Widget HTML #1

Tanda Bahwa Defleksi Yoke Rusak

defleksi yoke mengalami kerusakan
Tanda bahwa defleksi yoke rusak - Defleksi yoke merupakan komponen tv crt berperan sebagai pembelok cahaya dari anoda crt menuju katoda crt. Sehingga jika terjadi komponen pada defleksi yoke tv akan rusak dengan gejala; layar menyempit menjadi satu garis saja arah vertikal maupun horisontal, layar mengalami bergetar, tv layar hanya gelap.

Jika komponen defleksi yoke tidak ada maka pada layar akan Nampak satu titik ditengah saja karena tidak ada yang membentuk /membelokan cahaya dari anoda menuju katoda crt.

Pada beberapa merek televisi, apabila defleksi yoke ini tidak dipasang, ketika dihidupkan maka tv akan protek dan tidak bisa start.

Defleksi mengalami kerusakan dengan beberapa ciri, yaitu; lilitan terbakar, lilitan putus, lilitan kendor.

Lilitan terbakar banyak terjadi pada lilitan bagian horisontal atau lilitan pada bagian dalam. Tandanya terdapat bekas terbakar pada bagian dalam defleksi yoke. Terbakarnya bagian ini akan mengakibatkan tv menjadi rusak. yaitu transistor horisontal short, atau bahkan terjadi tv mati total.

Lilitan putus juga menjadi salah satu jenis kerusakan yang dialami oleh defleksi yoke. Ketika defleksi mengalami kerusakan putus maka akan mengalami; tv layar gelap hanya satu garis horisontal/vertikal, tv protek, atau bahkan tv tidak bisa start.

Lilitan yoke kendur juga akan mengakibatkan kerusakan. Hal ini sering terjadi pada lilitan bagian vertikal/lilitan luar. Gejalanya, terdengar suara bergetar pada defleksi yoke, pada layar gambar akan bergerigi tidak beraturan.
Nah itulah beberapa tanda bahwa defleksi yoke mengalami kerusakan. Kerusakan pada defleksi yoke memang jarang terjadi dibanding dengan komponen bagian lainya. Namun penting untuk kita ketahui ciri khas pada keruskan defleksi yoke. Dan saya berpesan ketika hendak mencopot defleksi yoke ada baiknya jika berhati-hati jangan sampai menghancurkan magnet konvergen. Ketika magnit konvergen berubah settingan dari pabrik, maka akan kesulitan bagi kita untuk menyetingnya kembali.  
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

1 komentar untuk "Tanda Bahwa Defleksi Yoke Rusak"

Unknown 13 Februari 2019 pukul 14.01 Hapus Komentar
Ya, Aku setuju good