Cara Mengatasi Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah

Penyebab tv layar menyempit atas bawah

Kerusakan tv paling sering terjadi pada semua merek seperti polytron, china, lg, sharp,samsung,  yaitu layar tidak penuh pada bagian atas maupun pada bagian bawah. Namun pada beberapa merek menggunakan komponen yang berbeda pada bagian ic vertikal yang berbeda. Yang paling sering ditemui ic vertikal yang digunakan ialah ic vertikal 78141 pada tv polytron dan china.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kedua merek tv ini. Hal ini juga berlaku pada merek tv yang menggunakan komponen serupa. 

Untuk mengetahui lebih lanjut menangani kerusakan layar tv kurang penuh atas bawah lebih baik kita ketahui terlebih dahulu pada bagian penyebab kerusakan. Hal ini penting untuk diketahui karena pada inti perbaikan elektronik adalah penyebabnya, kemudian baru bisa memperbaiki.

Selain itu ketika menemui kerusakan pada tv degan gejala lain akan lebih mudah jika mengetahui gejala kerusakan dari awal normal kemudian bisa terjadi pada kerusakan. Misalnya dengan cara menanyakan kepada pengguna tv atau bisa bertanya apa keluhan pada pengguna tv.  

Penyebab kerusakan tv layar tidak penuh

Layar kurang penuh atas bawah disebabkan oleh kerusakan pada blog vertikal. Itu artinya, Pada pembuka arah atas dan bawah tidak dapat bekerja normal. Hal ini penting diketahui bagi pemula yang belum paham tentang prinsip kerja pada sistem tampilan;

Ketika terjadi kerusakan tidak membuka pada bagian layar atas dan bawah disebabkan oleh kerusakan blok vertikal. 

Sedangkan ketika tidak membuka ke samping kiri dan kanan disebabkan oleh blog horizontal tidak normal. 

Kerusakan dasar pada tv dengan kurasakan kurang pada bagian bawah atau atas disebabkan oleh output dari ic vertikal kurang yang disebabkan bagian input drop entah itu sinyal osilator maupun tegangan penyuplai ic vertikal. Tidak hanya akan berakibat layar tidak penuh namun juga bisa mengakibatkan tv hanya terlihat satu garis melintang arah horizontal. 

Semakin anda memahami gejala awal maka semakin banyak pengetahuan yang akan anda dapatkan ketika menemui kerusakan di lain waktu menjadi lebih cepat dari mana asalnya. 

Untuk lebih jelas tentang kerusakan ini anda harus memahami pola dasar yaitu pemahaman tentang ic vertikal. yaitu tentang tegangan maksimal, tegangan normal dan memahami letak kaki ic agar paham mana yang harus diukur menggunakan multi tester. 

Di bawah ini merupakan letak kaki ic la78141 yang menggunakan sistem dual power pada tv polytron. Sedangkan ketika anda memperbaiki tv china tegangan yang digunakan ialah single power. 

Perbedaan terletak pada sumber tegangan yaitu simetris dan tidak simetris. Tv polytron menggunakan sistem simetris yang berasal dari output flyback, sedangkan tv china menggunakan sistem single berasal dari power suplay utama dengan tegangan sekitar 27 vol DC. 


Cara Mengatasi Layar TV  Kurang Penuh Atas Bawah
ic 78141

Langkah memperbaiki tv kurang penuh atas bawah

Pastikan kaki 2 di input tegangan 27 volt jika drop cek elko yang memfilter tegangan 27 volt elko 1000uf 35 v.

Untuk tv polytron menggunakan sistem simetris sehingga tegangan jika diukur dari ground akan terukur 15 volt. antara tegangan +12 dan -12 v. jika diukur akan terukur 30 volt jika diukur dari - dan +. elko ukuran 470v pada masing masing tegangan 12v letaknya dekat dengan flyback.

Apabila kaki 1 disentuh layar tidak mau membuka kemungkinan masalah pada kerusakan kaki pump up out atau kaki 3 dan 5. biasanya menggunakan elko 470 uf pada tv polytron , tv cina 100uf 35 v, jika diganti dengan kapasitas yang lebih besar bisanya layar akan semakin membesar.

Apabila disentuh masih mau membuka kemungkinan kerusakan disebabkan kurangnya sinyal osilator, pastikan pada jalur tersebut resistor pembatas tidak molor. jika tidak molor kemungkinan ic jungle rusak. ukuran resistor 10 k -15 k(setiap tv berbeda) perhatikan gelang warna resistor.

Sebelum memastikan kerusakan pada ic jungle coba dengan cara menggunakan servis mode. 

Caranya cari sermod pada merek tv yang diperbaiki misalnya polytron servis modenya dengan cara mematikan tv dalam mode standby kemudian pencet menu sampai tv menyala masukkan koda 1013.

Pilih pada vertikal size jika sudah maksimal dan gambar malah aneh kemungkinan bisa juga dengan mengganti elko pump-up dengan ukuran yang lebih besar.

Misalkan anda yang awam sekali dalam memperbaiki mesin tv, opsi membuka sermod bisa menjadi pilihan kedua mengatasi tv kurang penuh atas bawah. misalnya hanya kurang 2-5 cm masih bisa tertolong dengan sermod.

Untuk tv cina lebih mudah jika masih ada remote bawaan. karena di sana telah tersedia sermod tombol paling kecil tersembunyi untuk memencet bisanya butuh lidi khususnya untuk tv wcom.

Namun ini hanya sementara waktu jika kemungkinan kerusakan disebabkan oleh mesin tv maka ini hanya akan bertahan beberapa waktu saja.

Untuk lebih lanjut bisa membaca :Servis tv cina menyempit mendatar

Demikian mengenai Cara Mengatasi Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah semoga bermanfaat.

Publish by :soldiradem.com



Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Layar TV Kurang Penuh Atas Bawah"