Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengganti PTC 3 Pin dengan 2 Pin TV CRT

Cara Mengganti PTC 3 pin dengan 2 pin pada tv - Kali ini saya sedikit berbagi pengalaman mengenai masalah pada tv mengalami layaar nampak gambar pelangi. Pada khususnya terjadi pada tv polytron u-slim series. yang mana pada beberapa kesempatan saya sering menemui kerusakan pada komponen berupa ptc.

Apa itu PTC? PTC adalah singkatan dari Positif Temperatur Coefisien , dalam kerjanya PTC akan mempunyai nilai hambatan yang besar jika suhu mengalmia peningkatan.

PTC merupakan komponen pada tv yang bekerja dengan sistem dgausing untuk melindungi tv dari medan magnet yang mempengaruhi layar crt. nah!, ptc ini berfungsi sebagai penghantar arus ke lilitan dgausing. jika ptc mengalami kerusakan, maka dgausing tidak akana bekerja sehingga berakibat pada layar crt bergambar pelangi.

Pada tv polytron u-slim biasanya sering terjadi kerusakan dengan gejala komponen ptc terbakar. Ketika TV dihidupkan, komponen  ptc mengeluarkan bercak api. jika dibongkar terdapat bekas terbakar. PTC polytron menggunakan 3 kaki, sedangakan stok hanya menggunakan 2 kaki. kemudian saya berkseperimen menggunakan 2 kaki.

Bagaimana hasilnya?

Tara.... berhasil

Jika menggunakan dua pin berarti pada pcb ada alah satu titk kosong pada bagian ptc. Yaitu pada bagian yang terhubung dengan jalur 3 . Untuk lebih jelasnya saya gambarkan sebagai berikut:
ptc 2 pin dan tiga pin

pada jalur power suplay

Jadi, untuk mengganti ptc tiga kaki dengan dua kaki salah satu lubang pcb ada yang kosong yaitu jika di gambar dia atas pada bagian no 3 itu yang tidak di hubungkan.

Demikian sedikit berbagi semoga bermanfaat!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

3 komentar untuk "Cara Mengganti PTC 3 Pin dengan 2 Pin TV CRT"

lubis 15 November 2018 pukul 08.32 Hapus Komentar
mantap
lubis 15 November 2018 pukul 08.32 Hapus Komentar
mantap
erik 14 Desember 2018 pukul 00.02 Hapus Komentar
jika ptc 3 kaki nya dibikin 2 kaki gmna ya bang... bukan diganti baru