Widget HTML #1

Servis TV Layar Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

tv Tampak Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal
Cara servis TV satu garis horizontal

Salam jumpa ,dengan soldiradem blog. Kali ini membahas tentang TV dengan kerusakan, gejala terlihat di layar hanya satu garis horizontal saja. Mungkin bisa dijadikan petunjuk buat Anda yang sedang mengalami permasalahan layar hanya terlihat satu garis tengah melintang. 
* Perlu anda ketahui bahwa kerusakan ini disebabkan karena blog vertikal yang tidak bekerja .!*
Jadi jangan salah paham dulu mengenai permasalahan ini. Jadi bergaris horizontal bukan berarti blog horizontal yang bermasalah. Ingat ya , jangan salah. atau bisa juga disebut satu garis mendatar agar lebih mudah dipahami. 

Satu garis Horizontal tersebut menunjukan tidak membuka ke arah bawah dan ke arah atas. Atau tidak bekerjanya penguat vertikal untuk membuka layar bagian atas dan bawah.

Kerusakan sering terjadi pada kasus vertikal tidak bekerja biasanya disebabkan oleh penguat vertikal /output vertikal. Hal ini terbukti sering terjadi pada kasus-kasus masalah blog vertikal.

Jika tidak terbukti kerusakan komponen pendukung bisa divonis menuju IC vertikal. Tetapi jangan gegabah memvonis sebelum meneliti lebih lanjut. Karena bisa juga Voltase yang menyuplay blok vertikal tidak sesuai dengan standar normal.

Langkah memperbaiki pada kerusakan dengan gejala layar nampak hanya garis arah horizontal.

1. Mengamati secara visual pada komponen blok vertikal terutama pada kaki ic.
2. Memastikan Voltase penyuplay blog ic vertikal.
3. Memeriksa seluruh kesehatan komponen pendukung blog vertikal.
4. Cek yoke short/putus
5. Memfonis IC vertikal

Cara Memperbaiki TV Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal

1. Persiapkan multitester ke fungsi Volt DC

Carilah jalur dari arah ac matic yang menuju IC vertikal. Apakah masih standar normal (setiap tv memilki standar masing-masing). Jika Volt menunjukan drop maka permasalahan bisa di prediksi 2 hal;
  • IC short, ini biasanya ditandai dengan getaran atau bunyi di bagian trafo AC-Matic.
  • Tegangan memang bermasalah. Ini sering di sebabkan konduktor yang terletak sebelum dioda bagian regulator sekunder/output regulator , bentuknya menyerupai seperti dioda terjadi kerusakan putus atau short.
  • Jika menemukan suplay dari flyback, cek elko pada jalur untuk suplay vertikal.
Tegangan ic vertikal tv berkisar antara 24-27 volt. Terutama untuk tv china, dan sejenisnya. Sedangkan untuk menggunakan simetris tegangan ic vertikal la78141 tv polytron slim -12 ~ -14  dan +12 ~ 15 volt DC jika diukur dari ground. 

Baca juga: tv china menciut saat panas

2. Cek komponen pendukung IC vertikal

Terutama elco dan dioda yang terletak di area blog vertikal. Elektrolite condensator sering terjadi short atau kering, nilai capasitas filternya semakin berkurang.

Dioda hubunganya dengan Voltase, sehingga dioda yang terletak di area vertikal biasanya terhubung dengan kaki B+ vertikal.

Ada suatu kejadian waktu itu saya menemui kerusakan kalau gak salah waktu itu TV wicom ;_

Awalnya TV ini normal tetapi setelah panas layar langsung menyempit hanya sati garis arah horizontal. Awalnya saya mengecek semua komponen,tapi normal semua. Lalu saya pun mencurigai sebuah dioda 1 Ampere .Setelah saya ganti dioda satu Ampere yang terletak di tengah ic vertikal langsung normal meskipun sudah panas.

Memang kerusakan komponen tidak pernah pasti. Terkadang kita kecolongan dengan hal seperti itu. Komponen jika dicek normal tapi setelah dipasang di sirkuit eror.

3. Cek defleksi yoke yang berfungsi pembelok vertikal

Lilitan yoke berfungsi sebagai pembelok berkas cahaya vertikal biasanya terletak di bagian luar. Biar lebih mudah saya biasanya memilih kabel yoke pada bagian depan. Cara mengeceknya; arahkan multitester pada ohm meter ukuran 1×. Cabut kabel yang menghubungkan blog vertikal dengan defleksi yoke. Arahkan probe merah dan hitam tester pada lilitan vertikal. Di bolak balik boleh Tidak masalah.

Krusakan defelksi yoke jarang terjadi jika gejalanya adalah satu garis horizontal. Pasalanya jika kerusakan defleksi yoke bisa dilihat dari tampilan layarnya yang berantakan. Terkecuali kabel yang menghubungkan mesin dan defleksi yoke vertikal terputus maka bisa mengakibatkan tv hanya satu garis mendatar tanpa ada garis-garis tidak beraturan seperti yang ditunjukan ketika defleksi yoke rusak. 

Hal tersebut bisa anda pahami jika mencoba memutus salah satu kawat yoke di bagian atas ataupun bawah. Karena lilitan atas bawah merupakan satu rangkaian paralel lilitan. Sehingga jika salah satu lilitan putus maka yang terjadi disisi lain masih bekerja sehingga menimbulkan garis-garis tidak beraturan.  Itulah indikasi kerusakan defleksi yoke. 

Ada kerusakan defleksi yoke kendor. Gejalanya yaitu layar kadang normal kadang tampilan garis berantakan arah mendatar.  Ketika menunjukan gejala tersebut, akan terdengar suara berderik pada defleksi yoke. Ada suara semacam getaran satu lilitan. 

4. IC Vertikal mati

Dan yang terakhir kasus tv layar hanya garis melintang horizontal adalah memfonis IC vertikal setelah komponen semua sudah normal dan voltage memang setandar 27 Volt maka coba ganti IC vertikal dengan yang asli atau tipe yang sama sesuai dengan nomer seri atau data site.

Masalah blog vertikal yang tidak bekerja ini terjadi suara normal hanya saja layarnya bergaris horizontal. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan.

Solusi Kerusakan vertikal tv ke #2

Gejalanya jelas terlihat satu garis horizontal /mendatar hal ini berarti vertical ampliefier tidak bekerja. Ingat!,bukan blog horizontalnya yang di oprek. Khususnya pemula yang sering salah kaprah mengartikan permasalahan ini.

#Langkah pemeriksaan Gejala layar menyempit  

Amatilah rangkaian pada khususnya pada bagian vertical amplifier ada tanda-tanda komponen terbakar atau putus jalur penguatanya(TV keadaan off).

Hidupkan pesawat TV dan lakukan pengukuran pada bagian vertikal sampai ke kumparan defleksi. bila penguat vertikal menggunakan rangkaian transistor push-pull ,ukurlah tegangan biasa basis-emitor/Vbe=0,7 vOlt harus ada ,dan biasa tegangan vcc vertikal 24-27volt DC,  bila tidak ada periksa bagian output ragulator yang menyuplai vertikal ataupun sumber entah dari mana VCC berasal misalnya model sharp yang menyuplai vertikal dari tegangan flayback.

Bila ada oscilocope ,gunakan untuk mengukur apakah tegangan gigi gergaji pada oscilator vertikal keluar atau tidak ,dan dilanjutkan sampai vertical output ya bro ......!

Sampai di mana hilangnya tegangan gigi gergaji tersebet maka di bagian itulah kita lakukan pengecekkan komponen pendukung  misalnya cpasitor resistor ataupun elco yang kering ini yang sulit di kenali jika tidak teliti.

Terkhir jika vcc .,tr,dan komponen pendukung masih normal maka kita wajib mengganti IC vertical.

Kerusakan TV satu garia horizontal merupakan pekerjaan servis membutuhkan ketelitian tingkat tinggi jika ingin hasil yang maksimal dan tidak terulang dengan kerusakan satu garis horizontal yang lebih komplek fleksibel pastikan pengetesan secara jeli.

Sekian dulu dari saya tentang kerusakan TV satu garis horizontal.

Biar lebih paham baca juga komponen pendukung tabung agar lebih mudah untuk memahami kerusakan pada layar.

Kerusakan tv polytron bagian vertikal 

By; soldiradem blog

Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

8 komentar untuk "Servis TV Layar Gelap Hanya Terlihat Satu Garis Horizontal"

Muslihin lihin 4 Juni 2018 pukul 11.41 Hapus Komentar
Mantap gan.sangat membantu.tapi saya punya polytron u slim dengan garis vertikal bukan di tngah,tapi sedikit naik ke atas dari tengah layar.ic vertikal sudah di ganti.kira2 apa kerusakanx ya gan?
Muhlisun TMG 4 Juni 2018 pukul 21.35 Hapus Komentar
pertama cek tegangan dari flyback 12v nya
kedua jika ada tegangan normal coba sentuh paada bagian input ic vertikal
jika tidak ada respon berarti pemasalahan terletak pada komponen pasif misalnya elco dan resistor pendukung ic vertikal

jika ada respon namun layar tidak membuak kemungkinan permasalahan dari ic utama/jungle.

ini sebagai refrensi saja ketelitian agan di uji!
Unknown 7 Juni 2018 pukul 22.01 Hapus Komentar
apanya ternyata kang? saya juga punya gejala sama persis? trmksih
Unknown 5 Agustus 2018 pukul 15.51 Hapus Komentar
mantap gan
saya mau nanya..tv saya bergaris seperti itu juga..
tapi hanya ketika jolokan ny di cabut'kalau gk hitam aja dia gan
mohon bantuan nya gan
Anonim 17 Agustus 2018 pukul 17.11 Hapus Komentar
Enter your comment...gan sya punya tv digitec lama kerusakanya garis tengah pada layar, kadang garisnya agak besar separo layar itu kerusakanya di bagian apa ya gan
Unknown 8 September 2018 pukul 21.24 Hapus Komentar
mau nanyak,. tv tabung saya gan garis vertikal kemudian di saat di otak atik kabelnya terkadang hidup dan mati dan trus seperti itu. permasalahannya dari apa yah bang. siapa tau ada kontak WA, minta bantuannya donk bang
Unknown 20 Desember 2018 pukul 00.28 Hapus Komentar
Saya punya masalah tivi uslim politron bergaris datar dan lampu indikator berkedip jika steker colokan di cabut.. Kira kira apanya ya
Unknown 3 Maret 2019 pukul 13.03 Hapus Komentar
Saya punya tv polytron slim layarnya hanya strip doang sama..kira2 apnya y bang..?