12 Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Tabung Bagi pemula

Panduan Cara memperbaiki tv - Dengan melihat situasi kebiasaan masyarakat yang rata-rata memiliki tv, maka pasar untuk jasa perbaikan tv sangat potensional. Perbaikan elektronik dari tahun ke tahun akan semakin meningkat. Melihat peluang pasar saat ini jasa reparasi tv persaingan masih sedikit.

Cara Memperbaiki Tv Tabung Bagi pemula

Peluang jasa memperbaiki tv akan tetap ada, entah di masa sekarang sampai di masa depan. Kemauan untuk mengambil peluang, itulah yang membuat diri kita akan semakin berkembang di bidang wirausaha. 

Bukan hanya mencakup perangkat tv, karena biasanya Ketika kita memiliki keterampilan memperbaiki tv entah itu TV tabung CRT Atau LCD, pastilah kita bisa juga memperbaiki perangkat lainya seperti speaker aktif, parabola, dan peralatan elektronik lainnya. 

Pada pola dasar akan melihat bagaimana kita harus mempelajari apa saja agar bisa memperbaiki tv. 

Sebelum masuk pada tahap memperbaiki tv ada baiknya apabila anda memang sudah memiliki keterampilan atau pengetahuan dasar elektronika agar lebih mudah saat mengenali bagian blog dalam televisi. 

Jenis Kerusakan tv tabung 

Jenis kerusakan pada tv tabung macam-macam sebab dan akibat sehingga dalam memperbaiki tv rusak harus mengenal istilah yang digunakan pada komponen dan mengenali gejala. 

Sebagai contoh apabila tv tabung mengalami mati total maka yang meski dipahami adalah gejalanya, apakah indikator led standby masih menyala atau benar rusak mati total. 

Kemudian komponen mana yang harus disecek. Kedua gejala tersebut pasti berbeda kompoenen yang rusak dan bagaimana cara memperbaikinya. 

Sebagai contoh bahwa kita tidak memiliki pengetahuan dasar mengenai sebuah televisi  dengan kerusakan layar bergambar pelangi. 


Apa yang anda lakukan jika mendapati kerusakan semacam ini? 

Apakah mencari magnet ? 

Mungkin ini akan bekerja di kondisi kondisi terntentu dan gangguan biasanya tidak terlalu parah. 

Namun ketika gangguan layar pelangi semakin parah ini biasanya disebabkan oleh komponen dgausing dalam tabung mengalami masalah. 

Itulah pentingnya mempelajari teori meskipun praktek jauh lebih penting. 

Setiap merek dan jenis tv memiliki perbedaan.komponen dan sistem kerja. Sehingga perlu pemahaman teknik elektronika dasar terutama cara memperbaiki kerusakan televisi, pengukuran tegangan tv, komponen tv , sistem kerja dan masih banyak lagi. .


Jikalaupun tidak kenal sedikitpun mengenai elektronika, lebih baik memperbaiki kerusakan sederhana saja. 


Karena hal ini sangat berbahaya bagi anda yang belum sama sekali mengenal elektronika. Keselamatan anda adalah hal pertama yang harus diutamakan. 

Terlebih jika anda masih awam sekali servis tv bisa menyebabkan kerusakan tv malah tambah parah. Namun jika anda mau belajar, kerusakan lebih parah tidak masalah, malah menjadi pelajaran berharga untuk anda di kemudian hari. 

Soldiradem blog mempersembahkan isi dari keseluruhan di dalam blog ini untuk berbagi pengalaman. ada beberapa gejala kerusakan tv yang pernah saya tangani, diantaranya :


Apapun tekniknya, jika menguasai dasarnya pasti dapat berkembang dengan sendirinya. Sulit memang jika kita mengatakan ini sulit, namun akan mudah bila berkata mudah. Intinya kesungguhan adalah yang pertama yang meski dipegang saat akan memperbaiki televisi. 

12 Cara Memperbaiki TV berdasarkan kerusaknya

Ada dua jenis tv yang berkembang saat ini yaitu tv tabung dan TV LCD/LED. Kali ini kita akan membahas mengenai tv CRT. Berikut ini saya akan merangkum banyak kerusakan tv dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit pada tv CRT/tabung artikel artike berikut ini bisa anda kases melalui link link yang telah tertera, keseluruhan berada dalam soldiradem blog. mudah mudahan bermanfaat.
12 Cara Memperbaiki TV tabung Rusak jenis Kerusakan yang Berbeda

1. Memperbaiki TV Rusak mati total

Gejala Tv mati total tidak ada reakasi apapun saat tv dihidupkan. Pertama cek kabel pada perangkat tv apakah masih bagus atau putus. 

Jika tv dinyalakan mcb rumah langsung anjlok ini sudah menjurus ke bagian power suplay atau bisa jadi daya listrik dirumah anda mengalami kekurangan untuk menyalakan perangkat tv crt. 


Untuk belajar lebih lanjut mengenai kerusakan mati total Silahkan baca artikel berikut ini;
Cara paling sederhana memperbaiki tv mati total[matot]

2. TV rusak hanya satu garis horizontal

12 cara memeperbaiki tv rusak tidak ada gambar
contoh kerusakan vertikal tv


Gejalanya layar gelap hanya tersisa satu garis panjang pada tengah layar arah horisontal atau melintang. 


Pada merek polytron u-slim series sering diawali dengan gejala protek jika kerusakan seperti ini terjadi. 


Pada jenis tv ada juga yang secara terang-terangan menunjukan gejala tanpa standby. Ini sering terjadi pada tv china dan sejenisnya. 


Servis tv dengan gejala seperti ini mudah saja. Pertama soldering ulang dan mengganti semua elko pada blok ic vertikal. Jika tidak membuahkan hasil Silahkan lanjut baca artikel berikut ini.
Artikel terkait;

3. Memperbaiki Layar tv tabung rusak hanya satu garis vertikal

Cara memperbaiki tv tidak ada gambar gelap
contoh kerusakan bagian horizontal tv 
Kerusakan tv Layar gelap hanya tersisa garis terang berada ditengah layar dari atas ke bawah. Perlu diketahui bahwa kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh blok bagian horizontal tv. 

Jangan terbalik ketika memperbaiki tv dengan gejala cacat layar. Indikasinya yaitu:

Gejala layar hanya satu garis vertikal berarti yang bermasalah bagian horizontal


Gejala satu garis horisontal pada layar berarti ini terjadi kerusakan pada blok vertikal.


Ini penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memahami sebuah kerusakan televisi. 
Bergaris vertikal pada bagia laya langkah menanganinya sbb;

Pertama cek defleksi yoke menggunakan ohm meter dalam keadaan netral tidak terhubung oleh tegangan dan juga terhubung dengan board utama tv. Untuk itu sebelum mengecek pada bagian defleksi yoke lepas dulu kabel dari moboard.

Tanda bahwa defleksi yoke ini normal adalah jika diukur menggunakan ohm meter 1x maka jarum akan bergerak penuh dan tersisa 1-3 ohm hambatan.

Jika sudah menginjak ke blok horizontal Silahkan lanjut baca ke artikel berikut ini;


4. Cara memperbaiki TV rusak Bergambar pelangi pada layar


Cara memperbaiki tv
kerusakan pada sistem dgausing tv 

Gejala ini sering dikaitkan pada kedekatan tv terhadap magnet. Akibatnya fosfor warna pada televisi tertarik pada satu titik yang berdekatan dengan magnet atau juga terdorong oleh radiasi magnet. Ini sering kali dialami oleh pengguna televisi yang meletekan speaker dekat dengan tv crt. 

Nah, terdapat flek pelangi namun tidak ada magnet didekatnya, apa yang menyebabkan itu bisa terjadi? Ini mungkin lebih mengarah pada teknik reparasi mesin tv sesungguhnya, yaitu memahami rangkaian penangkal medan magnet pada tabung crt atau sering disebut dgausing. 


Rangkaian dgausing Rusak biasanya akan mengakibatkan layar terdapat flek pelangi meski tidak ada magnet speaker didekatnya. Perlu anda ketahui bahwa sebagian tabung layar tv crt terutama slim jika tidak terlindungi oleh rangkaian dggausing akan terkena dampak dari magnet bumi. Atau magnet liar disekitaran televisi. 


Fugsi blok dgausing berfungsi sebagai penghilang pengaruh magnet. Hal ini terbukti ada beberapa kejadian, bahwa ketika tv dinyalakan terdapat flek pelangi, namun setelah tv bekerja beberapa saat flek tersebut hilang. Ini terjadi jika rangkaian dgausing normal. 


Jika ada keruskan pada penangkal ini, flek tersebut tidak akan hilang, selama rangkaian degausing tidak diperbaiki. 

Untuk memperbaiki kerusakan ini Silahkan baca artikel cara memperbaikitv laya pelangi

5. TV rusak layar gelap/redup

Gejalanya layar gelap meski kecerahan sudah diatur maksimal. sebagian orang mengira bahwa ini kerusakan terjadi pada crt/tabung gambar. 

Namun jika belum mengecek secara pasti ini tidaklah dibenarkan oleh teori. Teori dan pengalaman Berbicara bahwa layar redup pada tv crt bisa saja disebabkan antra lain;

6. Tv rusak mati standby

Diantara kerusakan yang paling rumit adalah tv mati standby tidak bisa start.Hal ini disebabkan karena sistim standby pada masing-masing merek tv berbeda. Sehingga kita meski mempelajari sistem protek yang digunakan pada merek tertentu dengan cara Mengamati sekema rangkai pada blok standby atau mencari referensi seperti berikut ini.
Cara servis tv china mati standby  

7. Gejala hidup sebentar beberapa detik langsung standby


Kerusakan ini juga disebut dengan kerusakan protek. Kerusakan tv dengan gejala protek terjadi pada beberpa merek tv keluaran anyar.  

Memperbaiki tv dengan kerusakan protek sebenarnya mudah, dengan syarat anda memiliki pengetahuan mengenai komponen elektronik. 


Jika terjadi pada tv polytron sangat mudah seali ditangani anda tinggal mengganti elco 1 uf 50v pada blok ic vertikal tv. 


Servis tv polytron standby protek

Namun jika tv protek terjadi pada tv sharp memang agak sedikit rumit. Sehingga anda harus searching mempelajari secara khusus.

8. Layar tv terdapat garis pada bagian atas layar

Terdapat garis pada seperempat layar bagian atas
Hal ini menandakan bahwa ada kerusakan pada blok vertikal terutama pada komponen elko yang berfungsi sebagai pump up 100uf 50v,atau bisa juga menggunakan 470uf 50v tergantung merek tv. 

Jika anda beruntung, akan terlihat bagian blok vertikal terdapat elko yang mengembung atau pada bagian kaki elko terdapat jamur. 


Secara pasti untuk mengeceknya menggunakan tester elko atau ohm meter juga bisa. Mengecek menggunakan multi tester pada ohm meter hanya menunjukan bahwa elko tidak kering untuk nilai yang lebih akurat gunakan esr meter digital atau menggunakan uf meter. 

11. Layar tv polytron rusak gelap hanya layar pelangi

cara memeprbaiki tv crt tidak ada gambar
layar hanya gelap tidak ada gambar

Kerusakan pada tv polytron yang satu ini sering terjadi pada jenis polytron dengan tipe u-slim series

Kerusakan ini seringkali diawali dengan gejala protek dan terkadang tidak. 


Jika protek, langsung menuju pada bagian vertikal, ukur tegangang penyuplay ic vertikal +-12 volt dari output flyback menuju ic vertikal. Di jalur tersebut ada sebuah resitor pembatas berukuran 100 ohm, dioda penyearah dan elko ukuran100 uf 35 volt.


Komponen tersebut sering menyebabkan tv layar gelap hanya Nampak pelangi. Hal ini disebabkan oleh tegangan ic vertikal drop/daya kurang stand, sehingga ic vertikal tidak bekerja dengan baik. 


Untuk itu pengecekan pada jalur output flyback -12 dan +12volt harus diperiksa dicek secara lebih jeli. Jika tegangan tidak muncul pada kaki flybac namun flybac sudah bekerja berarti terjadi kerusakan pada flyback.


lanjut baca;  Polytron layar gelap pelangi

10. TV rusak transistor horizontal jebol terus

Ada satu kejadian saat mengganti transistor horizontal pada tv crt langsung jebol seketika tv dinyalakan. 

Bahkan sampai mengganti sampai beberapa kali dengan yang baru tetap saja masih terdapat kerusakan yang sama. 


Ternyata yang salah bukan transistor horizontalnya namun komponen yang berkaitan di sekitarnya. Berikut artikel yang membahas mengai hal ini. 
Transistor horizontal jebol terus

11. TV gambar blur

Gejala; gambar blur pada saat pertama kali tv dihidupkan lama kelamaan layar akan normal kembali, permasalahan ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada sistem fokus pada tabung bermasalah entah itu pada kabel fokus korosi, soket karatan, bahkan tabung gambar bisa rusak. Namun untuk lebih lanjut untuk bisa mengetahuinya bisa leanjut ke artikel.baca lanjut...>>>>..>>

12 . Cara Memperbaiki tv yang rusak warnanya 

kerusakan pada bagian warna sering dialami oleh tv yang sduah berumur panjang, oleh karena itu bisa melakukan perbaikan pada beberapa bagian dintarnaya: 
  • Solderan Blog RGB  retak 
  • Soket CRT  korosi 
  • tegangan video drop 
  • transistor rgb short 
Di bagian bagian tersebut sering ditemui bberpa gejala 
ketiganya dipicu oleh Kerusakan RGB  terutama ketika salah satu katoda mengalami short ke screen. atau bisa transistor RGB  itulah yang mengakibatkan tv dominan salah satu warna 

Kesimpulan;

Kerusakan sama belum tentu cara memperbaiki sama, karena kerusakan yang terdapat di perangkat tv tidak pasti. Sehingga saya mengharapkan agar ini hanya sebagai refrensi untuk cara memperbaiki tv tabung. 

Apa yang saya sampaikan dalam artikel ini merupakan pengalaman pribadi pasti ada perbedaan dalam menyikapi suatu kerusakan dalam perbaikan televisi. 


Untuk mendapatkan artikel tentang cara memperbaiki kerusakan televisi dengan berbagai kerusakan  lebih lanjut silahkan jelajah di soldiradem blog, karena saya disini menuliskan berbagai keruskan tv beserta cara penanganan. Semoga anda mendapat apa yang anda cari. 

Baca juga: cara mengembalikan suara tv yang hilang

Terimakasih sudah berkunjug di Soldiradem Blog
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "12 Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Tv Tabung Bagi pemula"