Service TV POLYTRON U Slim Mati Standby Protek

memperbaiki tv polytron protek

Tv polytron u slim mati standby protek - Kerusakan standby pada polytron sering sekali terjadi pada tv keluaran anyar terutama yang jenis crt. Seperti yang dialami oleh tv polytron u slim dengan gejala lampu indikator menyala, ketika di remot power pada remot hanya berkedip kedip, sesekali juga ada suara ngiiiing dan crak pada flyback beberapa saat. Ini menandakan flyback masih bekerja. Dugaan awal tv polytron u slim mati standby protek. Atau hidup sebentar lalu mati lagi. Si pemilik tv ini mengatakan bahwa gejala awal kerusakan berawal dari menyempitnya layar atas dan bawah kemudian mati standby.


Penanganan awal seperti bisa membersihkan mobo dari debu dan kotoran.
Kedua, karena tv polytron u slim ini menandakan protek, blog paling pertama di amati dan dicek adalah blog ic vertikal. Terlihat pada titik kaki vertikal terlihat retak-retak, langsung saya menyolder ulang. Mencoba menyalakan tv, namun tidak ada hasil masih protek.

Penyelidikan pada tegangan b+115 volt masih oke, kemudian saya berinisiatif untuk mengganti elco 1uf 50v dekat ic vertikal, karena biasanya langsung manjur mengobati tv polytron stanby protek. Namun apa daya, tv masih belum mau menyala. Bahkan tanpa kilapan cahaya sedikitpun pada layar.

Saya baru teringat kata si pemilik tv u slim ini yaitu " tv awalnya layar menyempit atas bawah kemudian tv mati". Disini saya mencoba mengganti elko 100uf 50v dekat ic vertikal atau elco ini berfungsi sebagai pum up pada layar. Dan benar saja, setelah saya amati elko ini terlihat mengembung. Sehingga pantas jika awal layar pada bagian atas dan bawah menyempit. Atau sering disebut kerusakan tv hanya terlihat satu garis horizontal.

Tv u slim polytron mati standby protek ini selesai dengan mengganti elco 100uf50v pada elco pum up. Disini saya menyimpulkan bahwa mendengar gejala awal yang dialami tv dari sipemilik tv sangatlah penting. Ini untuk memudahkan kita menganalisa kerusakan dengan lebih cepat. Dengan begitu kita tahu mana blog yang harus di oprek.
Demikian
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.