Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over

Soldiradem blog - Kali ini saya dibingungkan dengan sebuah permasalahan pada tv polytron slim,  ic vertikal mengalami kerusakan berkali-kali, disebabkan oleh tegangan VCC IC vertikal over. Pada bagian vcc +12 volt yaitu setelah diukur ternyata 30 volt DC yang seharusnya normal tanpa beban sekitar 16 volt dc.

Tegangan normal vcc +12V, jika diukur tanpa beban akan terukur 30 volt apabila diukur dari pin hitam diletakan di  vee-12 volt negative bukan ground. Nah +12 v ini diukur pin hitam diletakkan di ground namun ternyata pada bagian positif sudah terukur 30 volt. Maka Apabila diukur pin hitam tester di letakkan di -12 volt ini akan menjadi tegangan 45 volt.

Pantas saja jika terjadi kerusakan ic vertikal jebol meski diganti dengan yang paling bagus sekalipun.

Cara memperbaiki TV Polytron slim tegangan ic vertikal over

Menurut pengalaman saya sebelumnya, bahwa tegangan Vcc 12 volt ini mengalami kerusakan disebabkan oleh antara flyback dan tegangan b+ 110 volt. Seperti yang pernah saya katakan di artikel sebelumnya, yang berjudul tv polytron u-slim  ic vertikal jebol terus. jika tegangan pada b+115 volt normal kerusakan disebabkan oleh flyback bermasalah.

Namun kali ini berbeda, faktanya setelah mengganti flyback, ternyata masih sama tegangan vertikal +12 masih over di angka 30 volt dc.

Sudah mengganti beberapa part termasuk dioda dari output 12 volt sudah, bahkan elko juga sudah diganti.

Kemudian setelah itu saya berfikir sambil mencari referensi tegangan ic vertikal over, ternyata tegangan pin +12 volt tersebut berkaitan dengan b+115 volt melalui d803. Jika diurutkan dioda ini bersumber dari tegangan 110 volt setelah melalui dua resistor berukuran 10k dan berkaitan dengan ic micom. Apabila dioda d803 ini dilepas tegangan +12v menjadi normal.

Baca juga: cara memperbaiki tv polytron tegangan ic vertikal hilang
Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over

Jika di analogikan tegangan +12V ini dikondisikan oleh ic micom untuk monitoring kenaikan tegangan b+115 volt. Dan ini masih ada kaitannya dengan sistem protek. namun jika terjadi kerusakan pada bagian dioda 803 ini akan mempengaruhi tegangan +12 akibatnya tegangan yang menuju ic vertikal menjadi over.

Yang terpenting ketika dioda tersebut dibuang tidak dipasang di dalam rangkaian, tegangan +12 volt menjadi normal lagi terukur 16 volt.

Mencoba dirunning tes tegangan ic vertikal tidak over lagi tidak ada gangguan sama sekali bahkan normal. Ini berarti dioda tersebut jika tidak dipasang tidak menjadi masalah besar tentunya. Karena meskipun dioda tersebut diganti dengan yang baru dan ukurannya sama persis, ternyata tegangan malah bermasalah lagi.

Demikian Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over semoga bermanfaat!! Baca juga:Cara mengatasi tv china Tegangan IC Vertikal over

Post by:soldiradem

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tv Polytron Slim Tegangan IC Vertikal Over "