Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV Mati Standby Beserta Penyebabnya

Memperbaiki TV Mati Standby

Tv rusak standby artinya TV mati tapi lampu indikator masih menyala. Ketika dinyalakan menggunakan remot tv tidak bisa start. Ketika dinyalakan hanya lampunya saja yang hidup. Kerusakan ini berbeda dengan standby protek, karena yang namanya protek biasanya masih bisa start meski hanya sesaat. Standby Protek juga ditandai dengan indikator menyala kemudian kembali ke mode strandby meskipun hanya ditandai dengan lampu saja tanpa layar yang nyala. Misal saat on lampu berwarna biru sedangkan saat start berwarna merah. Terjadi perubahan warna lampu sesaat artinya tv protek. 

Tv rusak Standby juga ditandai dengan tidak bekerja nya flyback. Tidak ada bunyi dari flyback bekerja. Jika flyback masih bekerja itu berarti menandakan tv tidak standby namun masih hidup meski tidak menampilkan gambar. Cara memperbaiki tv standby dan protek itu berbeda. Untuk itu perlu dipahami mengenai gejalanya dulu sebelum melangkah ke reparasi lebih jauh tv anda apakah itu protek atau standby.

Penyebab tv standby

Jika kita mengetahui penyebab kerusakan terlebih dahulu ini akan memudahkan dalam perbaikan tv mati standby. Tv dalam kerusakan standby pertama penyebabnya adalah tegangan. Tegangan ada yang drop dan juga ada yang normal namun flyback tidak bekerja. Disini pemahaman tentang flyback bekerja dan tidak bisa kita lihat pada layar bisa terang ketika dinyalakan atau bunyi denging pada flyback. 

Jika terdengar bunyi denging sebenarnya flyback sudah bekerja. Itu artinya sebenarnya tv anda tidak standby tapi masih bisa start. Dari sini anda akan paham mana yang harus dicek selanjutnya yaitu tegangan ke layar jika layar masih gelap tapi flyback sudah bekerja. 

Namun kali ini kita akan membahas tentang memperbaiki tv standby bukan tv tidak ada gambarnya. ya memang gejalanya hampir sama, lampu nyala tapi tidak ada gambar tapi bedanya mesin sudah bekerja atau belum, di sinilah ciri utama tv rusak standby. Jika ada bunyi ngiiiiing panjang berarti mesin bekerja, jika tidak ada respon sama sekali berarti mesin belum bisa start atau mati standbay. 

TV standby namun tegangan output Regulator normal flyback tidak bekerja

Ini disebabkan oleh transistor horizontal tidak bekerja. Kemungkinan transistor horizontal mati, atau tidak menerima sinyal dari osilator dari ic prosesor,sehingga flyback tidak bekerja. Kita bisa mengecek pada bagian driver horizontal apabila transistor horizontal dalam keadaan masih baik, tapi tv tidak bisa start.  

Pada tv china driver horizontal ada hubungannya dengan tegangan ic vertikal 26 volt. Maka ketika terjadi ic vertikal short yang mengakibatkan tegangan 26 volt drop bisa mengakibatkan tv standby tidak bisa start. Driver horizontal tidak dapat bekerja akibatnya transistor horizontal tidak bisa bekerja karena drivernya yang bermasalah. 

TV standby tegangan drop

Sebelum memastikan bahwa tv mati standby jika keadaan tegangan drop bisa jadi remot rusak dan juga tombol swit di tv mati. Oleh sebab itu cek dulu menggunakan tombol remot dan juga swit pada panel tv untuk memastikan bahwa tv benar-benar rusak. Dengan catatan drop hanya 30% dari tegangan asli.

"Yang dimaksud switch, untuk  menyalakan tv dalam keadaan standby adalah tombol ch+ dan ch- yang bisa untuk menyalakan TV standby jika tidak ada remot..

Selain itu biasanya terjadi salah satu komponen yang short sehingga menyebabkan tegangan drop. 
Bisa juga terjadi kerusakan pada blog power suply.

Langkah perbaiki tv mati standby

  • Pertama langkah yang harus dilakukan adalah coba menyalakan tv dengan remot dan menggunakan tombol ch jika tidak ada remot.
  • Jika tidak ada reaksi atau ada reaksi berupa lampu indikator malah berkedip, maka segera matikan tv karena sangat berbahaya untuk dilanjutkan.
  • Buka casing dengan hati-hati dan tidak terhubung dengan jala-jala listrik saat membuka casing.
  • Ukur tegangan pertama adalah bagian b+115 pada flyback kemudian baru yang lainnya.
  • Ternyata b+ drop, copot transistor horisontal. Kemudian ukur lagi tegangan nya. Jika b+normal ketika sudah dicopot transistor nya maka, periksa tr horisontal. Biasanya short. Maka permasalahan ketemu.
  • Namun apabila b+ masih drop meski sudah dicopot berarti masalahnya pada power suplay. Namun sebelum itu, b+ perlu dicek dengan keadaan tidak ada beban atau mecopot solder pada kaki b+ flyback. Jika b+ normal berarti flyback short.
Pada beberapa tv, memiliki sistem kerja standby yang hampir sama yaitu diprogram dari ic utama jika menggunakan ic tunggal. Untuk itu ketika pada blog b+ normal atau drop ic tunggal juga bisa menjadi penyebabnya. Cari data site letak titik standby power. Jika pada kaki tidak ada tegangan berarti ic mati atau tidak bekerja. Namun periksa suplay ic utama terlebih dahulu sebelum memfonis ic utama . karena seperti yang kita tahu bahwa ic ini sangat mahal.

Kesulitan dalam memperbaiki tv mati standby mungkin akan terasa ketika ic utama menggunakan ic tempel seperti misalnya pada pooytron slim. Dan itupun kalau kita Mampu mencari gantinya. Maka pikir dua kali ketika menemui kerusakan pada ic ini.

Ini adalah pengalaman pribadi yang saya lakukan ketika melakukan servis TV standby. Untuk itu perlu dikoreksi jika pengalaman saya salah. Terimakasih!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

11 komentar untuk "Cara Memperbaiki TV Mati Standby Beserta Penyebabnya"

Unknown 11 Agustus 2018 pukul 00.26 Hapus Komentar
Makasih ,Tapi yg aku keluhkan TV Samsung slim, kalau udah panas sekitar 20 menit mati,cabut di colok lg hidup
Unknown 12 Agustus 2018 pukul 06.21 Hapus Komentar
coba aja diperbaiki dulu solderan di bag. power supplynya
Unknown 22 September 2018 pukul 07.55 Hapus Komentar
mau tanya klo TV cina matot awalnya 115V di colektor off teernyata ada dioda zener short di bag Tr yg terhubung ke Octocopler stlh diganti 115v keluar...tapi tv tetap matot ..indikator tdk ON... teg 5V jg tdk ada..kira2 apanyalg ya... Thx
Unknown 17 Oktober 2018 pukul 19.13 Hapus Komentar
Mau tanya om.. tv saya merk sharp (tabung) awalnya lagi nonton tiba2 mati sendiri.. setelah itu saya cabut colokan tv nya.. setelah saya cabut saya psang kembali..setelah di pasang indikator led nya ny nyala.. tp pas saya nyalakan layar udah hidup tp kaya yg ga mau hidup layar nya. Saya diamkan 15mnt masih sperti itu.. tolong solusinya ya om.. trimakasih
Unknown 17 Oktober 2018 pukul 19.13 Hapus Komentar
Mau tanya om.. tv saya merk sharp (tabung) awalnya lagi nonton tiba2 mati sendiri.. setelah itu saya cabut colokan tv nya.. setelah saya cabut saya psang kembali..setelah di pasang indikator led nya ny nyala.. tp pas saya nyalakan layar udah hidup tp kaya yg ga mau hidup layar nya. Saya diamkan 15mnt masih sperti itu.. tolong solusinya ya om.. trimakasih
Unknown 19 Oktober 2018 pukul 23.19 Hapus Komentar
Mau tanya tv saya merk cina,, saya star dari tombol on of di panel tv nya ko g ngangkat y mihon petunjuk nya
Unknown 13 November 2018 pukul 20.51 Hapus Komentar
Saya mau nanya kenapa ya tv saya yang merek politron kalau di nyalain tidak nyala tapi tombol yang di depan tv nyala yang warna merah dan ada bunyi trek2 di depan tv nya
Unknown 3 Desember 2018 pukul 14.34 Hapus Komentar
Mau tanya klo lampu indikator nyala tapi tv gk nyala sama sekali apanya ya gan
tama 2 Maret 2019 pukul 08.31 Hapus Komentar
Mas bro tv ane , sering buat mainann on/offnya sama adek saya, trus tiba" gak bisa nyala layarnya tapi indikator lampu on sebentar trus mati , gimana ya Min?
Abdul 24 Maret 2020 pukul 09.08 Hapus Komentar
Kasus sama sprti tv ane gan, apa sdh ada solusinya ? Tksh
Unknown 21 April 2020 pukul 11.18 Hapus Komentar
om saya mau tanya,,,
setiap saya mau hidupin tv tabung sharp saya nyalain langsung mati lagi itu apanya yg harus di ganti
mohon infonya om..??🙏🙏