12 Catatan Memperbaiki TV Polytron U-slim Series

Pengalaman Memperbaiki Kerusakan TV Polytron U-slim Series

Pengalaman Memperbaiki kerusakan tv polytron u-slim series - Dari berbagai pengalaman memperbaiki, saya paling ingat adalah kerusakan pada polytron u-slim. Karena banyak sekali keluhan dari user tv u-slim ini dengan kerusakan yang sangat umum bagi teknisi tv tabung. Namun yang paling sering dikeluhkan oleh user diawali dengan tv mengalami protek.

Biasanya sumber kenapa tv polytron protek di awali dari blok vertikal tidak bekerja dengan normal, entah itu berasal dari flyback atau dari vertikal itu sendiri. Namun kadang kadang hanya masalah elco 1 uf 50 v saja yang kering tidak ada masalah lain. Oleh karena itu perlu mengenali lebih lanjut tentang kerusakan pada tv polytron uslim series. 

Berikut ini saya ingin berbagi catatan pengalaman berbagai macam kerusakan polytron u-slim dan cara memperbaikinya;

1. TV polytron protek

Letak protek pada tv polytron crt kebanyakan diletekkan pada ic vertikal,terutama tv u-slim series. Jika kita sudah mengetahui letak titik proteknya, maka ketika menemui kerusakan berupa tv protek, pertama yang dituju ic vertikal. Langsung menuju elco 1 uf50 v. Jika tv hidup normal kemungkinan tv hanya bermasalah pada elco tersebut. 

2. Tv polytron uslim satu garis vertikal

Pertama gejala layar gelap namun setelah screen dinaikkan ternyata satu garis arah horisontal ditengah. Dengan begitu tv bermasalah pada blog vertikal. Dengan mengganti elco 100 uf 50 v elco /pump up ternyata sudah teratasi.

3. Polytron u slim vertikal jebol terus

Gejala sama pertama protek namun setelah protek di lumpuhkan ternyata ada suara namun tidak ada gambar. Penggantian ic vertikal tidak membuahkan hasil. Ternyata tegangan dari flyback +12 naik mencapai 25v. Dan begitu sebaliknya bagian -12 menjadi - 16. Tegangan ic vertikal Over disebabkan oleh kenaikan pada bagian b+ 115v penyuplai flyback atau kadang jika b+ normal disebabkan oleh kerusakan flyback itu sendiri karena naiknya teg 12 v.

4. Polytron u slim B+ over

B+ over dialami oleh polytron masih berkaitan dengan vertikal jebol terus ,namun jika b+ over terlalu tinggi biasanya disertai transistor horizontal jebol. Sehingga TV mengalami standby bahkan sampai mati total. Hal yang pernah saya almi yaitu. B+ over. Disebabkan oleh vr adjuster B+115v jika over mencapai 150 v dan jika b+sampai 200v lebih biasanya optokopler mati.

5. Polytron Mode av tidak muncul

Gejalanya av tidak muncul pada saat ditekan tombol av di remot dan tombol av panel switch di tv. Namun mode vcr muncul. Ini disebabkan oleh ic memori error. Menggunakan ic bekas tv polytron langsung cling.

6. Polytron mati total ditandai dengan elco 400v masih menyimpan tegangan

Hal ini disebabkan oleh salah satu komponen putus atau fet tidak bekerja. Saya temukan kerusakan pada jalur + elco 400v pada resistor ukuran 220k mati atau putus. Pantas saja elco masih menyiman tegangan. Penggantian r 220k tersebut tv langsung normal.

7. Lampu indikator berkedip-kedip

Saat menemui kerusakan tv polytron lampu kedip kedip hendaknya tidak menyalakan tv dalam waktu yang lama. langsung ke horizontal. Karena jika di teruskan maka tv kemungkinan akan mati total karena fet pada regulator tidak dapat menahan arus pendek terjadi pada transistor horizontal. Dan jika terjadi kerusakan pada transistor horizontal jangan terus menggantinya karena ada kemungkinan lainya. Misalnya capasitor resonant terjadi short. Untuk itu erlu dicek dulu. Barus setelah itu bisa melakukan penggantian tr horizontal c6090 bisa dilakukan.

8. Layar pada tv menampilkan warna bercampur

Menjadikan gambar tidak jelas seperti hologram. Ini disebabkan oleh tegangan 180v video terjadi drop. Ini disebabkan oleh elco ukuran 47uf250 v kering. Namun terkadang hal ini disebabkan oleh kerusakan flyback juga bisa, jika masih terjadi kerusakan .atau resistor pembatas yang molor dan juga dioda yang short pada jalur tegangan 180 v video. 

10. Timbul bercak warna pada layar

Hal ini disebabkan oleh gagalnya kerja dgausing sehingga tidak dapat menetralkan pengaruh magnet terhadap fosfor. Hal ini biasanya terjadi kerusakan pada posistor dgausing dan juga ntc. 

11. Tv gelap hanya terlihat pelangi

Kerusakan layar gelap terlihat pelangi pada tv polytron kaitanya dengan vertikal tidak bekerja. Hal ini sering saya temui disebabkan oleh resistor 1 ohm molor sehingga tegangan 12 v drop yang menuju ic vertikal. Atau bisa juga elco filter 470 uf dan juga dioda pada penyearah flyback out +- 12 v.

12. Polytron Layar hanya membuka bagian bawah

Diawali protak, setelah dilumpuhkan proteknya ternyata layar hanya terlihat  separuh bagian bawah. Hal ini disebabkan oleh elco ukuran 100 uf 50 v kering pada blog vertikal sebagai elco pum up.

Itulah beberapa pengalaman menangani beberapa kerusakan pada tv polyton u slim . sebenarnya masih banyak lagi namun sudah lupa.

Untuk cara memperbaiki tv rusak lain sudah saya ulas di beberapa artikel lainya. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi rekan semuanya. 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.