Cara Sederhana Memperbaiki TV Cina Mati Standby

Cara Sederhana memprbaiki tv Cina Mati StandbyCara memperbaiki tv cina mati standby..Standby pada chassis TV Cina ditandai dengan lampu indikator standby menyala namun TV tidak bisa start. 

Pengalaman yang pernah saya alami dari beberapa kasus kerusakan TV Cina mati standby terkadang ada yang menipu. Jadi, ketika TV dinyalakan TV terlihat seperti standby. Namun kenyataanya tegangan normal semua. Nah disinilah pengalaman kita diuji. 

Untuk memperbaiki tv cina mati standby jika gejalanya sperti itu, saya biasanya memutar adjust screen pada flyback. Biasanya akan terlihat pada layar bagaimana kerusakan yang di alami oleh TV tersebut sperti dilayar nampak satu garis vertikal dan horisontal saja.

Jika sudah seperti itu, maka akan terlihat blog mana yang bermasalah. Misal satu garis vertikal berarti masalah terjadi pada blog horizontal, hal ini biasanya ditandai dengan flyback tidak mengeluarkan bunyi atau senyap saja. Ini disebabkan oleh sinyal oscilator horizontal tidak bekerja. Sehingga demper pembangkit horizontal tidak dapat bekerja. 

Jika hanya satu garis horizontal berarti blog vertikal terdapat kerusakan, namun jka terjadi kerusakan pada vertikal flyback terkadang bekerja. Dan terdengar dengungan flyback bekerja kecuali ic vertikal short maka biasanya semua tegangan menjadi drop. 


TV cina standby tegangan drop

Jika normal, TV standby memang di buat menjadi sedemikian yaitu tegangan diturunkan semua. Jika di remot pada power, tegangan akan kembali naik seiring dari perintah dari ic cpu. Namun ketika dionkan tegangan tidak bergerak sama sekali berarti perintah tidak sampai ke power supplay.

Sehingga menimbulkan pertanyaan bahwa kerusakan terjadi pada transistor yang berfungsi menstarkan atau sebagai saklar bermasalah. Jika di rangkaian TV wcom transistor ini sering di handle oleh, c1815, c945 dekat rangkaian blog audio. Bagi yang menggunakan ic pemfilter tegangan 7812,7805 periksa masing masing output terutama pada ic 7805,untuk menyuplai ic cpu. 

Tv cina Standby kadang bisa hidup kadang tidak bisa start kadang mati sendiri

Permasalahan ini biasanya di sebabkan oleh elco yang melembung dan kering pada bagian output regulator berukuran 1000uf /35v,470uf/35v,47uf150v,100uf/160v.Jika dilihat secara kasap mata akan terlihat elco yang melembung pada bagian atas body elco. Maka segera ganti elco tersebut langsung cling! 

Demikian cara meemperbaiki TV Cina mati standby semoga membantu!!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.