Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Berapa Ukuran Resistor Transistor Final?

Ukuran transistor final

Ukuran resistor transistor final
- Dalam sebuah rangkaian paralel transistor final yang sederhana terdapat komponen pendukung berupa resistor.  Mungkin bagi anda yang baru merakit memiliki buah pertanyaan seperti apakah harus menggunakan resistor pada basis dan emitor.  atau yang anda bingung berapa ukuran resistor basis transistor final. berikut merupakan ulasan apa pertimbangannya menggunakan resistor pada transistor final. 

1. Resistor kapur emitor

Resistor kapur yang banyak digunakan antara 0,47 dan 0,5 ohm semakin kecil semakin besar output yang dikeluarkan oleh daya transistor. Jadi mungkin jika ada yang lebih kecil bisa lebih baik. Pada beberapa kasus resistor ini bisa mengindikasikan kerusakan transistor final apabila terlihat terbakar dan ini bisa mencegah ke seluruh transistor mengalami kerusakan. 

2. Resistor basis 

Resistor basis ketika kita ingin merakit secara paralel maka sering menggunakan resistor 10 ohm. dan sebenarnya tidak harus 10 ohm kita bisa menggunakan lebih besar maupun lebih kecil. 

Dalam beberapa kasus kita sudah pernah mencoba tidak menggunakan resistor basis mungkin juga lebih baik secara performa, namun tidak secara keamanan. 

Efek negatif menggunakan resistor basis yaitu kinerja transistor final tidak maksimal dan kadang tidak seimbang apabila resistor memiliki toleransi tinggi, karena jelas ukurannya tidak persis sama. akibatnya kran basis transistor memberikan daya yang berbeda pada setiap transistor. 

Tapi tugas sebenarnya resistor ini menyeimbangkan kinerja signal dari buffer transistor driver. 

Jadi tidak memasang resistor basis bisa kerja maksimal dari transistor final, tetapi demi keamanan anda bisa menggunakannya. misalnya transistor driver jebol setidaknya arus dc akan dibatasi oleh resistor basis tersebut. Semakin semakin kecil resistensi semakin sensitif selayaknya fuse. 

Jadi kenapa amplifier memiliki daya besar sering menggunakan resistor basis ini kemungkinan sebagai fuse mengamankan banyak transistor final sekaligus. sedangkan anda yang baru merakit untuk daya kecil resistor ini tidak begitu penting. misalnya hanya 2-4 pasang saja masih aman langsung pasang tanpa resistor fuse. 

Baca juga: merakit transistor final paralel

Demikian mengenai ukuran resistor transistor final semoga menjadi pertimbangan untuk memasang atau tidak itu tergantung bagaimana kita bereksperimen. karena secara pengaruh tidak begitu terdengar. 


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.