Televisi Tampak Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal


SOLDIRADEM BLOG - Cara servis TV satu garis horizontal.
Salam jumpa ,dengan soldiradem blog. Kali ini membahas tentang TV dengan kerusakan, gejala terlihat di layar hanya saru garis horizontal saja. Sekedar shere saja. Mungkin bisa menjadikan petunjuk buat Anda yang sedang mengalami permasalahan ini.
* Perlu anda ketahui bahwa kerusakan ini disebabkan karena blog vertikal yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.!*
Jadi jangan salah paham dulu mengenai permasalahan ini. Jadi bergaris horizontal bukan berarti  blog horizontal yang bermasalah. Ingat ya , jangan salah.

 Lalu mengapa begitu? Karena garis tersebut tidak membuka ke arah bawah dan ke arah atas.

Yang sering terjadi pada kasus vertikal tidak bekerja biasanya disebabkan oleh penguat vertikal /output vertikal dan kumparan devleksi yoke. Hal ini terbukti sering terjadi pada kasus-kasus masalah blog vertikal yang lainya.

Jika tidak terbukti oleh komponen pendukung bisa juga bisa divonis menuju IC vertikal. Tetapi jangan gegabah memvonis sebelum meneliti lebih lanjut. Karena bisa juga Voltase yang menyuplay blog vertikal tidak sesuai dengan standar normal.

Langkah yang di ambil pada kerusakan dengan gejala layar nampak hanya garis arah horizontal.

1. Memastikan Voltase penyuplay blog vertikal.
2. Memeriksa  seluruh kesehatan komponen pendukung blog vertikal.
3. Cek yoke short/putus
4. Memfonis IC vertikal

Itu merupakan langkah yang di ambil.  Setelah saya beri tahu langkahnya kita menuju ke praktek.

Televisi Tampak Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

1. Persiapkan multitester ke fungsi Volt DC

 Carilah jalur dari arah ac matic yang menuju IC vertikal. Apakah masih standar normal. Jika Volt menunjukan drop maka permasalahan bisa di prediksi 2 hal;

  • IC short, ini biasanya di tandai dengan getaran atau bunyi di bagian trafo AC-Matic.
  • Tegangan memang bermasalah. Ini sering di sebabkan lilitan yang terletak sebelum dioda ,dan bentuknya mirip seperti dioda terjadi kerusakan putus atau short.


2. Cek komponen pendukung

Terutama elco dan dioda yang terletak di area blog vertikal. Elektrolite condensator sering terjadi short atau kering, nilai capasitas filternya semakin berkurang.

Dioda hubunganya dengan Voltase, sehingga dioda yang terletak di area vertikal biasanya terhubung dengan kaki B+ vertikal.

Ada suatu kejadian waktu itu saya menemui kerusakan kalau gak salah waktu itu TV wicom ;_

Awalnya TV ini normal tetapi setelah panas layar langsung menyempit hanya sati garis arah horizontal. Awalnya saya mengecek semua komponen,tapi normal semua. Lalu saya pun mencurigai sebuah dioda 1 Ampere .Setelah saya ganti dioda satu Ampere yang terletak di tengah ic vertikal langsung normal meskipun sudah panas.

Memang kerusakan komponen tidak pernah pasti. Terkadang kita kecolongan dengann hal seperti itu. Komponen jika di cek normal tapi setelah di ppasang di sirkuit eror.

3. Cek defleksi yoke yang berfungsi pembelok vertikal

Lilitan yoke yg berfungsi sebagai pembelok berkas cahaya vertikal biasanya yerletak di bagian luar. Biar lebih mudah saya biasanya memilih kabel yoke pada bagian depan. Cara mengeceknya; arahkan multitester pada ohm meter ukuran 1×. Cabut kabel yang menghubungkan blog vertikal dengan defleksi yoke. Arahkan probe merah dan hitam tester pada  lilitan vertikal. Di bolak balik boleh Tidak masalah.

4. IC Vertikal mati

Dan yang terakhir adalah memfonis IC vertikal setelah komponen semua sudah normal dan voltage memang setandar 27 Volt maka coba ganti IC vertikal dengan yang asli atau tipe yang sama sesuai dengan nomer seri atau data site.

Masalah blog vertikal yang tidak bekerja ini terjadi suara normal hanya saja layarnya bergaris horizontal. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada kekurangan jangan sungkan pembenahanya. Itu sedikit gambaran tentang kasus blog vertikal.

 Solusi Kerusakan ke #2

Gejalanya jelas terlihat satu garis horizontal /mendatar hal ini berarti vertical ampliefier tidak bekerja. Ingat!,bukan blog horizontalnya yang di oprek. Khususnya pemula yang sering salah kaprah mengartikan permasalahan ini.


#Langkah pemeriksaan Gejala layar menyempit  

Amatilah rangkaian pada khususnya pada bagian vertical amplifier ada tanda-tanda komponen terbakar atau putus jalur penguatanya(TV keadaan off).

Hidupkan pesawat TV dan lakukan pengukuran pada bagian  vertikal sampai ke kumparan defleksi. bila penguat vertikal menggunakan rangkaian transistor push-pull ,ukurlah tegangan biasa basis-emitor/Vbe=0,7 vOlt harus ada ,dan biasa tegangan vcc vertikal 24-27volt DC,  bila tidak ada periksa bagian output ragulator yang menyuplai vertikal ataupun sumber entah dari mana VCC berasal misalnya model sharp yang menyuplai vertikal dari tegangan flayback.

Periksa apakah kumparan defleksi verfikal putus,?

Apa lebih parahnya lagi terbakar dan berkarat karena tingkat kelembapan yang tinggi pada penyebab defleksi yoke ganti yang baru biar nggak bolak balik servis karena shorTnya defleksi akan menyebabkan shotnya IC vertikal yang tidak kuat  menahan arus yang berlebih dan akibatnya tiap di ganti ICbaru selalu jebol. 

Bila ada oscilocope ,gunakan untuk mengukur apakah tegangan gigi gergaji pada oscilator vertikal keluar atau tidak ,dan di lanjutkan sampai vertical output ya bro ......!

Sampai di mana hilangnya tegangan gigi gergaji tersebet maka di bagian itulah kita lakukan pengecekkan komponen pendukung  misalnya cpasitor resistor ataupun elco yang kering ini yang sulit di kenali jika tidak teliti.

Terhir jika vcc .,tr,dan komponen pendukung masih normal maka kita wajib mengganti IC vertical.

Kerusakan TV satu garia horizontal merupakan pekerjaan servis membutuhkan ketelitian tingkat tinggi jika ingin hasil yang maksimal dan tidak terulang dengan kerusakan satu garis horizontal yang lebih komplek fleksibel pastikan pengetesan secara jeli.

Sekian duku dari saya tentang kerusakan TV satu garis horizontal.

Biar lebih paham baca juga komponen pendukung tabung agar lebih mudah untuk memahami kerusakan pada layar.

By; soldiradem blog


8 Responses to "Televisi Tampak Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal"

  1. Mantap gan.sangat membantu.tapi saya punya polytron u slim dengan garis vertikal bukan di tngah,tapi sedikit naik ke atas dari tengah layar.ic vertikal sudah di ganti.kira2 apa kerusakanx ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama cek tegangan dari flyback 12v nya
      kedua jika ada tegangan normal coba sentuh paada bagian input ic vertikal
      jika tidak ada respon berarti pemasalahan terletak pada komponen pasif misalnya elco dan resistor pendukung ic vertikal

      jika ada respon namun layar tidak membuak kemungkinan permasalahan dari ic utama/jungle.

      ini sebagai refrensi saja ketelitian agan di uji!

      Delete
    2. apanya ternyata kang? saya juga punya gejala sama persis? trmksih

      Delete
  2. mantap gan
    saya mau nanya..tv saya bergaris seperti itu juga..
    tapi hanya ketika jolokan ny di cabut'kalau gk hitam aja dia gan
    mohon bantuan nya gan

    ReplyDelete
  3. Enter your comment...gan sya punya tv digitec lama kerusakanya garis tengah pada layar, kadang garisnya agak besar separo layar itu kerusakanya di bagian apa ya gan

    ReplyDelete
  4. mau nanyak,. tv tabung saya gan garis vertikal kemudian di saat di otak atik kabelnya terkadang hidup dan mati dan trus seperti itu. permasalahannya dari apa yah bang. siapa tau ada kontak WA, minta bantuannya donk bang

    ReplyDelete
  5. Saya punya masalah tivi uslim politron bergaris datar dan lampu indikator berkedip jika steker colokan di cabut.. Kira kira apanya ya

    ReplyDelete
  6. Saya punya tv polytron slim layarnya hanya strip doang sama..kira2 apnya y bang..?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel