Cara Servis Tv CRT Layar Gelap Suara Normal

Terdengar suara TV normal namun layar tetap gelap, sebagian orang awam bahwa ini adalah tabung CRT yang rusak. Tapi bagi teknisi tidak semudah itu memfonis sebelum benar-benar mengcek semua komponen dan tegangan yang berhubungan dengan masalah layar gelap. Oleh sebab itu saya sebagai seorang teknisi ingin berbagi sedikit pengalaman yang mungkin bisa untuk di jadikan referensi untuk rekan semuanya terutama pemula.

Cara memperbaiki TV layar Gelap suara normal 

Cara Servis Tv CRT Layar Gelap Suara Normal

Sebelum melakukan penyelidikan ke semua komponen ada baiknya bersihkan mesin TV dari debu dan kotoran lainya yang menempel di komponen, karena debu yang tertimbun teramat lama akan mempengaruhi komponen berkarat dan akan menambahkan konduktor dan resistensi. 

Debu dan kotoran sangat mempengaruhi kinerja arus di dalam mesin TV apabila udara sedang lembab. Karena bisa jadi kerusakan hanya dipengaruhi debu.

Setelah semuanya di bersihkan kini saatnya melangkah ke penyelidikan tv layar gelap suara normal.

1. Solderan  Retak

Kualitas sebuah mesin TV bisa dilihat dari segi solderan. Jika solderan terlihat retak-ratak maka bisa di katakan soldiran kualitas rendah. Oleh karena itu, kadang kerusakan hanya di sebabkan oleh solderan yang hanya retak sehingga kaki komponen tidak konek dengan jalur PCB. 

2. B+ Drop

Saat menemui kasus layar gelap hal ke dua yang harus di lakukan adalah mengukur tegangan B+ 115 volt yang berfungsi sebagai penyuplay flyback. Pastikan elco pemfilter tegangan B+ dalam keadaan baik, meski masih baik langsung ganti yang baru. Karena kebanyakan CRT gelap sering di sebabkan oleh elco pemfilter B+ short maupun berkurang kapasitasnya.
 
Cek dioda penyearah B+ juga, Jika elco meledak atau B+ drop secara drastis.
 

3. Tegangan 180 volt

Setelah semua di pastikan kerja flyback baik, langkah selanjutnya menuju output flyback pada bagian jalur penyuplay 180 volt. Pastikan 180 atau sedikit di toleransi 5-10volt. Sama seperti B+ 115 bahwa pemfilter 180 volt juga tak luput dari pemeriksaan pastikan benar benar baik. Elco ukuran kecil namun berpengaruh besar.

4. Tegangan Sreen

Cek tegangan screen pada Grid screen. Jika tidak muncul tegangan periksa capasitor scren, biasanya kalau masalahnya layar gelap capasitor ini akan short dengan groun, jika layar terlalu blangking berarti capasitasnya berkurang.

5. Lampu Filamen

Sebelum memastikan tegangan ada baiknya jka cek filamen CRT. Menggunakan ohm meter 1× untuk memastikan filemen CRT masih nyambung. Cek filamen CRT dengan tegangan sekitar 4-5 vot AC. Jika tidak muncul telusuri mulai dari out heater flyback. 

Ukur resistor pembatas yang dekat dengan output heater jika melar ganti dengan yang sama, boleh ganti tidak sama asalkan lebih kecil ukuranya.

Cara Servis Tv CRT Layar Gelap Suara Normal

6. Flyback mati

Flyaback mengalami kerusakan apabila ada salah satu atau semuanya tidak mengeluarkan tegangan. Namun untuk kasus kerusakan layar gelap suara normal biasanya hanya terdapat satu atau dua kerusakan di bagian output flyback. Sedangkan apabila Flyback rusak tidak bekerja mungkin saja suara tetap tidak muncul karena tv akan dalam keadaan standby.

Yang banyak kita jumpai dalam kerusakan ini adalah tegangan heater hilang, tegangan abl drop, dan tegangan video drop. 

7. Tabung CRT mati

Tabung CRT mati biasanya di tandai dengan layar gelap. Dan yang lebih parah lagi crt
 
• filmen putus
• filamen ngupil

Kedua masalah tersebut terjadi kebanyakan ialah pada TV yang memang sudah berumur dan faktor kerja berlebih.

Dari permasalahan di atas dapat di simpulkan bahwa pada intinya kerusakan tabung layar gelap tapi suara masih ada terletak pada flyback dan CRT itu Sendiri.

Artikel terkait;Masalah CRT gambar Gelap

Demikian yang dapat saya catat berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun terahir menangani, layar TV gelap namun suara normal. Semoga bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Servis Tv CRT Layar Gelap Suara Normal"