Cara Memperbaiki TV China Mati Total: Ciri-ciri dan Penyebabnya

Jika TV China Anda mati total, biasanya dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti lampu LED indikator yang tidak menyala, tidak adanya reaksi apapun ketika dinyalakan, MCB langsung jeglek saat TV dinyalakan, atau kadang-kadang terdengar suara mencuit saat dinyalakan.

Namun, perlu dipahami bahwa tidak semua kerusakan pada TV dengan ciri-ciri lampu standby tidak menyala berasal dari jalur regulator power supply. Beban yang disuplai oleh regulator juga bisa menjadi penyebab kerusakan. Lalu apa penyebab jika tidak hanya terjadi pada jalur primer saja?

Salah satu penyebab tegangan drop bisa karena terjadi short pada jalur tegangan tinggi 115 volt, sehingga regulator tidak akan berfungsi dan semua tegangan akan drop. Terkadang, kerusakan total pada TV juga bisa disebabkan oleh konsleting pada jalur tegangan B+ dan tegangan vertikal 27V. Akibatnya, jika fuse tidak putus, transistor regulator bisa rusak.

Langkah Memperbaiki TV China Mati total

Meskipun ada banyak jenis TV China, saat ini yang umum adalah jenis mesin TV Wcom atau Wansonic. Jika TV Wcom Anda mengalami kerusakan mati total, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut yang saya dapatkan dari pengalaman memperbaiki TV China merek Wcom dan sejenisnya

Sebelum membuka chasing tv pastikan terlebih dahulu bahwa streker sudah masuk ke terminal kontak dan pastikan juga listrik tidak padam. 

Kemudian periksa kabel steker, pastikan dalam keadaan normal, karena dalam kasus tertentu tv disebabkan oleh kabel steker kearaan putus dimakan tikus.

Terkadang kabel di makan tikus menyebabkan korslet pada kabel sehingga ketika tv di nyalakan mcb rumah anjlok. 

Hal tersebut harus menjadi perhatian pertama sebelum menginjak kedalam chasis tv / mesin tv.
Ketika sudah dipastikan kabel steker sudah dipastikan dengan baik sekarang menginjak kedalam chasis tv.

Buka chasing tv China dengan hati-hati".

Bersihkan mesin dari debu menggunakan kuas.

Jika tv China mati total lampu indikator berwarna merah tidak menyala, cek jalur sakelar menggunakan multi tester ohm meter. Untuk mengecek sakelar, tempelkan antara ujung streker dan soket yang menempel pada mesin tv pada jalur kabel sakelar. (Tidak terhubung jala-jala listrik) 

Atau bisa juga dengan menggunakan tegangan, yaitu tv dalam keadaan dihubungkan dengan stop kontak dan mengukur pada posisi ac volt. Untuk memastikan bahwa tegangan sudah masuk atau belum. Ukur pada jalur masuknya tegnagan 220v, kemudian rubah fungsi tester ke DC V 1000V  ukur tegangan pada elco yang berukuran 450v tepatnya di blok regulator. pastikan ada tegangan.

Namun sebelum itu pastikan fuse dalam keadaan baik, jika fuse atau sekring putus itu menandakan ada kerusakan parah di area regulator, misalanya dioda bridge pada bagian primer tegangan 220 v masuk. 

Jika tegangan sudah masuk sekarang mengukur pada output power suplai 

Pemeriksaan tegangan Blog Power Suplay tv China Primer dan sekunder

Pastikan multi sudah volt dc. Karena jika pemindah fungsi pada multitester masih di dalam fungsi ohm meter maka multitester akan rusak seketika.

Cek tegangan output power suplay yaitu;
  • bagian b+ 115 volt pada penyuplay tegangan tinggi flyback. batas dc meter 250v, 
  • Tegangan ic vertikal 24-27 volt.
  • Tegangan, ic jungle 5v cari data site.
  • Tegangan 12v audio dan yang lainya.
  • Jika tegangan pada jalur  output primer regulator tidak ada tegangan, berarti terjadi kerusakan pada bagian primer regulator. Jika ini yang terjadi, jangan dilanjutkan pengukuran dengan keadaan terhubung dengan jala-jala listrik. Kemungkinan yang terjadi ialah tidak bekerjanya blog power suplay.
Baca juga : Kerusakan regulator TV China wcom
Ketika ingin mengecek komponen yang berada pada blog primer psu, pastikan anda sudah 
mengshortkan elco tegangan tinggi pada pemfilter tegangan 300v ,kerena disini kadang menyimpan tegangan. Jika tidak di shortkan maka akan membahayakan.
Baca juga;  cara membuang sisa tegangan yang masih tersimpan di mesin tv
Dalam kebanyakan kasus tv China mati total disertai dengan lampu indikator tidak menyala biasanya di sebabkan oleh komponen berikut: 
Cara memperbaiki TV China Matot(mati total)
contoh casis tv wcom bagian jalur  primer dan sekunder reguklator yang biasanya bermasalah

  • Transistor d2498
  • Transistor driverA1015,C945/C3807  
  • C 681 k terletak di colektor transistor d2498
  • Dan juga komponen pendukung lainya.
  • Jika output power suplay ada namun drop ada kemungkinan. :
  • Transistor horisontal short jika  hanya b+ 115v drop.
  • Jika hanya 27 volt yang drop berarti ic vertikal short.
  • Jika semua output power suplay ada namun drop bisa jadi tv dalam kadaan posisi standby 
  • Atau bisa juga terjadi kerusakan pada blo ic optokopler yang terlalu besar input ke power suplay sehingga tegangan menjadi drop.
Baca juga : cara cepat mengetahui penyebab b+ 115 v drop
Flyback short kadang juga menjadi salah satu pemyebab tegangan b+, 115 v drop, untuk itu jika mengukur tegangan b+, harus di lepas dulu bebannya.

Periksa dioda penyearah pada output/sekunder power suplay. Karena short pada salah satu saja bisa menyebabkan tegangan drop semua . Bahkan ini bisa berdampak pada kematian transistor d2498 pada power suplay.

Biasanya jika permasalahan ditandai dengan ketika TV dinyalakan mcb rumah langsung jeglek pertama periksa transistor d2498.

Atau tidak bekerjanya transistor D2498 tersebut biasanya ditandai elco 400volt pada bagian primer power suplay masih menyimpan tegangan. Untuk itu Muski di shortkan dulu. Sebelum memeriksa transistor.

Ada sebuah kasus kerusakan yang sangat menjengkelkan yaitu transistor d2498 pada TV China mati terus meskipun sudah di ganti Berkali kali.  Hal ini ternyata disebabkan oleh shortnya capasitor berwarna biru berukuran 681,kv terletak di kaki Colector transistor d2498. Selain itu juga bisa disebabkan oleh transistor a1015.

Kebanyakan kasus TV China mati total berasal dari jalur regulator yaitu transistor d2498 menjadi biang masalah karena sering terjadi short pada komponen tersebut.
Related:
Jika anda adalah seorang yang masih awam dalam instalasi tv merek wcom misalnya baru dinyalakan langsung mati total kemungkinan terdapat kesalahan dalan istalasi terutama pada bagian kabel defleksi yoke terbalik misalnya antara lilitan vertikal dan lilitan horzontal tidak sesuai dengan rankaian tv. 

Disclimer:  Artikel ini hanyalah refrensi jikalau anda sedang bingung dengan permasalahan pada tv China. dan admin disini hanya berbagi pengalaman yang pernah dialami. Bukan cara pasti. karena kita tahu kadang gejala sama namun penyelesaian berbeda.

Semoga bermanfaat! "
Baca juga : cara paling sederhana memeperbaiki tv mati total

Post By: Soldiradem.com 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.