Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tegangan Normal IC Vertikal TV POLYTRON Slim

Soldiradem Blog - Kali ini saya sedikit memilki catatan untuk masalah tegangan pada ic vertikal TV POLYTRON slim. ya mungkin hanya untuk mengingat bahwa tegangan ic vertikal pada jenis tv slim terutama TV POLYTRON memilki tegangan dual power. Atau sering kita kenal dengan sistem simetris menggunakan curent +, 0, -.

Apabila tegangan sumber mengalami drop biasanya layar tv akan mengalami masalah seperti; layar hanya terlihat garis horizontal, layar tidak penuh, layar hanya terlihat setengah, hal paling umum gejala ini diawali dengan protek terutama tv keluaran anyar polytron u-slim.

Dari waktu ke waktu menangani TV POLYTRON hal tentang ic vertikal selalu menjadi daftar artikel yang sering saya tulis. Karena memang setiap kali menemui TV POLYTRON U-Slim disebabkan oleh area vertikal.

Menurut pengukuran yang sering saya temui tegangan yang menyuplai ic vertikal rata-rata menggunakan tegangan 17 dan 16 volt meskipun pada tulisan kaki flyback tertulis 12 v. Mungkin 12v yang dimaksud adalah tegangan AC, sedangkan ketika sudah menjadi DC kemungkinan berubah naik menjadi 16 volt DC atau 17 volt DC. Hal ini juga tergantung situasi karena terkadang 14 dan 15 volt pun tv bisa menyala dengan normal.

Tegangan Normal IC Vertikal Polytron Slim

Jika anda masih dalam tahap belajar, maka ketika mengukur tegangan simetris jangan salah. Mungkin tegangan vertikal disangka naik, ternyata pengukurannya menggunakan curent + dan -, bukan diukur dari masing-masing tegangan, yang mana kita harus mengukur dari ground bukan -. Jika diukur dari + ke - maka hasilnya akan melonjak sampai 35 volt.

Ada beberapa masalah yang sering saya temui di tegangan ic vertikal ini yaitu tegangan 0 volt alias drop. Penyebabnya biasanya berasal dari resistor fuse 1 ohm yang terletak dioda penyearah tegangan ic vertikal. Jika resistor tersebut putus biasanya ada indikasi bahwa ada kerusakan pada bagian ic vertikal. Namun hal ini juga belum tentu karena pada beberapa kasus kerusakan semacam ini bisa disebabkan oleh resistor itu sendiri yang error.

Masih seputaran sumber tegangan ic vertikal, ada beberapa kasus tegangan drop diukur resistor normal dan dioda normal namun tegangan masih drop. Tanda yang sering ditemui dari kerusakan ini adalah tv polytron layar gelap nampak hanya gambar pelangi. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh dioda penyerah 12 v tersebut. Meskipun diukur menggunakan ohm meter tidak menunjukan kebocoran, namun ketika bekerja dengan arus maka dioda ini sering error. entah itu bagian penyearah - atau penyerah +.

Jika elko yang bekerja untuk jalur tegangan ic vertikal juga kering biasanya tegangan akan drop terlepas dari tegangan drop 0 volt karena biasanya jika elko kering dropnya tidak begit signifikan, namun mampu untuk membuat tv bekerja secara tidak normal. Misalnya protek ataupun gambar menyempit.

Tegangan ic vertikal drop dan tidak ada sama sekali juga bisa disebabkan oleh ic vertikal yang short. Untuk memastikan hal ini bisa melihat body ic vertikal apakah terlihat retak atau sedikit ada gosong, jika tidak ada tanda, maka copot ic vertikal terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tegangan sumber normal. Namun jika ic sudah dicopot namun tidak ada tegangan, bisa jadi terjadi kerusakan pada sumber tegangan yaitu flyback. Untuk berkaitan dengan flyback biasanya jika 0 volt berarti flyback belum bekerja. atau b+ 115 volt tidak ada. Ini lebih kompleks lagi permasalahanya karena harus mengecek tegangan sumber flyback, bisa jadi kerusakan terjadi pada area horizontal.

Baca juga: Persamaan Flyback tv polytron

Untuk masalah ini bisa saya bahas di lain waktu atau mungkin saya pernah menuliskan di artikel artikel sebelumnya, karena setiap kali ada kerusakan saya pasti mencatatnya.

www.soldiradem.com

Demikian semoga bermanfaat!!