Pengetahuan Dasar Elektronika yang Wajib di Ketahui untuk Pemula

Dasar elektrinika
SOLDIRADEM BLOG - Mungkin tujuan dari mempelajari elektronika mempunyai tujuan yang berbeda-beda, ada yg sekedar ilmu pengetahuan,ada juga yang ingin menjadi tukang reparasi,atau sekedar hobi dan lain sebagainya. Dan yang akan berhasil menguasai materi ini apa bila ke-2 tujuan tersebut disatukan sehingga menjadi satu komposisi yang siap diracik menjadi lebih Joss.

Pengetahuan Elektronika dasar harus wajib kita ketahui, sebelum menginjak ke aspek yang lebih jauh. bukan hanya ekektronika, segala ilmu apapun juga, kita memang wajib mempelajari dasar terlebih dahulu. Disini kita akan membahas mengenai apa yang harus di pelajari sebagai dasar Pengetahuan yang nantinya kita bisa kembangkan lebih jauh lagi. Berikut ini saya akan mengulas untuk anda ketahui ,apa saja yang meski di persiapkan sebelum anda benar-benar terjun ke dunia servis elektro pada khususnya.

1. Mengenal arus dan tegangan listrik
Kalau kita ibaratkan di dalam elektro, arus dan tegangan adalah air yang siap digunakan sebagai penyuplay kehidupan. Oleh karena itu hal ini sangat penting di pahami. Lalu apa itu arus dan apa itu tegangan?.mari kita pahami dan bedakan! Arus dan tegangan sangat berkaitan erat. Oleh karena itulah orang sering menyebut suatu tegangan terdapat arus di dalamnya 
penngertianya sebagai berikut;

- Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang diakibatkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan Ampere. Arus sering juga sering orang menyebutnya daya dari suatu Volt. Arus dibedakan menjadi dua macam yaitu arus AC dan DC. 
Arus Ac merupakan arus bolak-balik  sedangkan DC mempunyai dua muatan yaitu  positive dan negative. Sebagai pemahaman yang mudah bisa di gambarkan arus AC merupakan arus yang belum disearahkan oleh penyearah dioda sedangkan arus DC biasanya dalam rangkaian sudah disearahkan oleh dioda menjadi dua arah yaitu positive dan negative yang difilter oleh elko sehingga siap untuk menyuplay semua rangkaian yang ada.

-Tegangan
Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan V) volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik.

2. Memahami komponen dasar
Dalam topik ini, kita bisa mempelajari berbagai macam dan jenis komponen di dalam elektro. Komponen menurut jenisnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu komponen aktive dan pasive. sedangkan pengertianya sebagai berikut;

- Komponen aktif adalah  komponen-komponen di dalam rangkaian elektronik yang mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik. Di antaranya adalah transistor, tiristor, diode, dan tabung vakum.
-komponen pasive adalah komponen-komponen di dalam rangkaian elektronika sebagai pendukung komponen aktive atau lebih tepatnya komponen pasif bersifat nenghambat, memfilter,menyetabilkan,jenis arus. sebagai contoh, resistor, elco,capasitor,dll.

3. Memahami simbol-simbol komponen
Dalam rangkaian yang meski harus di  pahami selanjutnya yaitu Simbol komponen. Simbol sangat penting karena berkaitan dengan pemahaman gambar skema rangkaian. pemahaman yang salah di materi ini maka kita akan kesulitan  di skema . Faktor penting di dalam topik simbol komponen adalah memahami simbol dari komponen dasar aktif  dan pasif. Simbol gambar komponen aktif di antaranya ialah simbol transistor, ic,dioda ,kaki ic, dll.
Simbol gambar komponen pasive di antaranya simbol resistors, capasitor,elco,lilitan,dll.
Selain simbol di dalam gambar skema,di badan komponen terdapat beberapa simbol yang wajib anda fahami di antaranya ialah simbol warna, angka, no. seri, huruf,merek.

4. Memahami gambar skema rangkaian
setelah mengenal Simbol komponen maka selanjutnya Memahami gambar skema rangkaian. Kedua hal yang sangat berkaitan tentang pemahaman gambar skema sumbol.

5. Pengggunaan AVO METER
Di dalam dunia elektronika AVO sangat penting, karena fungsinya sangat vital dan juga multi fungsi.  AVO meter sering juga disebut tester,multi tester. Avo ialah singkatan dari; ampere,volt,ohm, jadi di dalam alat AVO meter terdapat beberapa fungsi yaitu ampere sebagai mengukur Arus, Volt sebagai pengukur tagangan,dan Ohm sebagai pengukur hambatan.
Jika anda belajar di bidang kelistrikan maka anda akan selalu bertemu dengan alat ini.

6. Pengukuran komponen
Yang ke enam ini kaitanya dengan multiteste dan komponen. Sebagai mana yang pernah anda ketahui bahwasanya pengukuran meski memakai alat. Oleh karenaanya pemahaman pengukuran komponen adalah dasar daei pembelajaran elektro.
Ketika suatu saat anda telah faham dan terjun ke dunia elektro maka anda akan merasakan betapa pentingnya pengukuran komponen dasar yang pernah anda pelajari dari awal.

8. Mengenal blog di dalam rangkaian
setelah anda faham dengan yang saya sebutkan di atas maka anda akan segera menginja ke bagian pemahaman blog rangkaian. Tapi sebelum memahami blog rangkaian biasanya anda harus memahami dari satu persatu, pertama anda kenali rangkaian power suplay. Power suplay dipahami dulu  lalu anda akan mengenalinya dalam sebuah rangkaian, sebab di dalam sebuah mesin elektronik power suplay akan selalu ada. Jadi rangkaian power suplay merupakan blog yang paling wajib anda pelajari terlebih dahulu di materi ini.

Setelah anda paham dengan PSU maka anda akan mempelajari beberapa blog yang ada disdebuah mesin elektronik yang terdapat beberapa blog yang fungsinya berbada-beda.
Setelah anda kenal rangkaian power suplay selanjutnya pemahaman mengenai blog amplifier.
Amplifier didalam elektro biasanya disebut juga sebagai penguat. Tapi yang termudah dan dasar pelajarilah Amplifier audio. Amplifier audio juga sangat dasar sekali karena hampir semua perangkat menggunakanya.
Setelah penguat selanjutnya yaitu radio. Radio merupakan gelombang frekwensi. Jadi hubunganya dengan signal. Setelah anda faham dengan sistim radio maka anda sudah mendapatkan dasar dari sistim sugnal.

Kesimpulan 

Selain yang saya sebutkan di atas dasar-dasar materi elektronika mungkin lebih banyak lagi jika di bahas lebih seknifikan,tetapi yang harus di pahami di atas adalah sekedar gambaran bagi anda yang ingin mempelajari bidang elektro yang nantinya anda bisa mengembangkanya sendiri.

Dilihat cara mempelajarinya elektronika sangat membutuhkan ketekunan dan niat. Semua tergantung dari masing masing tujuan. Jika tujuanya hanya sekedar ilmu pengetahuan maka akan sangat berbeda dari kenyataan. Secara materi elektronika sangat rumit dipelajari jika hanya membaca tanpa praktek. 

Jika tujuanya adalah untuk menjadi tukanng reparasi elektronika, ini akan lebih mudah dibandingkan hanya sekedar membaca materi. Ini terbukti akan lebih mudah jika lebih banyak praktek daripada hanya sekedar membaca materi. Alasanya adalah di dalam elektronika terkadang materi dengan praktek tidak bisa di katakan berbanding lurus. Saya pun membuktikanya sampai saat ini sebagai seorang tukang reparasi berbagai macam barang elektronik, saya berpendapat demikian. Bisa dikatakan pengalaman adalah pelajaran terbaik dari hanya sekedar membaca materi. Saya masih ingat ketika itu saya masih duduk di bangku sekolah elektronika, guru saya mengatakan pelajaran teknik akan lebih mudah di pahami apa bila diisi dengan 75% praktek dan 25% materi. Jadi bagi anda yang mungkin saat ini sedang memulai atau ingin menjadi seorang ahli dalam reparasi elektro maka saya sarankan pelajari materi dasar lalu terjun ke praktek, seraya anda akan di tuntun ke dalam materi. Seribu pertanyaan menanti anda untuk di pecahkan secara praktek dan di dorong dengan materi yang ada.

Demikian sedikit gambaran materi dasar jika anda ingin terjun ke dunia elektronika. Semoga menjadi refrensi untuk anda fahami.


1 Response to "Pengetahuan Dasar Elektronika yang Wajib di Ketahui untuk Pemula"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel