Servis TV LG Slim Horizontal Jebol Terus

servis TV LG Slim ukuran 21 inc. Awalnya layar hanya nampak satu garis vertikal lalu mati ,tapi lampu indikator berkedip-kedip

Casing TV saya buka dengan hati-hati. Selanjutnya  membersihkan mesin TV dan tabung menggunakan kuas dari debu yang menempel. Saya amati semua komponen dan soldiran masih baik.


Setelah saya ukur b+ tegangan naik-turun seiring dengan lampu indikator berkedip.
Selanjutnya menuju transistor horizontal c6090 saya copot, ternyata setelah saya ukur dengan menggunakan ohm meter 1× , semua kaki saling berhubung singkat itu artinya transistor ini short. 

Mungkin ini penyebab tegangan b+115 volt berdenyut "pikirku".

Penggantian pun saya lakukan dan saya coba nyalakan. Apa yang saya fikirkan pun ternyata salah. Sekejab menyala terjadi percikan api di leher tabung. transistor horizontal short lagi c6090 baru raib dah rugi 10.000.

"Hehe!!" tertawa sedih.

Baru saya ingat awalnya kata user bahwa "gejalanya layar hanya segaris vertikal". Ini kalau bukan capsitor resonan ya yoke yang terbakar.

-Pertama saya mencoba mencopot yoke dari leher tabung. Kelihatan masih baik.  Tidak ada tanda kebakaran disana dan saya cek menggunakan ohm meter masih ada hambatan sekitar 3ohm.

-Kedua saya mencoba menggganti capasitor yang terletak di colektor transistor horizontal dengan yang sama nilainya. Selain itu saya juga mengecek dioda yang di seri dengan capasitor tersebut yang ternyata masih normal.

Setelah itu saya mencoba memberanikan diri untuk menyalakan TV LG tersebut. Mempertaruhkan lagi uang 10.000. Dan apa tang terjadi.? Ya TV langsung menyala normal sesuai harapan saya. Transistor c6090 panas normal. Yesssss akhirnya kerjaan saya beres juga.
 
"Gajian dehhh!." asyeek.

*Kesimpulan dari cerita di atas ialah kerusakan  tr horizontal jebol terus di sebabkan capasitor resonan pembangkit colector horizontal.
Itu ceritaku hari ini, semoga akan ku ingat apa yang saya lakukan ini menangani TV LG TRANSISTOR HORIZONTAL jebol terus. 

Semoga anda mendapat hikmaah dari cerita di atas.


2 Responses to "Servis TV LG Slim Horizontal Jebol Terus"

  1. Ternyata sama kasus belum tentu penyebabnya sama y gan....

    ReplyDelete
  2. Assalamu Alaikum.
    Saya punya garapan tv LG 21FU3RL, awalnya tv matot yang ternyata tr hot dan c183J/2kv mati. Setelah penggantian 2 part tsb, tv nyala normal. Setelah nyala +/- 1jam tr hot dan capasitor tsb mati lagi, malah FET K2961 nya pecah. Kali ini penggantian menjadi 3 part yaitu tr hot,C, dan FET. Setelah penggantian 3 part tsb, tv bisa nyala,tp hanya garis mendatar. Setelah saya ganti ic vert LA78141 tv bisa menyala tp gambar melengkung kedalam bagian kiri atas dan redup serta osd gelap. Osd menu tidak tampak,cuma tampak kolom menu hitam segi empat.
    Dalam kasus ini kira" apanya lg yg harus di oprek?
    Tolong master kasih pencerahan / solusi atas kasus ini.
    Terima kasih.
    Wassaalam

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel