Penyebab TV CRT Layar Bergambar Pelangi

CARA MEMEPRBAIKI TV gambar PELANGI

Soldiradem blog -  Tv dengan kerusakan layar gambar pelangi sangat sering kita jumpai. Tentu gangguan warna pelangi tersebut sangat mengganggu warna asli yang dihasilkan oleh gambar jika tidak dihilangkan. Warna asli yang dihasilkan oleh layar akan berubah apabila ketika blue screen, terlihat gambar pelangi di pojok layar tv. Maka dari itu perlu di perbaiki.

Kerusakan layar tv warna pelangi biasanya dikaitkan dengan terkena magnet. Anggapan ini memang benar. Karena tabung crt sangat sensitive terhadap medan magnet. Jika terkena medan magnet, tv akan mengalami pergeseran phosphor yang tidak normal sehingga ada warna pengganggu terdapat warna merah hija dan biru di pojok layar tv..

Namun jika di sekitaran tv tidak ada medan magnet lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan warna pelangi? nah inilah yang akan kita bahas.

Dalam masalah tv gangguan layar pelangi dibagi menjadi beberapa penyebab diantaranya:

1.    Terkena gangguan magnet dari luar

2.    Dan disebabkan karena ada keruskan komponen pada sistem pengendali magnet atu sering kita kenal dengan rangkaian dgaussing.

Kedua penyebab tersebut sangat berkaitan erat.

Sebenarnya saya pernah menulis artikel terkait dengan topik layar berwarna pelangi, yang terjadi pada tv polytron. Namun kerusakan pada tv tersebut terjadi karena ada kerusakan pada vertikal tv sehingga tv polytron hanya Nampak gelap layar pelangi……….lanjut

Kali ini kita akan bahas mengenai cara menghilangkan tv gangguan gambar pelangi menyala normal.

1.    TV gambar pelangi Terkena magnet dari luar

Kerusakan ini biasanya terjadi akibat disekitaran tv terdapat speaker aktif atau perangkat yang menggunakan magnet. Sehingga menarik structure phosphor warna yang terdapat pada crt.

Sebenarnya jika ini yang terjadi cara menghilangkanya Yaitu dengan cara menjauhkan tv dari medan magnet dengan kata lain yaitu memindah speaker jauh dari tv.

Jika sudah, sekarang matikan tv standby kemudian nyalakan. Jika rangkaian tidak mengalami kerusakan maka pengaruh medan magnet tadi akan hilang secara perlahan.

Namun jika terjadi kerusakan pada mesin tv bagian dalam biasanya ini akan susah hilang.

Salah satu jalan yaitu dengan mengemblikan structure phosphor denga cara menggunakan magnet dengan cara ditarik maupun di jauhkan sampai structure phosphor menjadi hilang. Jika tidak teratasi kita melangkah ke bagian berikutnya.

2.    TV Gangguan warna pelangi Kerusakan pada rangkaian degaussing/gosing

Lilitan degaussing menempel pada body crt yang biasanya ditandai dengan melingkar seperti kabel yang dibungkus solasi. Kerusakan pada ptc biasanya terjadi pada beberapa merek tv misalnya polytron lg sharp dan sejenisnya keluaran baru/slim.

 Tanda kerusakan dari rangkaian degaussing adalah ketika tv dinyalakan Nampak layar berwarna pelangi padahal disekitaran tidak ada perangkat magnet. Jika rangkaian degaussing normal hal tersebut perlahan akan hilang. Namun jika rangkaian tidak hilang maka rangkaian degaussing tersebut tidak normal atau rangkaian memang benar tidak bekerja.


Cara menghilangkan warna pelangi pada tv disebabkan karena rangkaian gosing tidak bekerja.


Perlu anda ketahui bahwa pada saat rangkaian degaussing tidak bekerja tv diletakan diatas Tanah secara langsung akan mengakibatkan layar berwarna pelangi. Hal ini saya buktikan pada beberapa tv slim terutama tv polytron.

Degaussing tidak bekerja ada dua kemungkinan yaitu ptc rusak dan degaussing putus.

•    Pertama cek degaussing

Harus menyambung antara ujung dengan ujung dan memiliki hambatan. Jika tidak menyambung ketika diets maka kemungkinan lilitan degaussing putus

•    Kedua cek ptc. Pada ptc

PTC yang normal biasanya memiliki impedance sekitar 18-ohm atau tergantung tip yang digunakan. Namun jika ptc tidak ada respond ketika dicek menggunakan multi ohm maka bisa jadi ptc menjadi penyebab kerusakan. Ptc rusak juga ditandai dengan short misalnya pada saat tv dinyalakan mcb langsung anjlok. Ini akan timbul ledakan pada komponen ptc.
Baca Juga: Cara Mneganti PTC 3 pin  menggunakan 2 pin 

Cerita pengalaman pada tv china memiliki permasalahan gambar layar pelangi 

Suatu hari saya mendapat job mengganti mesin china pad sebuah tabung bekas monitor komputer. Ternyata crt tersebut terjadi kerusakan pada defleksi yoke. Saya iseng mengganti yoke dengan yoke tv biasa berukuran sama namun memiliki impedance yang berbeda.

Hal ini ternyata tidak berhasil karena gambar yang dihasilkan malah berwarna warni yang campur aduk tidak karuan. Dari sini kita dapat mengambil hikmah /pelajaran bahwa defleksi yoke juga menjadi salah satu penyebab layar tv bergambar pelangi.

Kesimpulan

Dalam kasus kerusakan gangguan warna pelangi di bagian pojok layar tv, paling sering terjadi pada tv crt mengalami gangguan warna dari magnet jika tidak hilang disebabkan oleh PTC pada TV  mengalmi short. tandanya jika tv dihidupkan pertama kali akan nampak loncatan bunga api pada posistor.

Kemudian selain penyebab dari faktor gangguan magnet dan juga kerusakan pada sistem dgausing, ada kemungkinan lain yaitu keruskan pada tabung crt. Tabung crt memiliki elemen phospor yang bisa berubah ubah jika elemen elemen phosdpor mengalami kerusakan akan mengakibatkan gangguna layar pelangi.

Kerusakan CRT ditandai jika dgausing dalam keadaan normal dan tidak ada magnet yang menggangu di sekitar tabung CRT. Kemudian tanda paling parah ialah seluruh permukaan layar terdapat belang merah, hijau, biru, secara kesluruhan.

Ini bukanlah panduan, namun hanya shering saja semoga bisa menjadi refrensi untuk kita dapat memperbaiki tv dengan kerusakan layar bergambar pelangi. Sampai sini dulu mungkin bila ada pertanyaan Silahkan postkan komentar.
BACA JUGA ; cara menangani crt blur

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Penyebab TV CRT Layar Bergambar Pelangi"