Bagian Bagian TV Tabung dan Gambarnya Lengkap

Bagian Bagian TV Tabung dan Gambarnya Lengkap
Mesin TV tabung

Bagian bagian TV tabung dan gambarnya - Soldiradem.com kali ini akan membagikan banyak gambar bagian blok TV tabung bagi pemula yang ingin belajar lebih lanjut tentang cara memperbaiki TV tabung. 

Kita sering mengenal istilah-istilah yang beredar di internet tentang bagian bagian TV tabung tapi tidak tahu letaknya di bagian mana. Untuk yang biasa memperbaiki TV, mungkin sudah paham mana letaknya, namun untuk pemula antara istilah dan letak tentu masih tabu. 

Nah untuk itu, daripada permintaan konten semacam ini belum tersedia dengan jelas maka pada penjelasan kali ini akan sedikit membantu meskipun tidak akan secara tuntas menjelaskan secara detail, karena setiap merk TV memiliki penjelasan yang berbeda. 

Bagian-bagian TV tabung dan Gambarnya 

Perbedaan pada merk TV hanya pada bagian tata letaknya tapi sistem kerja TV masih sama saja menggunakan istilah istilah yang umum seperti Blok vertikal, blog horizontal, blog power suplay, blok audio, blog tegangan tinggi, blog IC, blok RGB, dan masih banyak lagi. Nanti akan saya berikan sedikit keterangan pada setap gambar. 

1. Blok Power Suplay 

 Awal mengenali kerusakan tv rusak berasal dari power suplay. Untuk itu, pada bab pertama adalah letak power suplay. Fungsi utama power suplay adalah mengubah arus AC menjadi Arus DC. Jadi letaknya pasti terhubung dengan kabel AC 220V/jala listrik. 

Bagian blok power suplay terdapat dua fungsi yaitu untuk suplay utama sekaligus menghandel rangkaian degaussing. Dua Prinsip ini hampir digunakan semua merk tv tabung.

Ada beberapa istilah untuk power suplay tv yaitu SMPS, REGULATOR PSU, dan Power AC -Matic. 


Ada dua blok bagian yang sering kita sebut yaitu: Blok primer dan blok sekunder.  Blok primer terletak pada input, sedangkan sekunder terletak pada bagian output. Pada contoh kali ini saya kan menggunakan Contoh Power suplay yang digunakan pada TV SHARP Piccolo Slim.

Perhatikan istilah dan juga letak komponen. Tentu anda akan menemukan visual berbeda pada setiap merk tv. 

Pada bagian dioda model bridge yang menyerupai IC tersebut sama dengan 4 buah dioda yang ada pada TV China merk WCOM, POLYTRON, DLL. 

IC STR  bisa saja berbentuk FET pada TV merk lain jadi FET hanya memiliki 3 Kaki. 

Kerusakan bagian power suplai tv ini akan mengakibatkan tv mati total dan kerusakan lain jika tegangan output drop dan over. Jadi bisa tidak pasti kerusakan pada power suplai harus mengutamakan pengukuran menggunakan multitester.

PTC Pada blok Degaussing ada dua jenis yaitu PTC 2 kaki dan 3 kaki. Jadi meski melihat ketika mengganti misalnya PTC rusak yang akan menyebabkan blok degaussing tidak bekerja dengan gejala layar tv gambar pelangi.  

2. Blok Bagian Horizontal

Blok Horizontal paling sering mengakibatkan TV rusak. Sehingga pengetahuan tentang blok ini sangat penting dipahami. 

Blok horizontal merupakan pengontrol paling primer setelah blok power suplay utama. Jadi istilah power suplai lapis kedua adalah Blok horizontal. 

Letak utama blok horizontal sangat mudah dipahami. Biasanya dekat dengan soket kabel penghubung ke defleksi yoke. 

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini : 

Bagian Bagian TV Tabung dan Gambarnya blok horizontal
gambar blog horizontal TV SHARP By: soldiradem.com

Lataknya persis di dekat flyback, karena pada dasarnya transistor horizontal harus selalu terhubung dengan kaki flyback. 

Pada kaki tengah transistor horizontal akan terhubung dengan kaki flyback dan juga kapasitor resonant. Hal ini bisa ditunjukan pada gambar di bawah ini.

tampak blok horizontal dari bawah

Kerusakan pada bagian horizontal akan mengakibatkan tv mati tidak bisa start. Tandanya flyback tidak akan mengeluarkan suara crak. dan permasalahan blok horizontal sangat komplek sehingga paling banyak gejala kerusakannya. Jadi dalami kerusakan bagian horizontal lebih lanjut.

3. Bagian IC Vertikal 

Ic vertikal bekerja untuk membuka layar keatas dan kebawah. Itu artinya blok ic vertikal sering mengakibatkan tv rusak dengan gejala satu garis horizontal. Ini sering saya sebutkan dalam artikel tentang kerusakan IC vetikal karena sering salah paham. 

bagian bagian tv tabung dan gambarnya blok vertikal
bagian bagian TV tabung dan gambarnya blok vertikal
Untuk ic vertikal pada beberapa merk tv masih saling berkaitan dengan blok horizontal salah satunya adalah pda bagian suplai IC vertikal yang bersal dari out[put flyback. Tapi ini hanya berlaku untuk tv merk tertentu, untuk tv china jarang menggunakan prinsip ini. 

Hampir rata-rata ic vertikal akan menempel pada pendingin. Jadi lebih mudah bagi pemula untuk mengenali blok vertikal di dalam berbagai rangkaian yang terdapat di mesin tv. 

Jika tidak paham juga, mana blok vertikal, bisa diurutkan dari kabel yang berwarna kuning dan hijau. sedangkan merah biru adalah warna untuk bagian horizontal. 

Kerusakan pada blok horizontal salah satunya bisa mengabatkan tv hanya terlihat satu garis horizontal ditengah layar. 

Komponen Yang ada di CRT

Ketika blok bagian tersebut diatas sangat penting terutama bagi yang sedang belajar menjadi seorang teknisi elektronik. Dengan terlebih dahului mengenali blok yang sering rusak maka dengan mudah mencari ke semua gejala dan jenis kerusakan selanjutnya.

Pada bagian tv tabung selanjutnya kita akan melihat pada Tabung CRT.  

Bagian Defleksi yoke


Masih berhubungan dengan VERTIKAL dan HORIZONTAL. Jadi masing masing kabel akan terhubung dengan defleksi yoke. jangan sampai terbalik ketika anda memasang konektor. Karena kedua lilitan memiliki kekuatan yang berbeda. jika salah dalam menyambung kabel bisa mengakibatkan kerusakan pada blok vertikal dan blog horizontal terutama ic dan transistor horizontal. 

Untuk lebih yakin gunakan ohm meter untuk memastikan bahwa setiap konektor defleksi yoke terhubung. Konektor defleksi yoke horizontal akan menuju lilitan dalam sedangkan lilitan luar defleksi yoke akan terhubung ke blok vertikal. 

Bagian Blok RGB 

Blok RGB adalah blok pemprosesan warna pada tv tabung. Letaknya selalu menempel dengan soket CRT. untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut ini

Blok RGB TV CRT

Kerusakan yang ditimbulkan oleh bagian ini berkaitan dengan warna. 

TV Warna dominan warna merah
dominan warna biru 
maupun dominan warna hijau. 

Kerusakan terletak pada masing masing jalur terutama transistor RGB yang berfungsi sebagai kopling untuk menerima sinyal dari IC Croma. 

Bagian Blok AUDIO 

 
Contoh Blok audio tv tabung merk Sharp
Contoh Blok audio TV tabung merk SHARP

Blok audio pada tv berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal audio. Komponen yang digunakan berupa ic Amplifier dan komponen pendukung seperti resistor dan kapasitor. 

Blok audio berkaitan erat dengan IC utama. Yaitu ic yang mengatur segalanya. biasanya blok audi akan menerima sinyal input dari ic utama maupun IC program. 
Kerusakan pada blok audio bisa mengakibatkan tv hilang suara.

Bagian IC utama 


IC TV SHARP
IC Jungle TV SHARP model tempel

Istilah ini hanya untuk TV model baru Slim. Karena tv model lama masih menggunakan dua IC yaitu antara IC Croma dan IC program, Untuk TV model sekarang sudah menggabungkan beberapa ic menjadi satu ic yang sering disebut IC utama, IC Jungle bisa juga disebut sebagai IC prosesor. 

Itulah bagian-bagian TV tabung beserta gambarnya mudah mudahan sedkit membantu rekan sekalian yang sedang belajar memperbaiki TV. 

Untuk lebih jelasnya silahkan pergi ke artikel 12 panduan cara memperbaiki tv tabung untuk pemula.>>>

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Bagian Bagian TV Tabung dan Gambarnya Lengkap"