Experimen Memperbaiki Kerusakan Ragulator Tv Cina

SOLDIRADEM BLOG - Bulan puasa di pekan pertama saya mendapat beberapa servisan TV denga keluhan yang berbeda-beda.  Dari beberapa keluhan, hanya satu yang paling membuat iman puasa mau jebol, yaitu sebuah TV tanpa merek.

Awal cerita habis sahur, sholat subuh, rencana memang dari malam saya ingin mengerjakan servis televisi tanpa merek ini sehabis sahur. 

Kali pertama saya mendapat servisan televisi tidak ada mereknya. Usut punya usut ternyata setelah saya buka Di dalam mesin televisi tersebut mirip dengan chasis TV Cina merek Wecom. 

Tabung gambar yang di gunakan berukuran 17 inc. Nampaknya, terbuat dari daur ulang monitor komputer. Terbukti dengan komponen pendukung Tabung nya terlihat ribet, dan terdapat 2  titik fokus di Katoda. 

#Gejala yang Dikeluhkan User
 
Ketika TV dihidupkan MCB listrik rumah langsung anjlok. Katanya sudah pernah servis satu kali , tapi beda keluhan. Keluhan yang dulu hanya layar tidak membuka ke atas dan ke bawah.

#Langkah pengecekan yang saya lakukan.

Langsung ke TKP,!  YAitu AC-Matic.
Pertama saya copot demper yang bernama D5038. Berulangkali transistor ini saya cek tapi masih baik-baik saja.

Meninggalkan transistor ternyata ada yang mencurigakan dari capasitor berwarna biru yang terletak Di area colektor transistor D5038  berukuran 681k ( 2kv ) terlihat retak dan sudah Pasti itu rusak.
Setelah penggantian pada bagian C biru tersebut, saya coba memasang TR D5038 ,lalu saya nyalakan.  Alhasil masih mati tapi MCB tidak anjlok. Agak lega. 

Muter-Muter kesana kemari sampai copot TR penguat emitor segala ,Di benak saya pun muncul sebuah inisiatif untuk mengganti TR D5038 tadi dengan seri yang lebih besar.
,yaitu seri TR ragulator D4998.

#Ekseperimen yang Berhasil

Setelah penggantian transistor  D5038  dengan D4998 permasalahan selesai. TV menyala dengan normal. meskipun dulu Pernah bermasalah satu garis horizontal.
Slesai bayaran.

Tetapi yang menjadi pertanyaan "apa yang menyebabkan kerusakan pada AC-Matic tersebut?"Jelas bahwasanya capasitor biru berukuran 681k/2KV retak bisa menyebabkan tidak berfungsinya TR D5038 atau bisa juga menyebakan short.  Tapi Setelah di ganti capasitor dengan yang sama transistor D5038 tidak berfungsi.
 
Menurut saya kalau gak salah adalah TR D5038 setengah short.
Demikian kawan cerita saya di bulan romadhon menangani televisi mati. Ketika di hidupkan MCB listrik Di rumah langsung anjlok. 
 
Bila ada pendapat mengenai permasalahan ini bisa Di postkan di komentar.
.

0 Response to "Experimen Memperbaiki Kerusakan Ragulator Tv Cina "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel