Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Defleksi Yoke Vertikal Putus

Cara Memperbaiki Defleksi Yoke Vertikal Putus

Kali ini saya mendapat kerusakan tv dengan gejala seperti gambar di atas, yaitu layar nampak menciut bergelombang arah horizontal. Dalam pengalaman sebelumnya kerusakan dengan gejala seperti ini disebabkan oleh rusaknya lilitan defleksi yoke, pembuka layar arah vertikal atau keatas dan kebawah.

Lilitan atau kumparan pada defleksi yoke vertikal memiliki dua lilitan yaitu atas dan bawah. Keduanya disusun secara paralel. Letak lilitan defleksi yoke vertikal terletak di bagian luar (yang terlihat dari luar). Sedangkan untuk lilitan horizontal berada dibagian dalam body defleksi yoke.
Baca juga: Tanda Defleksi yoke rusak
Defleksi yoke seperti gejala di atas disebabkan putusnya salah satu kumparan entah itu bagian atas atau bagian bawah. Untuk memastikannya bisa menggunakan Ohm meter.

Caranya pisahkan lilitan atas dan bawah biasanya kedua lilitan digabung 2 konektor disusun secara paralel pisahkan keduanya. Kemudian cek bagian atas dan bawah. Jika salah satu llilitan purtus maka jarum pada ohm meter tidak bergerak. Maka sudah ketemu penyebabnya.

Cara memperbaiki defleksi yoke bagian vertikal Putus

Jika tidak ingin repot bisa membeli defleksi yoke baru, namun mungkin anda mau memperbaikinya juga bisa. Caranya sangat mudah namun harus extra sabar. Kita harus membongkar defleksi yoke yang putus tadi, diambil kemudian dililit ulang. Apakah anda sanggup? jika iya silahkan selamat berhitung.

Cara Memperbaiki Defleksi Yoke Vertikal Putus

Pertama. Bongkar lilitannya sampai ketemu pada satu titik defleksi yoke yang putus. atau jika terlihat bisa langsung disambung menggunakan kawat sejenis tidak perlu membongkar Defleksi yoke.

Cara ini terbukti berhasil dengan catatan anda harus teliti dan rapi dalam melilit ulang defleksi yoke karena jika tidak, kemungkinan akan mengalami cacat tampilan. Memang lebih enak jika langsung ketemu kawat yang putus.

Cara Memperbaiki Defleksi Yoke Vertikal Putus

Perhatikan  saat membongkar lilitan, menghitung jumlah satu sisi ke sisi. arah lilitan, dan pola lilitan. Misalnya sisi kiri jumlah lilitan 30 kemudian ke kanan juga harus 30 supaya merata.

Defleksi yoke saat ini mudah sekali putus karena kawat terbuat dari alumunium bukan dari tembaga. Maka ketika melilit juga haus berhati hati agar tidak putus lagi.

Defleksi yoke bisa diperbaiki asalkan bukan lagi terbakar pada bagian horizontal. Karena pada bagian horizontal sangat sulit ditiru cara melilitnya. Maka harus mengganti dengan yoke baru.

Pada salah satu bagian defleksi yoke tersebut ada dua kumparan kita harus menyeimbangkan antara sisi kanan dan kiri. Jika tidak pun mungkin lupa dalam menghitung pada salah satu sisi maka harus di ulang agar kedua sisi merata. Hal tersebut akan mempengaruhi sisi tampilan. Maka harus konsentasi menghitung antar sisi kiri dan kanan. arahnya juga diperhatikan jangan terbalik.

Setelah selesai coba dulu di tes sebelum dilem.

Pengunci defleksi yoke sangat sulit untuk dipasang. Saya mengalami kesulitan dalam memasang bagian pengunci. Akan saya palu namun takut, merusak farrit.

Akhirnya saya menyerah untuk memasangkan pengunci dari tv. Sebagai solusinya bisa menggunakan kawat yang lebih fleksibel atau dari bekas tv lain.

Cara Memperbaiki Defleksi Yoke Vertikal Putus
tv gambar pelangi akibat perbaikan yoke kurang sempurna
BACA JUGA: Cara memperbaiki tv layar bergambar pelangi
Artikel ini dibuat dan terbukti berhasil pada tv Merek POLYTRON u-slim. Untuk tv lain saya belum berpengalaman. Mungkin anda pernah mengalaminya. silahkan dipostkan dikomentar agar teman teman yang lain bisa mendapat referensi untuk memperbaiki tv dengan kerusakan defleksi yoke vertikal rusak.

Demikian semoga bermanfaat!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.