4 Langkah Mudah Menangani TV Hilang Suara

SOLDIRADEM BLOG- Berikut ini saya akan mengajak Anda untuk menangani TV bisu. Mungkin cara yang saya ajarkan di sini cukup sederhana dan mudah-mudahan dapat mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.

Servis TV tidak ada suara itu mudah saja asalakan anda tau bagai mana mengatasinya dengan langkah yang benar. Berikut 4 langkah demi langkah yang harus anda tempuh.

1. Pastikan Input TV 

Sebelum anda mulai membuka casing TV sebaiknya periksa bagian input. Berupa kabel RCA. Pastikan program tidak sedang mode mute. Adjusmen volume di 100%/ full. 

Kemudian sentuhlah jack RCA yang bagian warna merah dan putih. Bila terdengar suara /ada respon dari speiker berarti yang bermasalah sumber input, misal receiver para bola yang bermasalah atau dvd anda yang rusak.

Namun apabila suara terdengar ada gangguan hum atau kemresek. Coba cek rca dengan cara mengganti dengan kabel yang lainya.

2. Cek Tegangan Jalur Audio
Bila cara di atas belum mengatasi masalah Anda sekarang coba bukak casing TV dalam keadaan mati.

Cek bagian amplifier dengan cara, Nyalakan tv dan sentuh input kaki IC power Amplifier. Jika tidak ada respon dari speaker sama sekali saat input disentuh menggunakan jari,  maka cek dulu speaker dengan cara menggunakan Ohm Meter ×1. 

Kemudian Cek tegangan power suplay yang jalur blog power Amplifier. Biasanya tegangan berkisar antara 12- 15 Volt DC. 

Jika tegangan dari power tidak ada, maka coba copot beban dari IC power amplifier. Apabila setelah mencopot beban tegangan tumbuh Tegangan dari sebelumnya tidak ada sama sekali ,maka dipastikan power audio short. Tegangan drop dari 12 Volt, maka bisa jadi elco filter dari output regulator kering.


3. Power Audio Masih Normal Tapi Tidak Ada Suara Dari Input

Terdapat dua kemungkinan. Pertama IC control mati dan yang kedua komponen pendukung ada yang mati. 

Cara menanganinya, periksa amati dengan seksama keadaan solderan secara detail bila perlu solder ulang pada kaki mulai dari IC contol sampai dengan IC audio. 

Cek elco pembatas input di kaki audio. Cara menyelidiki apakah IC control masih baik atau rusak maka diurutkan, 

Pertama sentuh pada bagian input IC control, untuk mengetahui kaki input bagian audio cari Data Sitenya terlebih dahulu atau lebih simplenya urutkan dari soket input. Jika sudah ketemu coba sentuh jika ada respon dari sentuhan ke audio berarti IC control normal.  Tapi jika tidak ada berarti mati. 

Sebenarnya bagi yang menggunakan antena parabola tidak perlu mengganti IC control yang bermasalah. Cukup di jumper dari soket Input audio ke kaki IC power amplifier. Untuk pengaturan volume bisa di lakukan dari receiver. Bagi yang masih menggunakan antena maka jika IC  controlnya yang mati maka harus di ganti.

4. Cek Speaker
Gejalanya tidak ada respon sama sekali dari speaker ketika di berikan Input oleh karena itu cek menggunakan Ohm Meter. Jika masih nyambung berarti speaker masih bagus. Speaker mati sering terjadi pada TV yang menggunakan satu loudspeaker saja sehingga  kerja speaker terlalu berat. 

Sedangkan yang dua speaker jarang sekali loudspeaker mati. Jika yang menggunakan dua speaker tidak ada suara berarti permasalahan terdapat pada blog audio amplifier.

Kesimpulan dari langkah memperbaiki TV yang hilang suara ialah
Ketika anda membuka TV amati, sentuh IC power, cek speaker maka anda akan menemukan area mana yang harus di oprek.
Demikian dan terimakasih semoga bermanfaat. !

39 Responses to "4 Langkah Mudah Menangani TV Hilang Suara"

  1. gan,
    tv saya sharp 14",
    pertama d hidup kan gambar normal, tapi suara ga ada, setelah di hidupkan sekitar 1-2jam, baru suara nya keluar, itu kira2 kerusakan nya apa ya gan.
    mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terjadi korupt pada tegangan ic amplifir terutama disebabkan oleh elco kering atau resistor pembatas tegangnan ic amplifier molor. resistor yang uruanya molor jika panas bisa normal sehingga perlu penggantian.

      Delete
  2. Gan tv saya hanya mengeluarkan suara pada saat baru dihidupkan, lama kelamaan suaranya hilang
    Kira kira masalahnya dimana ya?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  3. Tv sharp chanel digital ada suara tapi chanel analog tdk ada suara, kwalitas gambar jernih, sudah saya instal ulang chanel tapi tdk bisa juga, terima kasih

    ReplyDelete
  4. Kaki ic implifier aku sentuh dan berbunyi, trus setelah itu diapakan lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di getok pake palu 3x

      Delete
    2. Sama hamer lebih cepat selesai sembuh dah,, selamat mencoba semoga bermanfaat

      Delete
  5. Gan, tv saya polytron LED.
    Permasalahan nya, ada beberapa siaran tv yg gk bersuara, sedangkan ada juga yg bersuara. Misal, siaran RCTI ada suaranya, dan kalo diganti ke siaran INDOSIAR suaranya hilang padahal gk di mute. Itu kira2 masalah nya apa ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf menggunakan antena biasa apa parabola?

      Delete
    2. Sama tv saya juga gitu polytron hanya rcti yg ng ada suara.... Ng pake antena gan saya... Kira kira apanya ya

      Delete
    3. Tv saya samsung led siaran yg lain suara normal tp siaran indosiar suara y kresek kadang ga ada suara itu dari mana y yah

      Delete
  6. Saya barusan program tv LG model lama trus saya ambil yg program cepat .setelah itu suaranya kemresek gak ada suaranya trnyata itu setingan nya pindah le DC trus saya ubah ke BG bisa tapi setelah saya ganti chanel suaranya kya gtu lagi trus saya harus mindah dari DC ke BG
    Itu cara mengatur biar bisa suara nya normal lagi gimana ya ๐Ÿ˜‚ . Terimakasih sebelumnya๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ke menu setting pada sistem jaringan atur ke BG biasanya bisa otomatis semua normal. kemungkinan terjadi kesalahan saat program search cepat.

      Delete
  7. Bagai mana cara nya itu mmperbaiki tv panasonic yg hilang suara nya tpi suaranya ji indosoar

    ReplyDelete
  8. Bagai mana cara nya itu mmperbaiki tv panasonic yg hilang suara nya tpi suaranya ji indosoar

    ReplyDelete
  9. tv akira gambarnya ada tp suaranya ga ada,knp y

    ReplyDelete
  10. Gan, mo tanya. Tv ibu gua LG. Tapi gk tau LG apa wkwkk.. Crita singkat, gua lagi puter usb di tv trus besok nya suaranya hilang. Itu knpa yah? Sampe skrg ibu gua masih marah.. Wkwkwkk

    ReplyDelete
  11. Sya mau tanya,,tv lg sya hidupin video dri Dvd suaranya bagus,,pas ganti k channel tv malah suaranya bisu,,udah masuk factory mode jga gk bisa,,apa penyebabnya ya,,tlong ya para master tv

    ReplyDelete
  12. Gan saya beli politron tipe pld32t1506 kalo masang gk pake spicer gk keluar suranya.. Tolong cara setingnya gimna gan..

    ReplyDelete
  13. Gan sy ada servis toshiba dramatic-v kerusakan mati total. Protek sy lumpuhkan akhirnya ketemu vertikal bermasalah setelah melakukan perbaikan unit hidup gambar normal tapi suara bisu. Sy angkat q611 krn dugaan terkunci mute hasil nihil lalu sy ganti ic sound AN7820 sesuai part bawaan hasilnya juga nihil. Mohon petunjuk apalagi yg harus sy periksa terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah coba copot input dari ic jungle belom?
      coba cut pada input yang dari ic jungle kemudian sentuh pada bagian input ic amplifier. sehingga kerusakan akan jelas dimananya

      Delete
  14. Gan numpang nanya tv saya merk Daichi pas di hidup kan suara nya ada gan , tapi lama kelamaan suara nya hilang gambar tetap jernih itu masalah nya kenapa ya gan ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan ada masalah pada solderan ic audio yang sudah usang /retak-retak. sehingga ketika ic mengalami panas kaki ic audio tidak konek dengan board.

      Delete
    2. solusi nya di apain ya..??
      soalnya tv saya jg gt

      Delete
    3. solder ulang kaki ic, dan jika tidak tertangani maka kemungkinan ic mati, harus mengganti ic audio

      Delete
  15. Gan mau tanya saya punya tv lcd Samsung kenapa suaranya tiba2 hilang sendiri yaaaaaa ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek program apakah dalam keadaan mute?
      kemudian jika tidak reset pada setelan pabrik pada menu.
      jika tidak tertangani kemungkinn ada maslah ic audio atau op ampli menuju ic amplifier.

      Delete
    2. Salam servis gan,ini tv saya samsung led waktu dihidupin ada suaranya ada tapi selang 5 menit hilang,saya cobak matiin dan hidupin lagi suaranya gak muncul lagi,mohon solusinya

      Delete
  16. tv sya sharp aquos. gak ada suaranya tapi gambar volume sllu muncul itu knpa ya mas?

    ReplyDelete
  17. Mohon bantuannya. TV saya SHARP aquos, receiver VENUS MeteorHD star. kadang salah satu suara stasiun TV suka hilang sendiri. Tapi setelah saya coba hapus stasiun TV tersebut dan scan ulang, suaranya normal lagi. Kira2 itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  18. Gan tv saya pake antena biasa, tiba-tiba tv saya hilang suaranya. Beberapa hari kemudian tv saya pake buat main ps, kok ada suaranya, pas disambung lagi ke antena biasa kok tetep gak ada suaranya tapi gambar normal gan itu gimana ya?

    ReplyDelete
  19. Gan, tv saya sharp.. Pas saya sambungkan ke dvd, ada gambar tapi gak ada suaranya.. Itu gimana ya gan??

    ReplyDelete
  20. Gan tv tabung akari 14" saat pertama di nyalakan tak ada suara setelah 5 menitan baru muncul suara kira2 ada kerusakan dimananya ya..terimakasih

    ReplyDelete
  21. Gan tv tabung akari 14" saat pertama di nyalakan tak ada suara setelah 5 menitan baru muncul suara kira2 ada kerusakan dimananya ya..terimakasih

    ReplyDelete
  22. Waktu saya nonyon tv tiba" jafi hening gaada suara.pas saya cek volume normal.dan tidak dalam posisi mute,saya coba matikan.saya hidupkan lagi dan tetap tidak ada suara..kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  23. Tv saya sony smart 43"...masih terhitung baru.saya biasa colok cabut pakai speaker....tapi hari ini pas saya cabut kabel speaker yg colokan kaya headset ke tv,pas di cabut tv nya ga ada suara.dan masih ada lambang seolah2 colokan speaker nya blm di cabut.gimana ya cara supaya suara tv nya normal lagi.makasih

    ReplyDelete
  24. Saya bru beli sharp led kemarin tp kok suara nya lup lep,tiba2 kenceng tiba2 pelan...knpa ya??

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel