Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Cara Memperbaiki Kerusakan TV tidak Bisa menyala

Cara Memperbaiki TV tidak Bisa menyala

Kerusakan tv tidak bisa menyala sama sekali lampu indikator LED tidak menyala banyak faktor dan penyebabnya. Jika di terjemahkan secara umum penyebab kerusakan televisi tidak bisa menyala yang paling sederhana yaitu:

1. Kabel streaker putus
Jika tidak teliti saat menemui kerusakan tv tidak bisa menyala, hal ini terlihat sepele namun kebanyakan kasus bisa disebabkan oleh bagianb ini. terutama untuk led tv yang menggunakan kabel ac model komputer, dimana pada bagian soket sering kendor. Coba di cek pada bagian tersebut. atau anda menggunakan kabel yang murahan sehingga mudah rusak. Untuk memastikanya bisa coba ganti menggunakan kabel lain. Kabel yang menggunakan serabut keci akan mudah rapuh jika digunakan jangka waktu lama. biasanya serabut kecil akan korosi dan menjadi debu.

2. Masalah pada terminal listrik
Ternyata pebnyebabnya hanya sepele hanya karena kurang teliti saat menemui kerusakan tv tidak bisa menyala. Untuk memastikan bahwa tv benar mati kita bisa menggunakan terminal lain untuk memaswtikan bahwa tv benar tidak nyala sama sekali.

3. Kerusakan pada power suplay tv

Keusakan pada power suplai tv bisa mengakibatkan tv tidak menyala sama sakali. Untuk hal ini bisa menggunakan cara yang telah saya rangkum pada bagian berikut ini.

Kita akan berbicara tentang tv tidak menyala sama sekali bukan membahas tentang tv standby. Karena itu lain kerusakan.

Di blog ini saya telah berhasil menulis beberapa jenis merek tv seperti polytron, lg, china, dan lainnya mengalami gejala tv tidak bisa menyala. Oleh karena itu saya hanya mengumpulkan beberapa kerusakan yang pernah saya tuliskan di blog ini.

1. Tv lg swing mati total

TV mati tidak bisa menyala dan tercium bau komponen terbakar. Penyebanya adalah kerusakan pada bagian blog horizontal yaitu capasitor c417 gosong. Penanganan cabut komponen capasitor C417 tanpa mengganti capasitor tersebut tv bisa menyala.

2. TV SHARP Universe mati

Gejala tv tidak menyala sama sekali. Ketika dicek pada bagian elko 450 volt masih menyimpan arus listrik. ini membuktikan bahwa listrik sudah masuk pada bagian power suplay. Namun hal ini juga mengindikasikan bahawa str f6653 tidak bekerja sehingga muatan listrik yang ada di elko tidak dapat terbuang oleh power suplai.

untuk mengganti str ada baiknya cek pada bagian kompoenn pendukung karena bisasanya kerusakan samacam ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian komponen pendukung seperti resistor. Jadi jagsna langsung mengganti str, jika tidak ingin rugi mengganti str f6653.

3. Tv polytron slim tabung tidak bisa menyala sama sekali

Prinsip yang digunakan pada power suplay polytron hampir sama terutama pada tv tabung. dari tv jaman dulu sampai sekarang hanya berubah pada beberapa komponen.

Kita akan membahas tentang gejala tv polytron tidak menyala diseretai dengan mcb anjlok. untuk penanganan masih sama seperti pada tv sharp namun ini menggunakan FET.

Elco 400 volt masih memuat tegangan ini tanda bahwa fet 7n65c belum bekerja atau tidak bekerja. Untuk itu, perlunya memeriksa semua komponen yang terhubung dengan fet ini. Terutama komponen aktif yaitu transistor t508 ,t509,t507 dan komponen utam ic 501 7n65c.

Elco yang masih menyimpan meski sudah jangka waktu lama sejak diputus dari arus, ini menandakan bahwa pada bagian elco 450v tidak menyuplay apapun. Hal ini dusebabkan oleh R534 putus atau bisa juga transistor t 508 putus.

Jika tv polytron slim mati total disertai mcb rumah anjlok maka ini menandakan bahwa ada komponen yang short. Ini biasanya di sebabkan ic 501/7n65c short antar kaki. Keadaan short terjadi pada ic 501 jangan langsung diganti dengan yang baru. Hendaknya cek transistor pendukung seperti A1515 c1815 cek semua tiga transistor yang ada di blog regulator primer tersebut.

4. TV polytron Diva

Kerusakan tv tidak mewnyala sama sekali juga bisa disebabkan bukan hanya dari power suplay saja. Karena beberapa kali juga sempat menemui kerusakan pada sekunder power suplai. diaman powerc suplai tidak bisa bekerja karena beban berat karena ada komponen yang sort. Pada tv polytron yang pernah saya temui pada polytron diva mati total disebabkon oleh pada bagian transistor horizontal c6090 short disebabkan oleh cpasitor pada colektor short.

5. Polytron minimax dipe mati total

Jika gejala kerusakan yaitu tidak ada reaksi apapun saat pertama kali dinyalakan. Anda harus waspada karena kemungkinan ada tegangan yang masih persamaan di blog ac matic, maka cek dulu menggunakan tester pada elko 400volt. Kemudian buang jika masih menyimpan tegangan.Hal ini biasanya dipicu oleh fet fs7um tidak bekerja. Kerusakan ini disebabkan oleh dua hal yaituFet fs7um mati dan resistor R531, R532, r528, putus.

Pertama cek pada resistor R531, R532, r528. Jika normal berarti fet memang dalam keadaan mati. Namun sebelum mengganti fet baru cek tegangan gate jangan lebih dari 4 volt. Seperti pada kerusakan pertama. Jika dirasa normal baru pasang fet fs7um baru.

6. Tv china tidak bisa menyala

Ada banyak macam merek tv china namun mesin yang digunakan hampir sama entah iti giatek, niko,maxreen dan lainnya.

Kerusakan umum tv china tidak bisa menyala sama sekali bisa disebabkan oleh bagian berikut ini:
  • Transistor d2498
  • Transistor driverA1015,C945/C3807  
  • C 681 k terletak di colektor transistor d2498 Dan juga komponen pendukung lainya.
  • Jika output power suplay ada namun drop ada kemungkinan. :
  • Transistor horisontal short jika  hanya b+ 115v drop.
  • Jika hanya 27 volt yang drop berarti ic vertikal short.
  • Jika semua output power suplay ada namun drop bisa jadi tv dalam kadaan posisi standby 
  • Atau bisa juga terjadi kerusakan pada blo ic optokopler yang terlalu besar input ke power suplay sehingga tegangan menjadi drop.
Itulah beberapa rangkuman sebagai refrensi untuk mengatasi kerusakan tv tidak bisa menyala sama sekali. Mungkin saja ada salah satu gejala bisa cocok dengan tv yang anda miliki.


 www.soldiradem.com
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Perkenalkan saya admin blog ini, Saya hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman saya dalam memperbaiki perangkat elektronik

Berlangganan via Email