Polytron u slim ic vertikal jebol terus

polytron uslim standby protek

**soldiradem**Beberapa minggu ini saya sering kedatangan tv polytron u slim 21 inci dengan gejala awal mula protek. Namun kali ini permasalahan polytron u slim tidak berhenti di titik protek saja. masalah ini berlanjut pada kerusakan yang nambah ke bagian lainya, yaitu kerusakan ic vertikal jebol terus meski sudah diganti dengan ic vertikal yang baru dan mahal sekalipun.
 
Menyelidiki kasus kerusakan seperti ini memang sangat menyita banyak waktu, terlebih sudah berkorban satu ic vertikal baru berakhir jebol.

Biasanya kalau mendapat tv polytron protek hanya mengganti elco diblog vertikal saja sudah cling. Namun jika nasip lagi mujur,, ya gini, ternyata protek mengindikasikan bahwa ada kerusakan yang serius.

Penyelidikan pertama saya jika mendapat kerusakan ic vertikal jebol adalah tegangan penyuplai nya.
Polytron u slim ini menggunakan output flyback sebagai sumber tegangan ic vertikal sebesar +12v dan -12V jika diukur dari min dan plus maka akan tercipta tegangan 24 volt.

Namun yang terjadi ialah tv yang saya tangani ini tegangan yang seharusnya 12 volt pada bagian plus mencapai 40 volt.


Sehingga pantas saja jika ic 78141 langsung ancur karena di suplay tegangan 50v diukur dari polaritas plus dan minus, bukan dari ground.

Kemudian saya berinisiatif untuk mengukur tegangan b+ penyuplay flyback. Terukur 150 V DC. Angka yang cukup lumayan fantastis untuk tegangan tv ukuran 21 inc.

** Polytron u slim Ini menggunakan flyback dengan tipe dst 2030 m32 ..dan ic vertikal 78141..**

#Langkah penanganan

Belajar dari pengalaman yang lalu ,mencari penyebab b+115 Volt melonjak. Jika tegangan tidak mencapai dua kali lipat, biasanya terjadi kerusakan pada area blog optocopler.
Pada blog opto kopler saya mencoba mengganti vr pada B+ adjster. Vr ini berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya tegangan b+ .sehingga jika vr tersebut mengalami kerusakan akan terjadi permasalahan pada tegangan b+. 



Prinsip kerja bagian VR (variable resistor ) tersebut kurang lebihnya seperti ini:

‘jika vr di adjust ke kanan maka hambatan akan bertambah sehingga tegangan yang menuju opto kopler akan rendah berakibat pada tegangan b+ naik, begitu sebaliknya jika vr ini di putar ke kiri impedansi akan berkurang sehingga tegangan yang menuju optocopler akan tinggi dan ini akan berakibat pada tegangan b+ turun’

Nah pada polytron u slim ini vr nya berukuran 103 ,kebetulan tidak ada stok vr serupa. Maka saya ganti dengan ukuran 202 mencopot dari chasis tv cina.

Karena tegangan naik berarti hambatan yang menuju optocopler cenderung naik maka vr ini saya adjust ke minimum maka akan menghasilkan sedikit impedansi.

Setelah penggantian Alhasil tegangan pun terukur 110 volt.

Cukup level rendah unyuk seukuran tabung slim 21 inch maka impedansi saya adjust sehingga sampai level tegangan 115 V DC.

Ternyata benar, ketika b+ sudah normal, saya ukur pada tegangan penyuplay ic vertikal cenderung normal yaitu terukur 14 volt sehingga didapati tegangan 28 volt. Cukup aman untuk ic vertikal 78141.

Pemasangan ic vertikal baru pun saya lakukan. karena kali ini saya yakin bahwa ic vertikal akan aman di tegangan 28 volt.

Tes memberanikan diri untuk berkorban satu ic, .TV menyala normal beberapa menit sambil berharap ic vertikal tidak jebol lagi.

Tv saya matikan dan menyentuh heatsing yang ternyata anget saja. Menurut saya panas heatsing penopang ic vertikal ini normal.

Dan berakhirlah sudah penanganan tv polytron u slim ic vertikal jebol terus meski sudah diganti dengan ic baru sekalipun.

#Kesimpulan

Bahwa protek tidak hanya terjadi kerusakan pada elco 1 uf/50V maupun elco yang mendukung ic vertikal saja. Namun terkadang bisa jadi protek tersebut mengindikasikan ada permasalah yang lebih serius pada bagian tegangan. Misalnya pada kasus ini tv diawali protek ternyata disebabkan oleh b + naik 150 volt maka otomatis tegangan out juga akan naik terutama pada bagian penyuplai tegangan ic vertikal naik hingga 50 volt singga pin protek akan mendeteksi adanya permasalahan pada blog vertikal. Pada akhirnya tv akan protek. Dengan mengganti ic baru maka tv bisa normal namun sebentar kemudian ic akan mati jika dipaksakan.

Jika b+ terukur normal namun tegangan penyuplay vertikal tetap naik drastis, maka jalan terakhir mengganti flyback .

‘'selamat berexperimen!'’

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

7 komentar untuk "Polytron u slim ic vertikal jebol terus"

Iwan service 2 Juni 2018 pukul 03.43 Hapus Komentar
Kasusnya masih sprti itu. Smp gnti plybek boss.
Muhlisun TMG 2 Juni 2018 pukul 10.25 Hapus Komentar
cek b+115 volt berapa?
jika lebih dari 115v dc, bisa dicurigai tegangan b+115 pnyebabnya kenaikan tegangan mengakibatkan naiknya tegngan output flyback
eko 23 Juni 2018 pukul 22.09 Hapus Komentar
Klo tegangan 12v dan -12v gk keluar apanya gan?
Unknown 9 Juli 2018 pukul 10.25 Hapus Komentar
Tegangan vertikal 12+ dan -12,dri kaki plybeknya nihil,B+ tegangan masuk. Kira2 penyakitnya di mana gan.?
Doy putra 21 Oktober 2018 pukul 13.42 Hapus Komentar
Sama bos polyrtron u slim semua dh normal b+ normal tp ttp aja ic.p anyk bobol mulu..mohon info bos
Prm 2 November 2018 pukul 00.04 Hapus Komentar
Thank u bos,, moga rezeki lancarr
febby 27 Februari 2019 pukul 09.03 Hapus Komentar
thx ilmux