Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab TV Politron Standbay Lampu indikator Berkedip

SOLDIRADEM BLOG - Minggu ini saya dapat servisan TV polytron 123, ukuran 14  inc, dengan gejala mati standbay lampu indikator berkedip-kedip. Entah apa yang menyebabkan ini terjadi, begitu fikirku, karena masih menebak. Pada awalnya saya berfikir bahwa ini disebabkan oleh transistor horizontal short. Karena pada saat dicek tegangan B+ 115 volt ikut turun-naik seiring denga lampu indikator LED standbay.

 Langsung menuju ke TKP yaitu TR horizontal yang ternyata setelah di adakan pemeriksaan secara intensif, transistorpun normal jaya hehe!. Lalu apa lagi?. Yang harus dicurigai setelah pengecekan TR H yang ternyata norml ?, kini saya mencoba mencopot beban B+ ke flyback didapat fakta baru yaitu  tegangan normal dan tidak turun naik lagi tetapi TV tetap standbay. Ke curigaan pun tertuju pada flyback yang jelas bermasalah. Di luar dugaan setelah mengganti flyback dengan seri yang sama dan baru tentunya, kemudian memasang B+ ternyata, tegangan tetap turun naik.

"Huft penyelidikan yang dramatis!"
Karena sedikit agak kesal lebih baik saya tinggalkan sejenak TV saya biarkan beberapa hari sambil menganalisa penyebab tegangan turun-naik.  Tiga hari berlalu saya mulai menemukan titik terang terhadap masalah TV polytron 123 dengan msalah lampu indikator berkedip. Ini mungkin di luar dugaan saya karena stelah berfikir panjang ternyata permasalahanya terjadi pada sistim AC Matic yang lemah sehingga pada saat  diberi beban tegangan pun drop. Penyelidikan berlanjut pada sistim AC-Matic yang tenyata didapati capasitor yang ada pada bagian  colector trasistor pembangkit AC-Matic telah lemah dan harus diganti.

Akhirnya penyelidikan saya pada masalah TV polytron mati standbay denga lampu indikator berkedip kedip telah menemukan titik temu yang mana disini dapat kita ambil bahwa penyebab dari masalah adalah ragulator TV yang lemah maka diwajibkan masalah standbay bukan hanya fokus pada satu blog horizontal saja tetapi mencakup pada aspek tegangan sistim arus  AC-matic.

•Sistim kerja mode standbay
Sedikit ulasan mengenai sistim. Kerja mode standbay untuk munambah wawasan anda "Ketika kita standbykan TV maka pin power akan mengeluarkan tegangan 5 Volt dan tegangan tersebut digunakan untuk membias transistor agar ON (transistor NPN),dan transistor tersebut akan meng gruondkan ocsilator horisontal, sedangkan output ocsilator horisontal dari IC masih terus running. Oleh sebab itu rangkaian power horisontal akan tidak bekerja. Ketika kondisi standby, semua fungsi-fungsi yang ada dalam pin IC di MUTE kan semua. Dengan demikian pesawat akan standby. Ketika anda menyalakan tombol power maka semua kondisi yang sebelumnya akan dibalik. Video dan suara diON kan dan ground ocsilator horisontal dilepaskan maka pesawat akan menampilkan gambar dan suara.
Ketika pin 5 Volt power dilepas, maka  seolah memaksa rangkaian horisontal untuk bekerja, sedangkan signal video dan suara masih dimute, dengan demikian gambar dan suara tak dapat di suguhkan.

kalau permasalahan susah start lampu indikator standby berkedip maka bisa jadi tegangan yang kurang atau AC-Matic kurang stabil.
Begitu kiranya yang dapat saya sampaikan, mudah mudahan bermanfaat untuk para rekan semuanya.
Good job!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.