TV PLYTRON u-slim Tegangan Drop Semua Beban Sudah Dilepas

TV POLYTRON tegangan drop semua. Terukur tegangan b+ 115 volt hanya menujukan di angka 50v meskipun beban sudah dilepas semuanya. Karena semua tegangan drop tentu akan lebih sulit daripada ketika kasusnya beban dilepas tegangan langsung normal. 

Untuk permasalahan ini lebih kompleks, jika tidak salah tebak ini permasalahan pada primer power suplay. Akan tetapi kita coba dinyalakan menggunakan remot atau bisa juga menggunakan switch di panel untuk memastikan bahwa tv tidak keadaan standbay. Karena tegangan yang ditunjukkan mengindikasikan stanby. Jika tidak ada respon ketika dinyalakan berarti memang permasalahan berasal dari primer yang notabene biasanya diakibatkan oleh rangkaian feedback. 

Feedback Power suplai berfungsi untuk mengontrol tegangan dari ic program yang biasanya melalui komponen optocopler. Sinyal Feedback akan mengontrol posisi standbay dengan cara menurunkan seluruh tegangan output kurang lebih ke 50%.  

Pada kasus tertentu ketika Optocopler bermasalah atau tidak berfungsi bisa mengakibatkan tegangan b+ 115 volt melonjak sampai 300 volt sehingga berbahaya. Oleh karena itu protek pada tv polytron kadang juga berperan penting pada bagian ini. Dan jika kasus ini terjadi maka otomatis menujukan gejala pertama kali kerusakan yaitu ada seperti percikan api dari cop flyback dan berakhir matinya transistor horizontal. 

Baca juga : Pin protek tv polytron uslim series 

Nah untuk kali ini kita mengacu pada hal yang sebaliknya. Tegangan drop juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada ic optokopler tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk mengganti optocopler perhatikan pada bagian pendukungnya. 

Jadi agar kita tidak meraba kita coba tampilkan gambar skema power suplai polytron u-slim berikut ini terutama pada bagian kontrol standby. 

sekema power suplay tv polytron u-slim


Jalur Standby yang diterima oleh ic LTV817 ditunjukan pada garis yang berwarna merah. Jalur tersebut menuju pada transistor C1815a. basis transistor tersebut diberikan sinyal oleh ic program.

Ketika posisi standby ic program akan mengirimkan sinyal ke basis agar kolektor dan emitor terhubung jalur kaki nomer 2 optokopler akan terhubung dengan ground. Ketika Kaki nomer 2 optocopler terhubung dengan ground maka tv akan standbay. 

Kemudian  kita coba untuk melepaskan transistor T506 (C1815) tersebut yang berfungsi sebagai saklar yang di kontrol dari ic program. Transistor ini ketika ic control mengirimkan sinyal maka akan mengshortkan kaki optocopler ke ground sehingga terjadi mode standbay. Di sinilah kita melangkah dalam perbaikan tv polytron uslim tegangan drop semua. 

Baca juga : cara memperbaiki tv polytron mati hidup sendiri

Untuk memastikan permasalahan terjadi kerusakan pada jalur tersebut,  kita melakukan pemaksaan on dengan cara melepaskan transistor T506. Jika tegangan kembali normal maka bisa dipastikan bahwa bisa jadi kerusakan hanya disebabkan oleh transistor T506. Tetapi jika yang terjadi tegangan masih drop, kita bisa telusuri pada bagian ic ka431. Coba ganti pada bagian ic tersebut. Jika masih drop juga cek resistor r 504/ 4k7. 

Pastikan juga bahwa elko pada bagian jalur output sekunder tidak terjadi kerusakan. Artinya memastikan elko tidak ada yang melembung dan kering sehingga mengakibatkan ic program tidak bekerja dan juga fungsi yang lain tidak normal. 

Jika yang terjadi yang drop (dipaksa on) hanya pada bagian b+ tetapi tegangan lain normal, ketika beban dilepas/dipasang tegangan tetap 50 volt. bisa kemungkinan kerusakan pada elko 160v dan juga dioda pada output b+ mengalami kerusakan.

Demikian  TV PLYTRON u-slim Tegangan Drop Semua Beban Sudah Dilepas semoga bermanfaat!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "TV PLYTRON u-slim Tegangan Drop Semua Beban Sudah Dilepas"