Cara Mengatasi TV Cina Tegangan IC Vertikal Naik

Jika terjadi teganganpada tv cina Suplay ic vertikal naik melebihi 30 volt akan mengakibatkan ic vertikal jebol terus. Dalam kasus kerusakan semacam ini tentu pada tv cina berbeda dengan pembahasan kemarin tentang mengatasi tv polytron tegangan ic vertikal over.

Pada tv cina tegangan vertikal yang digunakan tidak sistem simetris hanya catu daya tunggal yang berasal dari output power suplay, sedangkan tegangan ic vertikal pada tv poloytron menggunakan tegangan dari out flyback.

Biasanya tegangan ic vertikal naik pada tv cina terjadi ketika tegangan b+ 115 volt terukur normal namun hanya terjadi pada tegangan 27 volt sebagai penyuplay ic vertikal saja yang naik, sehingga untuk menurunkan tegangan vertikal ini kadang mengalami kesulitan.

Dari kerusakan sebelumnya vertikal naik terjadi jika yang lain ikut over juga, jika yang terjadi hanya vertikal saja maka utnuk menurunkan tegangan vertikal yang naik sedikit rumit, jika tidak menemukan jalan keluar kita harus membuat satu tegangan alternatif untuk suplai ic vertikal.

Dari mana tegangan alternatif tersebut? Sekaran  kita akan membahas pada artikel kali ini .

Perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuat tegangan alternatif ada beberapa hal yang meski dipahami

1. Pastikan tegangan yang lain normal.
2. Ketika memutuskan untuk membuat tegangan alternatif, anda harus memutuskan resistor pembatas/fuse yang menuju ic vertikal. biasanya berukuran 0,5- 1 ohm jika tidak ada resistor fuse biasanya menggunakan jumper. Namun bukan berarti mematikan tegangan tersebut karena tegangan tersebut harus menyuplay area lain yaitu driver horizsontal. Anda hanya cukup mengambil pada bagian resistor pembatas/fuse tersebut.

Alat dan bahan yang digunakan yaitu
  • Elco 1000uf35 volt/50volt/.
  • Seutas kabel 50 cm dan.
  • Dioda.

Cara kerja:

Lilitkan kabel dari ground ke farrit pada flyback serah jarum jam. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambar berikut ini .
Cara Mengatasi TV Cina Tegangan IC Vertikal Naik


Untuk jumlah lilitan sekitar 6-7 lilitan nanti sebelum disambung ke ic vertikal, lebih baik dicek kemudian baru setelah tegangan sesui mendekati 27 volt bisa langsung dipasang. Jika tegangan terlalu besar kurangi jumlah lilitan begitu sebaliknya.

Penggunaan cara ini adalah hanyalah pilihan setelah memang tidak dapat menemukan penyebab tv cina tegangan vcc ic vertikal naik atau over.

Demikian semoga bermanfaat!!!




0 Response to "Cara Mengatasi TV Cina Tegangan IC Vertikal Naik "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel