Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Servis TV Polytron Protek u-slim series, mx series, minimax

Cara servis TV Polytron protek - Seperti yang kita tahu bahwa beberapa tahun belakangan Polytron mengeluarkan produk baru dengan sistem protek. Beberapa Seri televisi keluaran terbaru Seperti u-slim series, mx series, minimax, atau seri polytron sudah di lengkapi dengan sistem keamanan/protek.

Protek TV merupakan sistem bertujuan sebagai pengaman apabila terjadi kerusakan atau arus pendek pada sirkuit suatu mesin elektronik. Tetapi dalam kasus tertentu kerusakan sering terjadi kesalahan proteksi, sehingga mengakibatkan TV nyala sebentar kemudian mati lagi lampu power menyala. Tapi tidak ada masalah pada bagian vertikal. Atau berkaitan dengan letak protek pada TV Polytron.

Penyebab protek pada TV Polytron 

1. Protek Karena Short Sirkuit

Secara sistematis protek bisa terjadi biasanya karena tegangan 5 volt menuju pin protek pada TV Polytron tidak muncul. Jika terjadi rusak pada vertikal maka tegangan menuju pin protek tidak akan hadir. Tegangan ini berasal dari blok vertikal menuju IC micom melalui sebuah elco 1uf/50v.

2. Protek Karena elco 

Penyebab protek yang ke dua pada TV politron yaitu di sebabkan karena kualitas elco yang di gunakan terlalu rendah. Terutama pada bagian 1uf/50v. Dimana tegangan menuju pin protek mengalami kering sehingga tidak mampu menyalurkan tegangan 5 volt. Selain itu ketika elco pump up 100 uf juga mengalami kering biasanya akan mengakibatkan TV protek. 

Cara mengatasi protek Polytron karena kerusakan

Artinya bahwa kerusakan tidak hanya karena kerusakan padaa elco 1 uf 50 volt saja namun ini karena memang tejadi kerusakan pada bagian vertikal. Untuk itu kita harus memahami kenapa protek poytron di letakkan di bagian vertikal. 

Protek TV Polytron diletakkan di bagian vertikal karena letaknya strategis, dimana tegangan dari IC vertikal berasal dari tegangan tinggi flyback. Ketika terjadi kerusakan pada bagian flyback, maka vertikal otomatis tidak bisa bekerja yang akhirnya mengirim sinyal ke pin protek ic. 

servis TV Polytron protek

Jadi antara blok vertikal dan horizontal TV Polytron saling berkaitan ketika terjadi kerusakan protek. 

Untuk memperbaikinya maka mudah saja. Pertama jika anda telah menemukan titik pin protek tv polytron pada IC yang digunakan, coba suntik menggunakan tegangan 5 volt agar TV bisa dinyalakan. 

Setelah menyala kita melakukan penelusuran mulai dari tampilan layar. Biasanya jika terjadi kerusakan pada vertikal dengan ditandai satu garis horizontal di tengah layar atau layar menciut, pasti akan terjadi protek. 

Jika layar tidak membuka keatas dan kebawah coba ganti elco 100 uf di bagian vertikal dan ukur tegangan IC vertikal. Maka penting juga kita memaksakan TV tetap menyala untuk mengukur tegangan IC vertikal. Jika drop, ganti elco 470 uf 35v pada kedua tegangan negatif dan positif penyuplai IC vertikal. 

Jika tegangan normal elco semua telah diganti, kemungkinan terjadi kerusakan pada IC vertikal. Tapi hati hati ketika anda menemuka TV protek ditandai dengan TV layar gelap terlihat layar pelangi. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada dioda dari output kaki flyback untuk menyuplai IC vertikal. Jika ada resistor di bagian tersebut juga harus diganti. Ingat!

Kemudian juga bisa ditandai IC vertikal pecah. Ketika terjadi IC vertikal pecah ada baiknya jika kita melakukan pengukuran tegangan penyuplai IC vertikal dari flyback agar tidak terjadi kerusakan pada IC vertikal yang telah kita pasang. Jika IC vertikal sampai pecah ini mengindikasikan bahwa ada masalah tegangan vertikal over

Jika bagian IC vertikal telah normal itu artinya kita bisa menyalakan TV dengan normal tanpa protek lagi. 

Cara mengatasi protek karena elko;

Ganti semua elco berukuran 1uf /50v yang berada di dekat IC vertikal lalu lakukan eksperimen.
Setelah penggantian tersebut, uji ketahanan dengan cara menyalakan TV dan menunggu seberapa lama TV bisa hidup. Ada dua kemungkinan:
"
1. TV beberapa menit langsung protek lagi.
2. TV kuat selamanya.

Ketika menemui Setelah penggantian elco 1uf50v mati lagi coba ganti dengan elco yang berkualitas. 

Sebenarnya masih banyak lagi ulasan TV Polytron protek seri u-slim series, mx series, minimax, sudah di lengkapi dengan sistem keamanan/protek. tapi saya belum tau permasalahan yang selanjutnya. Bila ada pertanyaan bisa di post kan di komentar.
Mari belajar bersama!.☎
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.

Posting Komentar untuk "Cara Servis TV Polytron Protek u-slim series, mx series, minimax"