Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TV POLYTRON U-slim Lampu LED Berkedip-kedip Kemudian Mati Total

 TV polytron u slim gejala kerusakan awal protek tapi masih bisa dipaksa on kan layar normal. Baru setelah itu tv protek dengan keadaan lampu indikator berkedip-kedip kemudian mati total.

Penyebab tv polytron uslim berkedip shortnya ic vertikal 78141. Pada saat start terlihat sekilas indikator menunjukan gejala protek kemudian lampu led merah kemudian gelap. 

TV POLYTRON U-slim Lampu LED Berkedip-kedip Kemudian Mati Total

Saya menduga kerusakan terjadi pada elco c408, 100 uf 50 volt melembung atau kering sehingga terjadi protek. Karena dipaksakan untuk on maka ic vertikal 78141 bekerja keras akhirnya jebol. Akhirnya tv protek dan lampu led mati karena ic vertikal short. 

Tegangan pada positif 15 volt sedangkan negatif 12 volt. Ini umum terjadi pada simetris polytron dan tidak mengapa jika berbeda. 

Saya baru menyadari ketika mengukur tegangan vertikal polytron tanpa beban seperti melonjak sampai 30 volt padahal ketika diberi beban tegangan normal. hal ini karena elco 50 volt menyimpan muatan dan akan terus bertambah ketika dialiri arus. maka untuk mengecek tegangan vertikal ada baiknya jika ketika ada beban. 

Karena saya tidak memiliki stok ic la 78141 maka saya ganti dengan la78041. Mungkin secara daya ic la78041 dibawah spesifikasi 78141 tapi tv bekerja dengan normal. untuk keawetan belum diuji coba lebih lanjut. 

TV polytron u slim berkedip kedip pada saat dinyalakan ketika tanpa ic vertikal bisa menyala dengan normal tanpa protek.  

Di kasus yang pernah saya tangani Penyebabnya bukan hanya ic vertikal tentu blok horizontal dan ic audio juga kadang mengakibatkan short sehingga mengakibatkan led merah berkedip kedip. 

Pengukuran ketika terjadi protek harus sangat cepat berapa tegangan. misalnya b+ melonjak tinggi. ini juga bisa mengakibatkan tv protek. 

Membypass pada bagian b+ jika b+ drop. jika masih normal maka output flyback juga bisa berpengaruh kepada sekunder regulator utama. 

Short pada dioda juga bisa mengakibatkan tv polytron bergejala led berkedip kedip. terutama ketika terjadi pada bagian tegangan tinggi 115 volt. Bukan hanya beban yang short bahkan dioda pada blok sekunder regulator bisa mengindikasikan gejala yang sama. 

Demikian tentang tv polytron u slim lampu led berkedip kemudian mati. 

Baca juga: penyebab tegangan vertikal over tv polytron


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "TV POLYTRON U-slim Lampu LED Berkedip-kedip Kemudian Mati Total"