Cara Memperbaiki TV Polytron Tegangan IC Vertikal Hilang

Cara memperbaiki tv polytron tegangan ic vertikal hilang - Untuk mengatasi kerusakan blok vertikal pada TV Polytron, mungkin sangat mudah karena sistem kerjanya mudah dipahami bagi yang biasa menerima servisan TV Polytron. Terlebih lagi, di pasaran, TV Polytron menjadi produk terakhir yang mengeluarkan jenis TV CRT sebelum akhirnya produksi TV CRT dihentikan. Sampai saat ini, TV jenis TV Polytron slim masih mendominasi untuk servisan para teknisi di daerah pedesaan maupun perkotaan.

Terkadang saat memperbaiki TV Polytron, mengalami kerusakan pada bagian vertikal, ada yang langsung protek, kadang juga bisa tidak. Hal ini kemungkinan kecil karena sistem protek di Polytron dirancang sensitif untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada Polytron. Bahkan saat tegangan yang menuju IC MICOM berkurang sedikit, TV bisa protek meskipun vertikal tidak bermasalah. Nah, masalah ini hanya dipicu oleh elko 1 uF 50V yang menuju IC MICOM. Dengan menggantinya langsung bisa teratasi.

Pada kasus lain, saya menemukan sebuah kerusakan TV Polytron, yaitu tegangan IC vertikalnya hilang. Bagaimana cara memperbaikinya? Berikut cara yang saya gunakan:

Tentu, awalnya protek dan tegangan B+ normal ketika TV sebentar menyala, namun tidak menunjukkan layar membuka. Terdengar flyback masih dapat start.

Setelah pengukuran, tegangan pada IC vertikal 0 volt alias hilang. Setelah diurutkan sampai pin kaki dari flyback, tetap tidak ada tegangan.

Untuk memperbaiki kasus kerusakan tegangan hilang pada tv polytron slim adalah sebagai berikut:

Pertama, lepaskan beban dari IC vertikal. Kemudian, ukur tegangan.

Jika tegangan keluar, kemungkinan besar disebabkan oleh kerusakan IC vertikal yang short. IC vertikal short jangan langsung diganti! Ukur dulu tegangan IC vertikalnya. Menurut pengukuran yang sering saya temui, tegangan yang menyuplai IC vertikal rata-rata menggunakan tegangan 17 dan 16 volt meskipun pada tulisan kaki flyback tertulis 12 V. Mungkin 12V yang dimaksud adalah tegangan AC, sedangkan ketika sudah menjadi DC, kemungkinan berubah naik menjadi 16 volt DC atau 17 volt DC. Hal ini juga tergantung situasi karena terkadang 14 dan 15 volt pun TV bisa menyala dengan normal.

komponen supply ic vertikal tv polytron yang perlu dicek


Jika tegangan tidak ada, urutkan sampai di bagian dioda penyearah dan elko filter 470 uF 50V.

Jika dibagian tersebut masih tidak muncul tegangan, coba cek langsung ke pin kaki flyback +12 -12 volt.

Sebelum memutuskan kerusakan terjadi pada flyback, coba ganti elko dan dioda yang bekerja untuk tegangan tersebut. Karena terkadang elko 470 uF bisa short ke ground sehingga tegangan tidak dapat muncul. Di rangkaian suplai vertikal juga terdapat resistor, tepatnya terletak di bagian setelah output pin flyback. Coba juga ukur dan ganti jika perlu karena kadang putus.

Namun jika tv tetap protek, coba saat mengukur tegangan, suntikkan tegangan ke pin protek tv polytron slim dengan tegangan 5 volt. Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah mengukur tegangan setelah penggantian komponen. Namun, hal ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena komponen yang digunakan dalam sistem suplai hanya sedikit.

Cara memperbaiki tegangan ic vertikal yang hilang tv polytron slim

Setelah semua langkah tersebut dilakukan untuk mengatasi masalah hilangnya tegangan vertikal pada TV Polytron Slim, Anda dapat mencoba mengganti flyback. 

Bagi yang tidak memiliki cadangan komponen flyback, Anda bisa menggunakan cara menyuntik tegangan dengan cara melilitkan kabel ke ferrite flyback. Namun, cara ini mungkin berbeda dari TV China karena TV Polytron Slim menggunakan sistem simetris, sehingga Anda membutuhkan dua lilitan yang sama untuk dapat menghasilkan tegangan yang simetris.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar berikut ini.

cara membuat tegangan alternatif tv polytron slim


Jangan lupa untuk memutus jalur yang berasal dari pin kaki out flyback sebelum membuat tegangan buatan. 

Tentu saja, Anda harus menggunakan alat ukur untuk mendapatkan tegangan yang sesuai dengan kebutuhan. Tiga hingga empat lilitan per sisi dapat menghasilkan tegangan yang sesuai dengan tegangan IC vertikal 78141, dan pastikan tidak melebihi 30 volt antara + dan -.

Demikianlah cara memperbaiki TV Polytron yang mengalami hilangnya tegangan IC vertikal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki TV Polytron Tegangan IC Vertikal Hilang "