Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas

satu garis horizontal
Tv layar vertikal menciut saat sudah panas- Ini merupakan sebuah kerusakan yang cukup membingungkan, karena ini terjadi pada waktu tertentu saja atau pada saat tv sudah panas tv menjadi gelap satu garis horisontal. Ketika tv dimatikan beberapa saat kemudian dinyalakan lagi tv normal kembali. Dan ketika sudah panas begitu lagi. kerusakan ini sering kali dialami oleh tv chhina dan sejenisnya.

Dulu mendapati kerusakan seperti ini tidak kelar dalam satu hari. Karena setiap ganti komponen kita harus tes lagi. Inilah yang membuat waktu Pengerjaan yang lumayan lama. dari pengalaman itulah saya akan menuliskan apa saja yang saya lakukan hingga masalah ini selesai.

Awalnya saya menduga ini hanyalah masalah solderan yang kendor saja. Namun ketika disoldering ulang ternyata masih rusak.

Penggantian komponen Pertama saya mengganti seluruh elco yang ada di are blog vertikal. Hasilnya masih tetap sama ketika panas gambar menjadi ciut.

Kedua mengganti ic vetikal , hasilnya masih sama. tv gelap hanya terlihatsatu garis horisontal

Ketiga, mengganti beberapa resistor yang ada pada vertikal output, hasilnya masih sama.

Keempat. Saya bertanya kepada beberapa rekan yang kebetulan sudah berpengalaman mengatasi tv seperti ini. Kata teman saya tersebut ia juga pernah mengalami hal tersebut. Masalah tersebut disebabkan oleh dioda 1 a dengan kondisi setengah mati.

Dioda tersebut terletak di blok vertikal tehubung langsung dengan kaki ic vertikal. Meski terlihat normal saat diukur menggunakan ohm meter, ternyata dioda tersebut mengalami kerusakan setengah mati. Sehingga ketika sudah bekerja beberapa saat dioda tersebut rusak. 

Setelah penggantian dioda tersebut layar tv tidak menciut lagi ketika panas.

Mohon maaf tidak sempat foto pada dioda yang dimaksud karena keterbatasan waktu saya saat melakukan servis panggilan di rumah user. Tapi yang jelas dioda tersebut letaknya jelas pada blog ic vertikal, karena dalam blog tersebut hanya terdapat satu dioda saja.  

Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas Semoga bermanfaat!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas"

Azis saifudinazis0gmail.com 9 Desember 2018 pukul 17.11 Hapus Komentar
Akan ku coba gan ,,, makasih