Memperbaiki TV Polytron Diva Mati Total Tr Horizontal Short

barbagi pengalaman memperbaiki tv diva mati total yang disebabkan karena transistor horizontal short
Polytron diva 14 inci mati total - Kali ini mendapat job panggilan di tetangga desa untuk servis tv polytron Diva mati total . setelah saya cek benar adanya tv mati total lampu indikator tidak menyela.
Kata pemeilik tv ini mengatakan bahwa terjadi ledakan dan bau sesuatu terbakar.

Setelah tv saya buka, terlihat baik saja namun ada yang janggal yaitu ada sodaranya yang gosong pada bagian kaki capasitor resonant. Ini menandakan terjadi korsleting hebat pada kapasitor ini.
Ternyata benar, capasitor berukuran 9n1 2000 v ini terbakar dan short. 

Pasti transistor horisontal juga ikut jebol.jika keadaan capasitor resonant ini dalam keadaan short. Transistor horizontal pada TV polytron diva ini menggunakan seri D18030dfh. 

Kerusakan menyangkut transisitor horizontal sangat ristkan terhadapa kerusakan yang lain, sehingga harus extra hati" dalam menangani TV dengan gejala transistor horizontal jebol. Terlebih jika masalah pada flyback. 

Karena tv ini mati total saya juga mengecek fet ac matic dengan tipe7n65c yang ternyata normal. Mungkin matot di sebabkan oleh shortnya tr horizontal sehingga  revulator tidak dapat menyala.
Cari ditoko terdekat capasitor resonant sangat sulit didapat sehingga memaksa saya untuk menggunakan komponen bekas sebagai ganti. Dan ukuranya pun harus sama.   Jika merubah nilai pada capasitor akan sangat berbahaya. Karena dengan merubah nilai bisa menyebabkan tegangan pada flyback meningkat. Sehingga akan berbahaya bagi tr horisontal. 

Dan transitor dengan tipe D18030dfh Ini juga sulit didapat di toko daerah saya, sehingga saya mengganti dengan trabsisitor seadanya saja yaitu trabsisitor. Jenis c 6090 karena biasanya semua jenis TV polytron saya mengganti dengan tipe 6090  bisa normal dan tahan lama. 
Bejo, ternyata setelah penggantian transistor dan capasitor TV menyala normal dan tidak tumbuh kerusakan yang lainnya.  Panas transistor pun normal setelah saya tes beberapa saat. Hanya anget saja tidak langsung panas.  Ini menandakan kerja trnsisitor normal. Bahkan flyback pun tidak ada masalah. 

Dengan susuah paya saya mencari komponen karena harus pergi ke toko elektronik sehingga waktu pengerjaan sangat lama karena komponen. Harus ngiras ke toko . Sehingga TV polytron diva 14 inci ini memakan waktu dua hari. Sambil mengerjakan kerusakan TV yang lainya. 

TV polytron diva 14 inci mati total dengan mengganti capasitor 9n1 dan transistor horizontal c6090 terselesaikan dengan biayaya total 70 ribu rupiah. 
Lumayan.... Hehee

3 Responses to "Memperbaiki TV Polytron Diva Mati Total Tr Horizontal Short"

  1. Assalamu alaikum mas mas sy unya tv politron diva 21" disamping tr horisontal ada tr drever kebakar dah ngak jelas lagi no serinya mohon bantuanya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga tidak tahu persis seri tr nya lupa , namun saran saya, cari sekematik tv polytron diva, nanti akan paham. namun dari pengalaman yang pernah saya alami transistor driver horizzontal tv polytron itu hampir rata- sama.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel