Cara Servis Tv Polytron Protek



servis tv polytron protek

SOLDIRADEM BLOG - Cara servis TV polytron protek. Seperti yang kita tahu bahwa beberapa tahun belakangan polytron mengeluarkan produk baru dengan sistim protek. Beberapa Seri televisi keluaran terbaru Seperti u-slim series, mx series ,sudah di lengkapi dengan sisitim keamanan/protek.

Protek TV merupakan sistimatis bertujuan sebagai pengaman apabila terjadi kerusakan atau arus pendek pada sirkuit suatu mesin elektronik. Tetapi dalam kasus kerusakan sering terjadi kesalahan proteksi, sehingga meresahkan pengguna TV.

Penyebab protek pada TV polytron di bagi menjadi dua macam:

1. Protek Karena Short Sirkuit

Secara sistimatis protek bisa terjadi biasanya karena ada salah satu tegangan, komponen bermasalah.  Tidak tertutup kemungkinan hal ini bisa terjadi karena komponen yang di gunakan terkadang Tidak menjamin keawetanya. Jika terjadi Short sirkuit maka si fuse akan putus. Di dalam TV polytron fuse protek ditaruh pada elco kecil berukuran 1uf/50v.

2. Protek Karena Fuse 

Penyebab protek yang ke dua pada TV politron yaitu di sebabkan karena kualitas fuse yang di gunakan terlalu rendah ,sehingga akan mengalami ketidak mampuan terhadap stabilitas tegangan pada saat TV dihidupkan.

Cara mengatasi protek karena fuse elko;

Ganti semua elco berukuran 1uf yang berada di dekat IC vertikal lalu lakukan eksprimen.
Berbicara eksperimen adalah kebiasaan yang di lakukan oleh kita sebagai tukang servis. 

Untuk Solusi dari permasalahan ini saya melakukan eksperimen dengan melakukan penggantian fuse pada elco 1uf  fuse protek terlebih dahulu.

Setelah penggantian tersebut saya melakukan uji ketahanan dengan cara menyalakan TV dan menunggu seberapa lama TV bisa hidup. Ada dua kemungkinan:
"
1. TVbeberapa menit langsung protek lagi.
2. TV kuat selamanya.

Ketika menemui Setelah penggantian elco fuse 1uf mati lagi coba ganti dengan elco yang berkualitas atau bisa juga ganti dengan elco 10uf/50V.

Apabila Setelah dicoba terjadi protek lagi maka periksa, amati hal yang mencurigakan sperti tegangan penyuplay IC Croma jalur 5 Volt,dan  komponen terutama elco yang bertugas sebagai pemfilter penyetabil tegangan dari out blog AC-Matic.

Sebenarnya masih banyak lagi ulasan madalah TV Polytron protek tapi saya belum tau permasalahan yang selanjutnya. Bila ada pertanyaan bisa di postkan di komentar.

Mari belajar bersama!.☎

0 Response to "Cara Servis Tv Polytron Protek"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel