Memperbaiki TV POLYTRON MINIMAX 14" Standby tidak bisa start sama sekali

Tv polytron minimax standby - Polytron memang produsen terbesar memproduksi tv crt. Maka tidak heran jika tv dengan merek ini beredar sangat banyak di pasaran. Oleh sebab itu kebanyakan servisnya di dominasi oleh produk ini.


Kali ini saya mendapat servis tv polytron minimax ukuran 14' mengalami standby. Tidak bisa start.

Kondisi dari tv ini sangat memperihatinkan. Karena sekian lama tidak dipakai. Part didalamnya mengalmi korosi. Sehingga sangat ristkan terhadap komponen pasif seperti resistor dan kaki komponen yang lainya.

Pada saat pengukuran pertama kali, terukur pada b+115 v mengalami penurunan sekitar 60 Volt. Mencoba menstartkan tv namun tidak ada respon tegangan sedikitpun.

Kemudian saya mencoba untuk melepas transistor c6093. Pengukuran pada tr tersebut tidak ada tanda kerusakan.

Tv coba saya startkan. Alhasil tv polytron ini mau start . trukur b+ normal 115v. Namun beberapa saat kemudian tv kembali standby.

Baca juga;memperbaiki tv polytron diva mati total 

Percobaan menyalakan secara berulang beberapa kali tanpa memasang tr horizontal dan defleksi Yoke. Sampai pada akhirnya tv mengalami kelainan yaitu flyback berbunyi berderik dan lampu berkedip. Bersmaan dengan itu terjadi pengedropan tegaangaan b+ 115 volt menjadi 20v saja. Ini menandakan bahwa kerusakan terjadi pada flybac.

Sayang sekali no seri yang menempel di flyback sudah hilang. Alhasil, saya searching di google. Karena tv minimax ini ternyata sudah menggunakan suplay vertikal dari flyback yaitu 12-12+ maka ini bisa menggunakan flyback polytron apapun yang penting kakinya sama.

Searching kesana kemari saya menemukan flyback dengan no seri jf 0501-19577 yang kakinya sama dengan yang tertera di pcb kaki flyback. Yaitu

C - B+115V - GND - NC - 185V - H - 25V - ABL - 12 - 12

PERSAMAAN  FCM 20B601N kaki sama.

Karena saya temukan di toko terdekat yang seri jf 050 maka berarti tidak mengubah kaki sama sekali. Flyback tersebut biasanya digunakan untuk tv ukuran 21' namun digunakan pada ukuran tv yang lebih kecil tidak jadi masalah.

Penggantian flyback dengan yang baru saya lakukan. Tv mau nyala sebentar kemudian standby. Berarty protek. Karena tegangan pada saat start terukur normal. Langsung saja saya mengganti elco 1 uf di area vertikal.

Baca juga : servis TV polytron protek layar gelap pelangi

Tv kembali normal dan tidak standby lagi.

Sampai sekarang tv polytron minimax gejala standby tidak kambuh lagi meski komponen sebagian sudah berkarat.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Memperbaiki TV POLYTRON MINIMAX 14" Standby tidak bisa start sama sekali"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel