Referensi Cara Memperbaiki TV Gambar Goyang

Gejala kerusakan TV Gambar goyang dan bergelombang kadang kita anggap kerusakan sepele, namun nyatanya ketika kita memperbaiki kurang teliti ini menjadi kerusakan sangat rumit untuk dicari penyebabnya. TV rusak layar bergelombang maupun bergoyang banyak terjadi pada perangkat TV china. Maka dari itu, pada sesi ini kita akan membahas tentang kerusakan pada TV china. Sedangkan jika anda memiliki masalah kerusakan pada merek lain seperti Polytron, Sharp, Lg maupun lainnya ini mungkin menjadi referensi. 

Cara Memperbaiki TV Gambar Goyang

Kerusakan seperti ini bisa diprediksi terjadi pada bagian tegangan. Tapi entah tegangan apa yang bermasalah sehingga layar menjadi cacat tampilan bergoyang. Seolah sinyal pada vertikal memiliki masalah. Jika vertikal output normal, kemungkinan sumber sinyal vertikal bermasalah. 

Pertama tama hal paling penting adalah mempersiapkan alat ukur yang akurat. Kadang harus detail sekali karena selisih dari tegangan normal dan abnormal bisa mempengaruhi keberhasilan mcnari penyebab. Untuk itu, gunakan tester digital untuk mengukur sekunder power suplai. 

1. cek tegangan 115 volt.
2. cek tegangan 26 volt vertikal.
3. cek tegangan 12 vollt. 
4. cek tegangan 5 ic volt. 

Pada bagian ini untuk memperbaiki TV gambar goyang atau bergelombang harus sedikit lebih sabar dan teliti melihat 4 tegangan tersebut. dari sana kita bisa menyimpulkan sesuatu tindakan selanjutnya jika tegangan tersebut normal atau tidak. 

Pada TV yang sedang saya tangani ini, terjadi crop tegangan pada bagian 12 volt. tegangan ini sebenarnya bisa lebih dari 12 volt karena harus dibagi lagi dengan tegangan 5 volt di bagian regulator untuk menyuplai kebutuhan 5 volt. 

Terdeteksi tegangan pada 12 volt tersebut hanya sekitar 9 volt. tentu pada distribusi regulator menuju 5 volt juga akan drop. 

Saya mengecek bagian elco yang memfilter tegangan 12 volt tersebut. Ternyata benar elco dengan ukuran 1000 uf 16 volt kering. 

Di sinilah pentingnya ketika memiliki esr meter maupun capasitor meter. Kita bukan hanya tebak tebakan ketika mengecek komponen dan memasang komponen baru juga harus dipastikan dalam keadaan normal. Setelah penggantian elco tersebut, TV layarnya goyang sekarang kembali normal. 

Bedanya bergelombang dan bergetar berayun

Kerusakan ini tidak sama dengan layar TV bergetar. Kalau bergetar juga masalah pada tegangan. gejalanya ketika dinyalakan TV kembang kempis dan berayun dengan getar. Ini sedikit lebih rumit lagi karena ini masalah tegangan suplai flyback. Hal Ini masih satu jenis dengan kerusakan layar melipat bagian atas jika kalian menemukan kerusakan di TV sharp dan polytron maupun lainnya yang memungkinkan suplai vertikal berasal dari flyback. Pada TV china ini ketika kerusakan disebabkan oleh suplai flyback, maka yang akan terjadi pada layar adalah bergetar berayun. Untuk mengatasi ini coba cek pada bagian Trimpot untuk mengatur b+. Atau trimpot umpan balik menuju optocopler. 

Cara memperbaiki gambar goyang part 01

Soldiradem.com - Pada permasalahan ringan penyebab layar TV goyang hanya karena kabel RCA bermasalah. Oleh karena itu, jika menggunakan input av maka ini menjadi perhatian. Mengamati pada soket dan kabel maupun sumber inputnya coba ganti sumber input dengan yang lain.


Waktu itu pernah mengalami pada TV polytron crystelin mengalami gambar bergoyang ketika layar terang. Ternyata pada waktu menginstalasi kabel rca salah. Yaitu tertukarnya audio dan video sehingga menyebabkan TV sedikit mengalami kerusakan dengan gejala Layar bergoyang. Namun untungnya ada av yang lain masih normal. Kerusakan hanya terjadi pada satu av saja karena memiliki dua av. Setelah dipindah pada av yang satunya gambar langsung normal.

Pada TV rakitan china wcom ada beberapa kasus yang pernah saya alami yaitu pada saat digunakan pada sistim av gambar bergoyang. Ternyata penyebabnya adalah kabel dan soket. Seperti yang kita tahu bahwa TV rakitan menggunakan kabel untuk menghubungkan antara soket rca dan mainboard TV. Ini menimbulkan gelombang pada layar TV karena kabel terlalu Panjang. Dan sering ditumpuk. Itu juga menjadi salah satu penyebabnya.

Driver transistor horizontal juga menjadi salah satu penyebab TV gambar goyang. Sabagaiman sistim kerja driver horisontal mengirim pulsa berbentuk gelombang untuk membangkitkan transistor horisontal melalui basis transistor hot. Sehingga jika terjadi cacat sinyal berasal dari ic croma akan berdampak pada pembelokan di devleksi yoke. Terlebih transistor horizontal juga bekerja sebagai pembangkit kerja flyback jika pembangkit tidak normal akan sangat mempengaruhi tampilan. Terlebih jika flyback menyuplai pada sistem vertikal. itu bisa jadi akan sangat berpengaruh.

Setelah masuk penanganan pada horizontal sekarang kita menyelidiki TV gambar goyang ke bagian vertikal. Jika tidak ada pengaruh dari blog horizontal mending langsung Pindah ke bagian vertikal TV.  Babat semua elco yang ada di blog vertikal terutama pada bagian output pum up.


Jika tidak ada hasil, cek resistor terutama pada bagian input dari output ic croma. Biasanya ada resistor input tersebut molor. Cek tegangan ic vertikal Apakah normal. 24-27-30 max volt. Jika normal berarti kerusakan terjadi pada sinyal cacat pada ic croma/ osc vertikal. 

Cek tegangan ic croma. Jika drop pasti sumber masalah berasal dari ic croma kurang tegangan bahkan ic mengalami kerusakan. Ini seperti yang saya katakan pada bagian awal artikel bahwa kerusakan bisa terjadi bersumber dari tegangan sehingga kinerja oscilator vertikal cacat dari ic utama. 

Untuk memperbaiki TV gambar goyang hendaknya mencari referensi tegangan pada TV yang kita servis sehingga pada tahap pengecekan tegangan kita dapat standar volt Apakah normal atau abnormal. Cari di internet mengenai standar tegangan pada merek TV yang kita servis. Karena setiap TV berbeda-beda.

TV dengan kerusakan gambar goyang sangat sulit didetek jika kurang teliti cek tegangan. Perlu pengalaman lebih untuk menelusuri TV dengan kerusakan yang demikian. Namun semua harus berusaha mengambil pelajaran dari setiap kerusakan dan Bagaimana solusinya suatu saat akan berguna jika mengalami kerusakan yang sama. Semua yang saya sebutkan diatas merupakan kumpulan dari beberapa pengalaman yang pernah saya alami. Ini hanya untuk refrensi. Ingat gejala sama belum tentu sama.


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Referensi Cara Memperbaiki TV Gambar Goyang"