Refrensi Cara Memperbaiki TV Gambar Goyang

Tv dengan kerusakan gambar goyang [bukan jaran goyang lo ya!!] suatu jenis kerusakan yang sangat komplek. Karena terkadang tidak pasti mengenai kerusakan komponen. Berikut ini saya akan menuliskan refrensi servis yang mungkin akan sedikit membantu rekan sekalian.

Pertama pengamatan pada solderan [wajib], amati elco disekitaran ic vertikal.

Jika tidak ada yang mencurigakan mari kita melangkah ke bagian komponen dan tegangan.

Amati pola gambar bergoyang arah vertikal atau horizontal. Ini untuk memudahkan untuk mendetek blog yang bermasalah. Bergoyang arah horizontal berarti blok yang harus dicek pertama adalah vertikal, Begitu juga sebaliknya, jika bergoyang arah vertikal cek blog horizontal.

 Jika bergoyang hanya sedikit biasanya karena kabel input pada rca mengalami masalah dan juga pengaruh soket yang sudah dimakan karat bisa menimbulkan gelombang pada layar televisi oleh karena itu jika menggunakan input pada av input maka ini menjadi perhatian. Mengamati pada soket dan kabel maupun sumber inputnya coba ganti sumber input dengan yang lain.
Ukur semua tegangan output power suplay. Jika ada volt yang tidak setabil mengikuti gerakan gambar ini menjadi perhatian utama. Telusuri sumber dan sistemnya. 

Waktu itu pernah mengalami pada tv polytron crystelin mengalami gambar bergoyang ketika layar terang. Ternyata pada waktu menginstalasi kabel rca salah. Yaitu tertukarnya audio dan video sehingga menyebabkan tv sedikit mengalami kerusakan dengan gejala Layar bergoyang. Namun untungnya ada av yang lain masih normal. Kerusakan hanya terjadi pada satu av saja karena memiliki dua av. Setelah dipindah pada av yang satunya gambar langsung normal.

Pada tv rakitan china wcom ada beberapa kasus yang pernah saya alami yaitu pada saat digunakan pada sistim av gambar bergoyang. Ternyata penyebabnya adalah kabel dan soket. Seperti yang kita tahu bahwa tv rakitan menggunakan kabel untuk menghubungkan antara soket rca dan mainboard tv. Ini menimbulkan gelombang pada layar tv karena kabel terlalu Panjang. Dan sering ditumpuk. Itu juga menjadi salah satu penyebabnya.

Driver transistor horizontal juga menjadi salah satu penyebab tv gambar goyang. Sabagaiman sistim kerja driver horisontal mengirim pulsa berbentuk gelombang untuk membangkitkan transistor horisontal melalui basis transistor hot. Sehingga jika terjadi cacat sinyal berasal dari ic croma akan berdampak pada pembelokan di devleksi yoke. Terlebih transistor horizontal juga bekerja sebagai pembangkit kerja flyback jika pembangkit tidak normal akan sangat mempengaruhi tampilan. Terlebih jika flyback menyuplai pada sistem vertikal. itu bisa jadi akan sangat berpengaruh.

Setelah masuk penanganan pada horizontal sekarang kita menyelidiki tv gambar goyang ke bagian vertikal. Jika tidak ada pengaruh dari blog horizontal mending langsung Pindak ke bagian vertikal tv.  Babat semua elco yang ada di blog vertikal terutama pada bagian output pum up. Jika tidak ada cek resistor terutama pada bagian input dari output ic croma. Biasanya ada resistor input tersebut molor. Cek tegangan ic vertikal Apakah normal. 24-27-30max volt. Jika normal berarti kerusakan terjadi pada sinyal cacat pada ic croma/ osc vertikal. Cek tegangan ic croma. Jika drop pasti sumber masalah berasal dari ic croma kurang tegangan bahkan ic mengalami kerusakan.

Untuk memperbaiki tv gambar goyang hendaknya mencari refrensi tegangan pada tv yang kita servis sehingga pada tahap pengecekan tegangan kita dapat standar volt Apakah normal atau abnormal. Cari di internet mengenai standar tegangan pada merek tv yang kita servis. Karena setiap tv berbeda-beda.

Akan sangat sulit jika permasalahan tv jika rusaknya pada cacat tampilan. Lebih mudah memperbaiki tv mati sekalian. Tv dengan kerusakan gambar goyang sangat sulit didetek. Perlu pengalaman lebih untuk menelusuri tv dengan kerusakan yang demikian. Namun semua harus berusaha mengambil pelajaran dari setiap kerusakan dan Bagaimana solusinya suatu saat akan berguna jika mengalami kerusakan yang sama. Semua yang saya sebutkan diatas merupakan kumpulan dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami. Ini hanya untuk refrensi. Ingat gejala sama belum tentu sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel