengung sepaker aktif

Apabila Anda sudah mencapai tahap pembongkaran, Anda harus mengetahui bagian-bagian dari speaker aktif, yaitu power supply, tone control, dan blok amplifier. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memperbaiki gangguan dengung pada speaker aktif adalah sebagai berikut:

Pertama, putuskan sumber input antara tone control dan amplifier. Kemudian, dengarkan apakah masih terdapat gangguan dengung.

Jika masih terdapat dengung, berarti kerusakan terjadi pada amplifier. Hal ini sering terjadi ketika terdapat kerusakan pada transistor final. Tanda yang paling umum adalah ketika diukur menggunakan tester dc pada output speaker, akan terdapat tegangan bocor yang menyebabkan dengung. Namun, Anda juga harus memeriksa transistor drivernya sebelum mengganti transistor final. Selain itu, tegangan power supply simetris yang tidak seimbang dapat terjadi karena elko pada salah satu polaritas mengalami pengurangan kapasitas.

Jika tidak terdapat gangguan dengung setelah pemisahan antara blok tone control dan amplifier, berarti kerusakan terjadi pada tone control. Anda harus mencari penyebab gangguan dengung yang terjadi pada tone control.

Sampai disini dulu ya, cara menghilangkan suara dengung speaker aktif semoga dapat membantu menemukan penyebabnya. Experimen sangat berperan penting dalam elektronika, selamat mencoba!

Artikel terkait: cara mengatasi speaker aktif serak
 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.