Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Panduan Lengkap Memperbaiki TV Mati Standby Beserta Penyebabnya

Gejala TV mati lampu indikator masih menyala. ketika dinylakan menggunakan remot tv tidak bisa start. Ketika dinyalakan hanya lampunya saja yang hidup. Berbeda dengan standby protek, karena yang namanya protek biasanya masih bisa start meski hanya sesaat.
Standby juga ditandai dengan tidak bekerjanya flyback. Tidak ada bunyi dari flyback bekerja. Jika flyback masih bekerja itu berarti menandakan tv tidak standby namun masih hidup meski tidak menampilkan gambar. Penangananya pun berbeda. Untuk itu perlu dipahami menganai gejalanya dulu sebelum melangkah ke reparasi.

Penyebab tv standby
Jika kita mengetahui  penyebab kerusakan terlebih dahulu ini akan memudahkan dalam perbaikan. Tv dalam kerusakan standby pertama penyebabnya adalah tegangan. Tegangan ada yang drop dan juga ada yang normal namun flyback tidak bekerja.

#TV standby namun tegangan output Regulator normal flyback tidak bekerja
Ini disebabkan oleh transistor horizontal tidak bekerja. Kemungkinan transistor horizontal mati, atau tidak menerima sinyal dari osilator dari ic prosesor,sehingga flyback tidak bekerja.

#TV standby tegangan drop
Sebelum memastikan bahwa tv mati standby jika keadaan tegangan drop bisa jadi remot rusak dan juga tombol swit di tv mati. Oleh sebab itu cek dulu menggunakan tombol remot dan juga swit pada panel tv untuk memastikan bahwa tv benar-benar rusak. Dengan catatan drop hanya 30% dari tegangan asli.

"Yang dimaksud swiitch, untuk  menyalakan tv dalam keadaan standby adalah tombol ch+ dan ch- yang bisa untuk menjalakan TV standby jika tidak ada remot..

Selain itu biasanya terjadi salah satu komponen yang short sehingga menyebabakan tegangan drop. 
Bisa juga terjadi kerusaka pada blog power supply.
LANGKAH  perbaiki tv mati standby

Pertama langkah yang harus dilakukan adalah coba menyalakan tv dengan remot dan menggunakan tombol ch jika tidak ada remot.

Jika tidak ada reaksi atau ada reaksi berupa lampu indikator malah berkedip, maka segera matikan tv .karena sangat berbahaya untuk dilanjutkan.

Buka casing dengan hati-hati dan tidak terhubung denga jala-jala listrik saat membuka casing.

Ukur tegangan pertama adalah baguan b+115  pada flyback kemudian baru yang lainya.

Ternyata b+ drop, copot transistor horisontal. Kemudian ukur lagi teganganya. Jika b+normal ketika sudah dicopot transistornya maka, periksa tr horisontal. Biasanya short. Maka permasalahan ketemu.

Namun apabila b+ masih drop meski sudah dicopot berarti masalahnya pada power suplay. Namun sebelum itu , b+ perlu dicek dengan keadaan tidak ada beban atau mecopot solder pada kaki b+ flyback. Jika b+ normal berarti flyback short.

Pada beberapa tv , memiliki sistem kerja standby yang hampir sama yaitu diprogram dari ic utama jika menggunakan ic tunggal. Untuk itu ketika pada blog b+ normal atau drop ic tunggal juga bisa menjadi penyebabnya. Cari data site letak titik standby power. Jika pada kaki tidak ada tegangan berarti ic mati atau tidak bekerja. Namun periksa suplay ic utama terlebih dahulu sebelum memfonis ic utama . karena seperti yang kita tahu bahwa ic ini sangat mahal.

Kesulitan dalam memperbaiki tv mati standby mungkin akan terasa ketika ic utama menggunakan ic tempel seperti misalnya pada pooytron slim. Dan itupun kalau kita Mampu mencari gantinya. Maka pikir dua kali ketika menemui kerusakan pada ic ini.

 Ini adalah pengalaman pribadi yang saya lakukan ketika melakukan servis TV standby. Untuk itu perlu dikoreksi jika pengalaman saya salah. Terimakasih!