Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya

Penyebab tv tidak ada gambarnya ada suaranya

Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya
 yang dialami oleh tv crt merek LG, SHARP, POLYTRON, PANASONIC, samsung dan tv china. Ini disebabkan oleh bagian tegangan yang berhubungan dengan sistem crt.

Namun ada juga kemungkinan keluar dari blok yang telah disebutkan tersebut. karena dari beberapa pengalaman yang pernah dialami bahwa kerusakan yang kita prediksikan pada bagian bagian tertentu malah terkadang meleset jauh dari ranah tersebut. dan artikel ini hanya menjadi rerensi saja.

Beberapa orang memperbaiki tv langsung memfonis tv tidak ada gambarnya ada suaranya disebabkan kerusakan pada crt. Padahal tidak demikian. Ini disebabkan karena beberapa tegangan abnormal pada sistem video, rgb, heater, abl, flyback.

Untuk menentukan kerusakan tabung kita harus harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari tegangan dan beberapa part yang perlu diganti terutama pada bagian yang bekerja pada tegangan tinggi untuk kerja CRT.

Baru kemudian setelah melalui tahapan tahapan tersebut bisa memvonis apakah terjadi kerusakan pada tabung crt atau kerusakan pada bagian pendukung kerja CRT.


Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya

Langkah memeperbaiki berikut ini merupakan bentuk secara umum dari berbagai merek tv polytron, sharp, lg, samsung akari, dan merek cina karena sistem kerja mereka tidak jauh berbeda

Mungkin akan ada perbedaan pada gejala misalnya saja pada tv sharp yang memiliki sistem protek pada saat tegangan di area CRT misalnya heater tegangan drop saja akan mengalami gejala protek. oleh sebab itu untuk tv sharp menemui kerusakan ini hanya di sebabakan oleh tabung rusak dan soket korosi.

Filamen tabung

Pertama pastikan bahwa ketika tv menyala lihatlah pada bagian leher tabung CRT bagian belakang apakah ada cahaya atau tidak. Biasanya layar akan gelap jika lampu heater tidak menyala.

Normalnya ketika tv dinyalakan akan terlihat cahaya pada leher tabung seperti bohlam.

 Jika tidak ada cahaya atau filament tidak menyala ini harus diperiksa pada bagian penyuplay filament yang biasanya disuplay dari flyback.

Ukur tegangan penyuplay filamen menggunakan ac meter, karena filamen ini menggunakan tegangan ac dari flyback. Tegangan normal sekitar 3v-5 ac.

Tegangan ABL 

Kedua jika filamen dalam keadaan menyala berarti masalah pada komponen lain.

Cek tegangan abl. Cari kaki abl pada kaki flyback.

Abl ini berhubungan langsung dengan ic croma.

Karena fungsi abl sebagai pengaturan kecerahan kontras melalui program tv.

Pastikan bahwa resistor pembatas pada abl tidak gosong atau molor dari nilai aslinya.

B+115V

Ketiga, penyebab kerusakan tv tidak ada gambarnya atau layar gelap disebabkan oleh pasokan b+ 115 drop.

Hal ini pernah saya alami yaitu disebabkan oleh elco b+ kering sehingga tegangan yang disuplay ke flyback kurang setabil atau drop.

Jika terjadi drop pada tegangan b+115 ini akan mengakibatkan drop juga pada output flyback. Terutama pada filamen suplayer.

Tegangan video 180v

Tegangan video 180v juga menjadi biang kerok kerusakan tv tidak ada gambarnya ada suaranya. Tegangan 180v ini berfungsi sebagai suplay penguat video rgb.

Sehingga jika terjadi drop maka tv menjadi gelap atau gejala warna kurang tajam.

 Agar lebih mudah menemukan tegangan ini carilah elko berukuran 10uf 250v pada sekitaran flyback atau terkadang terletak pada pcb yang menempel pada soket CRT.

Soket CRT

Kerusakan tv layar gelap juga terkadang disebabkan oleh bagian yang sepele misalnya soket crt mengalami korosi/berjamur. Sehingga tegangan filamen yang kecil terhambat oleh korosi.

Selain mengakibatkan tv tidak ada gambarnya soket crt juga bisa mengakibatkan gambar tv tidak fokus atau blur

Apakah flyback juga menjadi penyebab kerusakan?


Bisa jadi jika terjadi gejala misalnya saat pengukuran terjadi beberapa tegangan dari output flyback tidak seperti seharusnya.

Misalnya tegangan heater tidak keluar namun tegangan lainya sudah normal. Misalnya tegangan video tidak keluar padahal yang lain normal, ini juga menjadi tanda kerusakan pada flyback.

Kerusakan vertikal dan horizontal


Sebagian keruskana tv tidak ada gambarnya namun suara normal juga bisa di sebabkan oleh kerusakan vertikal dan horizontal mengalami kerusakan yang tidak disadari.

Cri cri utamanya ialah ketika tv dinyalakan heater menyala dan tegangan yang berhubungan dengan crt normal semuanya.

Ini biasanya terjadi pada tv cina. Karena tv cina tidak ada sistem protek pada area vertikal, sehingga pada saat tv bisa start, tv tidak menampilkan raster.

Ynag sering terjadi tidak kita sadari adalah ketika tv bisa start namun layar masih gelap ternyata ketika setelah screen pada flyback dinaikkan terdapat satu garis horizontal pada layar. keruskan semacam ini sangat membingungkan jika tidak teliti. Namun ini biasanya terjadi jika flyback masih bekerja.

Nah itulah beberapa Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya. Jika kita mengetahui apa penyebabnya, kita bisa tahu blog mana saja yang harus di cek ketika menemukan kerusakan seperti ini. Sehingga proses perbaikan menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
panduan servis tv layar redup

4 Responses to "Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya"

  1. Gan saya mu tanya penyebab tv nyala mati nyala mati itu penyebabnya apa, suara ada.

    ReplyDelete
  2. Gan klo tv gambarx goyang2 pd saat display itu apanya ???

    ReplyDelete
  3. Maaf tv tidak ada gambar tapi suara nya ada dan jelas, solusinya apa yaa,,

    ReplyDelete
  4. Maaf tv sanyo sura ada gambar tida ada tapi filamen nyala apanya gan yg rusak ya .

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel