Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab TV Politron Standby Lampu indikator Berkedip

tv polytron mati standby indikator berkedip kedip
SOLDIRADEM BLOG - Memperbaiki TV polytron 123, ukuran 14 inci, dengan gejala mati standby lampu indikator berkedip-kedip.

Awalnya saya berpikir bahwa ini disebabkan oleh transistor horizontal short. Karena pada saat dicek tegangan B+ 115 volt ikut turun-naik seiring dengan lampu indikator LED standby.

Meskipun telah diganti dengan horizontal baru pun masih kedip kedip tidak ada perubahan. 

Kemudian apa yang harus dicurigai setelah pengecekan TR Horizontal normal ?

Saya mencoba mencopot beban B+ ke flyback

Di bagian flyback tegangan normal dan tidak turun naik lagi tetapi TV tetap standby. Kecurigaan pun tertuju pada flyback yang jelas bermasalah. Di luar dugaan setelah mengganti flyback tv polytron dengan seri yang sama, ternyata b+ tegangan tetap turun naik.

Karena sedikit agak kesal lebih baik saya tinggalkan sejenak TV saya biarkan beberapa hari sambil menganalisa penyebab tegangan turun-naik. Tiga hari berlalu saya mulai menemukan titik terang terhadap masalah TV polytron 123 dengan masalah lampu indikator berkedip.

Ini mungkin di luar dugaan saya karena telah berpikir panjang ternyata kerusakan terjadi pada sistem AC Matic yang lemah sehingga pada saat diberi beban tegangan tv polytron drop. 

Penyelidikan berlanjut pada sistem AC-Matic yang ternyata didapati kapasitor yang terhubung dengan kaki tengah FET 7N65C telah lemah dan harus diganti. 

Akhirnya penyelidikan saya pada masalah TV polytron mati standby dengan lampu indikator berkedip kedip telah menemukan titik temu yang mana disini dapat kita ambil bahwa penyebab dari masalah adalah regulator TV yang lemah.

 Masalah standby jangan hanya fokus pada satu blog horizontal saja tetapi mencakup pada aspek tegangan sistem arus AC-matic atau arus output AC matic power suplai di bagian primer dan sekunder.

Sistem kerja mode standby

Sedikit ulasan mengenai sistem kerja mode standby tv polytron untuk menambah referensi dalam memperbaiki tv polytron mati standby lampu indikator berkedip-kedip.

Ketika kita standby-kan TV maka pin power akan mengeluarkan tegangan 5 Volt dan tegangan tersebut digunakan untuk membias transistor agar ON (transistor NPN),dan transistor tersebut akan meng ground kan osilator horizontal, sedangkan output osilator horisontal dari IC masih terus running. Oleh sebab itu rangkaian power horizontal akan tidak bekerja. 

Ketika kondisi standby, semua fungsi-fungsi yang ada dalam pin IC di MUTE kan semua. Dengan demikian pesawat akan standby. 

Ketika anda menyalakan tombol power maka semua kondisi yang sebelumnya akan dibalik. Video dan suara di ON kan dan ground osilator horisontal dilepaskan maka pesawat akan menampilkan gambar dan suara.

Ketika pin 5 Volt power dilepas, maka  seolah memaksa rangkaian horisontal untuk bekerja, sedangkan sinyal video dan suara masih di mute, dengan demikian gambar dan suara tak dapat disuguhkan.

Apabila permasalahan susah start lampu indikator standby berkedip maka bisa jadi tegangan yang kurang atau AC-Matic kurang stabil.

Begitu kiranya yang dapat saya sampaikan tentang penyebab tv polytron standby lampu indikator berkedip kedip, mudah mudahan bermanfaat untuk para rekan semuanya.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

13 komentar untuk "Penyebab TV Politron Standby Lampu indikator Berkedip"

Unknown 6 Agustus 2017 pukul 20.37 Hapus Komentar
trims bos infonya
Heavy creator 3 Juli 2018 pukul 20.02 Hapus Komentar
Bagian AC Matic itu di dekat mana bos?
Heavy creator 3 Juli 2018 pukul 20.03 Hapus Komentar
Bagian AC Matic itu di dekat mana bos?
Kalong service .ac.,mesin cuci,mesin air,lemari es,dan Smua alat-alat elektronik rumah tangga. 19 Juli 2018 pukul 23.43 Hapus Komentar
👍👍👍👍👍
Unknown 23 Juli 2018 pukul 16.55 Hapus Komentar
Terima kasih guru
mon 2 Agustus 2018 pukul 14.43 Hapus Komentar
tv saya bos stanby berkdip-kedip dan layar nya gak mau nyala , apa nya yg bermasalah , apa dari lagulatornya atu juga dari mesin tv nya sprti vrtikal
mon 2 Agustus 2018 pukul 14.43 Hapus Komentar
tv saya bos stanby berkdip-kedip dan layar nya gak mau nyala , apa nya yg bermasalah , apa dari lagulatornya atu juga dari mesin tv nya sprti vrtikal
Muhlisun TMG 3 Agustus 2018 pukul 09.43 Hapus Komentar
tegangan B+ normal gak bos, coba cek, jikadrop kemungkinan transistor horisontal short. atau terjadi short pada salah satu ic sehingga tegangan naik turun. intinya melepas bebean output skunder rgulator sangat diperlukan untuk mengetahui kerusakan . jika semua bebean output sudah di coba lepas, masih berkedip bisa jadi are regulator/psu primer yang bermasalah
mon 8 Agustus 2018 pukul 12.28 Hapus Komentar
B+ Normal bos,
Unknown 28 November 2018 pukul 20.46 Hapus Komentar
Mohon pencerahan tuser
Tv politron diva 29 inch lampu biru nyala disertai lampu merah kedip2.minta solusinya. Trims sebelumnya
masih belajar jadi tuser 2 Desember 2018 pukul 18.14 Hapus Komentar
Ass...maaf gan nmpng nanya nih...saya ada garapan tv thosiba 29" setelah ganti mesin cina dan defleksi...gambar jadi kurang sinkron..ada warna di tepi gambar srperti alis orang yg seharusnya hitam jadi kemerahan..mohon bantuanya..trim's
Wahyu 10 Desember 2018 pukul 23.06 Hapus Komentar
Gan sy py tv polytron 29".
Klau sy nyalakan lampu indikator nyala biru.setelah itu lampu berkedip2 merah.
Apanya y gan?mhn bantuanya gan?
[email protected] 8 Juli 2020 pukul 23.31 Hapus Komentar
Ass saya Iryanto mau tanya tv politron kedip cepat tadi saya habis baca ktnya capasitor yg dekat colektor transistor apakah yg di maksud 2kv 102j ya bos