Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Lampu filamen tidak menyala Dan cara Memperbaikinya

Penyebab Lampu filamen tidak menyala
Penyebab Lampu filamen tidak menyala 

Kali ini kita akan membahas tentang tv tabung dengan kerusakan Lampu filamen tidak menyala yang mengakibatkan tv tidak ada gambarnya kadang suara. 

Namun sebelum lebih lanjut kita pahami dulu konteks filamen tidak menyala, 

  • apakah filamen tidak menyala tapi tv normal? 
  • apakah tv hanya standbay? 
  • atau bahkan tv mengalami protek? 

Tentu setiap merek tv memiliki konsep yang berbeda-beda kecuali tv china yang sering mengalami kerusakan filamen mati tapi suara normal. 

Sedangkan tv seperti sharp, ketika bermasalah pada filamen bisa ditandai tv mengalami kerusakan protek. 

Setelah mengidentifikasi kerusakan secara lebih gamblang kita akan mencoba merefrensikan beberapa kerusakan lampu filament tabung tidak menyala dengan merek yang berbeda. 

Ada yang bilang ketika filamen tv tabung tidak menyala menandakan kerusakan pada tabung gambar. Jika demikian maka kerusakan tv tabung tidak bisa di perbaiki. 

Tapi sebelum memutuskan untuk mendiaknosa kerusakan tabung perhatikan langkah yang harus ditempuh dengan jalan pencarian penyebab tv tabung filament tidak menyala. 

Utamanya pada poin ini kita akan lebih mendalam membahas tv china. Karena jika tv china sangat sering mengalami hal ini. Namun cara ini juga bisa digunakan untuk tv lain seperti polytron ,sharp. lg dan lainnya. Tentu berbeda jalur. Jadi anda harus paham jalur heater. 

Penyebab Lampu filamen tidak menyala 

1. Kerusakan flyback 

Kerusakan ini ditandai flyback bisa start namun tegangan heater tidak ada. iItu bisa diartikan kerusakan pada flyback. Salah satu cara alternatif untuk mengadakan tegangan heater adalah menggunakan tegangan suntikan. artinya kita memutus jalur dari out flyback kemudian menggunakan lilitan sendiri untuk menciptakan tegangan 4-5 volt AC. 

2. Kerusakan Soket 

Soket bisa saja mempengaruhi kinerja dari tegangan heater. Heater bisa mati karena tegangan tidak sampai pada pin heater.  Maka bersihkan soket tersebut. Namun sebelum memutuskan kerusakan pada soket anda seharusnya mengukur tegangan terlebih dahulu pada pin heater. Karena jika sudah terlanjur mengganti soket ternyata tegangan heater memang tidak ada maka ini pekerjaan yang sia-sia. 

5. Kerusakan resistor 

Resistor fuse bisa juga kita sebut rsistor pembatas untuk heater. Terkadang resistor ini akan molor nilainya ke lebih tinggi sehingga mengakibatkan resistor ini menghambat arus ke heater. Kadang ketika diukur pada saat dingin resistor ini normal, namun ketika digunakan untuk menghantar arus menjadi molor. untuk mencobanya anda bisa menghubungkan heater secara langsung tanpa resistor. Apakah aman? menurut pengalaman saya pribadi itu aman selama tegangan heater tidak over lebih dari 8 volt AC. 

Berapa tegangan heater saat normal? 

Seharusnya tegangan normalnya antara 4-5 volt ac. Namun kadang saat terjadi masalah, ketika tegangan DI baypass tegangan ini bisa normal, tapi ketika di pasang ke beban menjadi 0 volt. Kemungkinan arus yang dihantarkan terlalu lemah sehingga tidak mampu menghandel daya dari heater yang disuplai. Maka dari itu, penting untuk menggunakan tegangan alternatif dengan cara menciptakan lilitan dari farrit flyback seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini. 

Penyebab Lampu filamen tidak menyala dan cara memperbaikinya

Gambar ini bisa digunakan untuk mengatasi tegangan heater yang tidak keluar atau bisa juga karena lemah. 

Cara memperbaiki 

Jika tv  menggunakan sistem protek pada jalur filamen ada baiknya anda melumpuhkan sistem protek pada tv tersebut agar bisa mengukur tegangan filamen saat tv menyala. Baru ketika menemukan kerusakan tegngan drop maka menggunakan sistem diatas atau bisa juga mengganti flyback. 

Pastikan bahwa jalur dari output flyback diputus agar lebih aman. 

Jika menggunakan cara ini heater memang tidak menyala kemungkinan kerusakan terjadi pada filemen. Filamen rusak karena putus akibat tegangan filamen over. 

Untuk mengecek filamen anda bisa gunakan ohm meter. cari pin heater 1 dan 2 biasanya terhubung antara jalur tegangan heater dan ground. 

Demikian mengenai penyebab lampu filamen tidak menyala dan cara memperbaikinya. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.