Cara Memperbaiki TV Mati total Mudah Dipahami Pemula

Cara Memperbaiki TV mati total Tv tidak menyala sama sekali meskipun lampu merah atau lampu standby nyala ini bukan mati total ini adalah kerusakan mati standby. TV dikatakan tv mati total apabila gejala lampu standby tidak menyala dan tv ketika dinyalakan tidak ada reaksi apapun. . 

Pada kondisi tertentu semua orang bisa memperbaiki tv mati. Terutama dalam level kerusakan sederhana, orang awam dapat memperbaikinya dengan bantuan tutorial yang telah tersedia di internet. Tentu hal ini bisa dipahami melalui gejala yang ditimbulkan. 

Mungkin materi ini khusus untuk tv tabung meskipun ada persamaan antara power suplai tv led dan tabung. Namun karena keahlian penulis masih ranah tv tabung maka artikel kali ini khusus membahas kerusakan yang umum terjadi pada jenis tv CRT agar lebih terarah. Karena terlalu luas apabila membahas kerusakan antara tv crt dan tv led dalam satu materi. Untuk materi tv LED mati total akan dibahas pada bab yang lain. 

Berikut ini ada dua gejala tv mati total  yang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk melanjutkan mempelajari tv tidak bisa menyala:
  • Gejala tv mati total namun lampu indikator masih nyala ketika dinyalakan tidak bisa start. Ini sering disebut kerusakan tv standby tidak bisa start, dan bukan mati total karena ini menandakan bahwa listrik telah masuk ke power suplay primer dan output sekunder. Permasalahan ini kemungkinan benar di akibatkan oleh blok output power suplai. 
  • Gejala tv mati total lampu led tidak nyala bahkan tidak ada reakasi apapun ketika dinyalakan. lebih parahnya lagi gejala ini dibarengi oleh MCB listrik ngetrip atau jegleg. Jika sudah demikian berarti kerusakan sangat parah. Namun bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Malahan ini akan lebih mudah karena bisa pastikan 70% kerusakan berada dia area primer power suplai. 
Kedua kerusakan tersebut jelas berbeda penyebab dan cara menanganinya. Oleh sebab itu perlu pemahaman lebih lanjut mana gejala dan bagaimana solusi mengatasi agar tv kembali nyala.

Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas gejala kerusakan tv mati total dan mati standby. Mungkin untuk tv standby perlu pembahasan secara khusus karena untuk membahas gejala mati standby tidak bisa nyala atau start sangat luas. 

Penting ketika kita menemui kerusakan sebuah tv mati total maupun mati standby, jika ingin mencari tutorial yang ada, harus dituliskan secara spesifik. Yaitu kata kunci merek tv dan gejala kerusakan. Dan mungkin pada bagian tv standby akan dibahas sedikit sebagai referensi pada akhir artikel ini.

Cara Memperbaiki TV Mati Total lampu led tidak menyala

tv mati total standby tidak nyala
beberapa komponen yang perlu dicek saat tv mati total

1. Kabel AC 220V

kabel ac mengakibatkan tv tidak bisa nyala
Kabel ac baru

Hal ini sepele namun terkadang juga bisa terjadi. karena kabel ini menjadi no 1 masuk dan tidaknya arus ke mesin tv. Bisa jadi putus karena dimakan tikus maupun kabel berkualitas rendah sehingga tidak kuat menahan arus listrik dalam jangka panjang, Jika diamati secara fisik terdapat kabel meleleh pada bagian kulit luar, dan juga pada streker ada tanda terbakar. hal tersebut perlu dicurigai.

Selanjutnya apabila tidak ada tanda secara fisik bisa langsung dengan menggunakan multi tester apakah arus telah masuk ke power suplay?

Gunakan volt meter AC max 1000V dengan diarahkan ke bagian jalur kabel sebelum dioda. Namun anda juga bisa langsung mengukur tegangan DC dengan menggunakan volt meter DC max 1000v.

Jika tegangan sudah masuk berarti tidak ada masalah terjadi pada sakelar dan juga kabel ac.

Jika tidak ada tegangan, cabut dari terminal streker kemudian cek pastikan jack AC benar-benar tersambung ke perangkat dengan kondisi off terhadap tegangan, jangan di hubungkan dulu dengan striker selagi mengecek kabel streker. Harap diperhatikan adalah kabel input pada jak AC 220 Volt pastikan dulu kalau tidak putus dengan cara menggunakan Ohm Meter.

Pada banyak kasus ketika secara fisik dari luar terlihat baik, namun ternyata setelah diukur menggunakan ohm meter kabel tidak ada koneksi. Hal ini disebabkan karena inti tembaga mengalami pembubukan atau rapuh ketika dibuka seperti debu. terutama kabel ac yang pernah diganti dengan yang murah dengan serabut tembaga lebih kecil dan sedikit. Jadi ketika ingin mengganti kabel ac harus diperhatikan agar tidak mengakibatkan kerusakan tv mati total. 

Baca juga: Memperbaiki tv polytron mati total

2. Sakelar

Pastikan sakelar juga dalam keadaan baik. Periksa dengan Ohm meter seperti yang dilakukan pada kabel streker, namun pada bagian saklar bisa di lewati apabila tegangan telah sampai di power suplai.

Gejala awal bisa dicurigai jika kerusakan terjadi pada saklar yaitu ketika dinyalakan harus di pencet beberapa kali baru bisa menyala bahkan harus ditahan menggunakan sesuatu agar sakelar dapat berfungsi dengan baik, sebelum akhirnya sakelar benar-benar tidak berfungsi sehingga tv tidak bisa dinyalakan alias mati total.

Baca juga: kumpulan cara memperbaiki tv tidak nyala

3. Fuse

Jika streker dan saklar dalam keadaan baik sekarang coba cek fuse pada bagian regulator. Jika fuse putus ada dua kemungkinan. Pertama mungkin fuse memang putus tidak kuat menahan arus dan yang kedua terjadi short sirkuit pada rangkaian tv.

Untuk memastikan kerusakan bisa dicoba dengan mengganti fuse dengan menggunakan lampu dop 100 watt, baru kemudian mengetahui dengan pasti apakah hanya skring putus atau ada gejala lain. Apabila lampu dop menyala terang berarti ada kerusakan yang serius pada rangkaian power suplay maupun pada bagian output.

4. PTC

PTC penyebab tv mati total

PTC bekerja pada bagian dgausing berfungsi sebagai penangkal medan magnet di sekitar tabung crt. PTC bisa mengakibatkan tv mati, karena ketika komponen ini mengalami short, akan mengakibatkan MCB ngetrip jadi tv tidak bisa dinyalakan. 

Gejala sebelum tv mati biasanya ditandai gejala layar bergambar pelangi, lama kelamaan NTC akan rusak. Pada beberapa kejadian ketika tv dihidupkan NTC memercikkan api di dalam komponen.

Bagian dalam terlihat terbakar dan tidak ada lagi resistensi antar pin ketika diukur menggunakan ohm meter. 

5. Dioda primer

bagian power suplay tv tabung untuk memperbaiki tv mati total
Hati-hati memperbaiki TV mati total, ketika dihidupkan MCB listrik rumah anda anjlok. menurut pengalaman saya, jika dipaksa terus menerus maka kerusakan dan kematian komponen tak bisa ditoleransi dan ragulator akan hancur. Penyebab salah satunya adalah dioda bridge ada yang short. jadi lebih baik di cek ketika menemukan gejala mcb jeglek. 

MCB jeglek menandakan bahwa terjadi korsleting hebat pada mesin tv, terutama pada bagian blok primer power suplay. Ini juga bisa di deteksi menggunakan lampu dop.

6. Elco primer 450 volt

 Ada dua jenis keruskan elko yaitu elco short dan elco dalam keadaan kering sehingga bisa mengakibatkan power suplai tidak bekerja dengan baik, akibatnya tv tidak bisa menyala.

Mungkin ini bia dicek ketika tv dengan gejala mcb ngetrip maupun ketika fuse putus. Elco ini biasnaya berukuran antara 150 uf- 470uf  450v. Apabila elco dalam keadan normal, bisa menyimpan tegangan tinggi apabila transistor maupun str tidak bisa bekerja.
Baca juga: cara memperbaiki tv cina mati total

7. Transistor/STR

Jika menemui kerusakan seperti MCB anjlok saat tv dinyalakan, langkah pertama, cabutlah STR ataupun TR yang berfungsi sebagai pembangkit. Sebenarnya ini bisa dilakukan pertama kali sebelum cek dioda. Pada beberapa tv memiliki sistem power suplay yang berbeda. sehingga perlu memahami pembangkit tegangan yang digunakan apakah transistor/ fet atau STR. keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas entah sistemnya maupun secara fisik.

Mungkin mudah membedakan antara str maupun transistor, transistor berkaki tiga sedangkan str berkaki 6.

Namun komponen berkaki tiga belum pasti itu adalah transistor karena pada beberapa tv menggunakan FET. Transistor biasanya sering digunakan pada tv china, sedangkan jenis fet sering di gunakan pada tv polytron. Contoh FETyang digunakan tv polytron jenis CRT slim maupun cembung pada seri 7n65c dan FS7UM.

STR biasanya digunakan pada tv LG,SHARP, CONTOH str w6753, w6754,W5453a.

8. C945 ada yang mati

tv mati total lampu indikator tidak nyala disebabkan oleh c 945

Bagian pendukung FET atau ic STR. Apabila pada bagian transistor ini mengalami kerusakan maka pada bagian penguatan utama tidak bisa bekerja bahkan ikut rusak. oleh sebab itu ketika menemui gejala kerusakan pada damper regulator power suplai juga mengharuskan untuk cek transistor pendukugnya entah itu c 945 maupun c1815, A1015. Tidak tertutup kemungkinan bahwa setiap merek tv memiliki jenis transistor pendukung berbeda. namun dalam rangkaian regulator transistor ini sering ada. 

9. Dioda sekunder output PSU

Dioda sekunder tidak bisa di remehkan bahkan kerusakan pemicu tv mati total bisa disebabkan dioda output ini. Meskipun tegangan telah masuk ke bagian primer dengan normal namun apabila pada bagian out dioda short akan mengakibatkan tv tidak bisa menyala. Ini sering terjadi pada bagian output b + 115 volt untuk flyback.

Salah satu tanda kerusakannya yaitu ketika di ukur menggunakan dc meter terdapat beberapa output namun tegangan drop. Namun ini juga bisa disebabkan oleh transistor horizontal mengalami short.

10. Transistor horizontal ada yang short

penyebab tv mati total blok horizontal

Sebelum mengecek tv mati total pada tegangan on, demi keamanan sekaligus keselamatan anda harus memperhatikan transistor horisontal dan beban B+ yang harus dicabut juga mencegah terjadinya mati komponen bertambah merembet ke bagian lainya. kemudian Periksa bagian ragulator yang paling rentan adalah dioda, transistor driver,transistor demper, dioda zener,capasitor.

Setelah ketemu komponen yang mati dan sudah diganti komponen yang baru setelah itu dinyalakan. Jika output regulator normal maka coba sambungkan kembali beban B+ dan demper horizontal. Tapi pastikan dulu demper horizontal dalam keadaan baik, sebelum TV  dinyalakan. Karena demper sangat fital terhadap kerusakan AC matik. Bisa Karena terjadi short demper horizontal, akan menghantam blog ac matic lagi. alih-alih ingin servis tv mati total kerusakan malah lebih parah.

Tidak hanya disebabkan oleh tr horizontal namun juga bisa disebabkan oleh flyback yang short. bisa gejalanya di awali transistor shrt untuk lebih lanjut anda bisa membaca penyebab transistor horizontal jebol terus

Arti sederhana

Itulah gambaran sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tv mati total secara sederhana. mungkin untuk lebih lanjut bisa dipelajari pada artikel yang lebih spesifik tentang merek tv crt dan gejala. Apabila menggunakan cara ini belum tentu berhasil karena masih banyak lagi yang perlu dicek, yaitu komponen komponen pendukung berupa resistor dan capasitor elco. Namun terlepas dari itu, Komponen yang saya sebutkan diatas merupakan kerusakan yang kerap terjadi pada tv dengan gejala mati total.

Penting!!
Ketika tv mati total tidak ada reaksi apapun ketika dinyalakan, dan tegangan telah masuk elco 450 volt harap berhati hati karena biasanya pada elco tersebut masih menyimpan muatan tegangan tinggi. Untuk membuangnya bisa dilakukan dengan menggunakan solder maupun langsung dishortkan secara langsung. Namun lebih aman dengan menggunakan straker solder karena apabila dishortkan secara langsung akan menimbulkan ledakan yang besar.untuk lebih lanjut silahkan baca : cara membuang sisa tegangan di mesin tv.

TV Mati total lampu indikator menyala tv tidak bisa hidup

Standby gejalanya mati tidak bisa start, namun lampu indikator tetap nyala. Sebelum memastikan tv divonis mati standby, pastikan anda melakukan pengecekan pada swit dan remot. Coba dulu dengan memencet remot atau tombol Power di tv untuk memastikan tv apakah bisa start atau tidak. Bila tidak periksa tegangan ic croma. Pastikan tegangan sesuai dengan data site ic croma. Sehingga lebih mudah menganalisa kerusakan. untuk lebih lanjut..panduan lengkap memperbaiki tv mati standby beserta penyebabnya.

Kesimpulan

Terkadang penyebab short-nya sebuah demper maupun komponen pendukung disebabkan karena short salah satu dari blog televisi. Jadi sebelum memfonis anda juga ada fikiran penyebabnya. Menurut saya,  TV mati total akan lebih gampang dari pada mati stendby. Orang rata-rata memperbaiki TV stendby 30% ada kegagalan. servis tv Mati total labih jelas apa yang akan kita lakukan begitu maksud saya.

 Kalau stendby tidak jelas arah mana yang kita tempuh itu menurut saya kalau anda terserah karena dalam servis tidak selalu benar apa yang kita curigai ,btw juga benar kita mencurigai. Sekarang ada solusi akhir lebih praktis memperbaiki blog AC-matik dengan menggunakan KIT AC-Matik dan Gatcun. Tapi kalau rusak standbay sedangkan kita tidak dapat solusi jalan akhir apa donk.?

Memperbaiki TV mati total jika kurang teliti akan menyebabkan kesalahan yang fatal terhadap kerusakan yang lebih parah. misalnya terjadi kerusakan pada semua komponen aktif bagian blok power suplai. kemudian merambat ke area ic utama. bisa jadi permasalahan pada tv mati disebabkan diluar power suplay pada bagian pimer. terjadi short hebat pada tegangan tinggi misalnya transistor horizontal, atau bahkan disebabkan oleh melonjaknya tegangan b+.
Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.