Tutorial Cara Mencegah TR Horizontal Jebol Lagi

Transistor horizontal jebol memang masih menjadi permasalahan yang sangat pelik pada tv crt. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi teknisi tv. Karena di beberapa kejadian, teknisi kehilangan transistor horizontal baru bukan hanya satu kali, namun beberapa kali. Setiap ganti yang baru, jebol lagi. Oleh sebab itu kali ini saya akan shere cara mencegah agar transistor horizontal agar tidak jebol lagi.

Pertama pemahaman dari segi teknik perbaikan:

1.    Pertama, lepas tr yang mati, kemudian hidupkan tanpa tr horizontal. ketika menemukan transistor horisontal mati, jangan langsung diganti. Ukur dulu tegangan b+ pada suplay flyback 115volt. Karen penyebab transistor rusak bisa jadi b+ over.
baca juga: memperbaiki tv lg tr horizontal jebol terus
2.    Cek dioda damper pada transistor horizontal ini biasanya di paralel dengan colektor transistor horisontal Bersamaan capasitor resonant.

Cara pencegahan agar tr tidak langsung short:

1.    Nah untuk uji coba pada saat menggunakan transistor horizontal baru, gunakan bohlam ukuran 100 watt yang di seri dengan kaki kolektor transistor horizontal sebelum menuju pcb untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

Tutorial Cara Mencegah TR Horizontal Jebol Lagi

2.    Pada tahap uji coba biasanya jika bohlam langsung menyala terang berarti ada permasalahan pada blog horisontal misalnya, capasitor resonant mengalami perubahan nilai. Terutama mengalami penurunan capacity. Hal ini akan lebih mudah jika kita memiliki esr meter. Karena sebelum menyalakan tv bisa mengukur dengan pasti berapakah nilai kapasitas ada resistance capasitor resonant. Misalnya capasitor resonant dalam keadaan normal atau malah sudah diganti dengan yang baru namun masih menyala terang. Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada flyback tv.

3.    Jika bohlam meredup, cek pada tegangan heater dan screen. Apakah ada tegangan. Jika flyback rusak output flyback tidak akan muncul pada keduanya.


Cara kedua dengan menggunakan resistor 20ohm 20watt resistor kapur. Atau setelah menggunakan bohlam kurang yakin. Cara kerja:
1.    Seperti penggunaan pada bohlam. Resistor ini diseri dengan kaki kolektor tr horisontal sebelum ke pcb.

2.    Gunakan satu resistor. Hal ini dilakukan jika menggunakan bohlam sudah dilakukan sehingga benar benar aman.

3.    Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:
Tutorial Cara Mencegah TR Horizontal Jebol Lagi


4.    Setelah beberapa saat coba sentuh transistor horisontal. Jika panas berlebih berarti permasalahan pada bagian horisontal masih ada. Saat menyentuh tr, jangan kondisi menyala ya!
baca juga:cara memperbaiki tv layar hanya satu garis horizontal
5.    Jika panas normal coba menggunakan dua resistor yang di paralel sehingga impedance lebih kecil. Terus monitor panas pada transistor horizontal.

6.    Jika panas normal, dan sudah yakin Silahkan pasang transistor secara langsung.

Ini hanyalah sebagai pencegahan terhadap kerusakan transistor horizontal baru. Pada beberapa kasus hal ini tidak berlaku jika kerusakan dengan gejala. Misalnya: setelah ganti transistor horizontal beberapa hari sudah digunakan, jebol lagi. Ini menjadi “PR” tersendiri bagi teknisi. Dari pengalaman saya ini disebabkan karena beberapa faktor:

a.    Transistor palsu
b.    Transistor diganti dengan seri yang berbeda dari aslinya.
c.    Dan disebabkan oleh dioda damper ada yang bocor

Semoga bermanfaat!
Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu cara mudah mengatasi tr horizontal jebol terus…….
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

6 komentar untuk "Tutorial Cara Mencegah TR Horizontal Jebol Lagi"

Uchen Jeffrie 28 Juli 2018 pukul 23.20 Hapus Komentar
Bang tolong bantu dong ane newbie nih, cara merakit power supply untuk ampli ber-input 45v 10a gimana, komponen apa dan ukuran berapa saja yang saya perlukan dan langkah langkah cara merakitnya, trims
Muhlisun TMG 29 Juli 2018 pukul 02.06 Hapus Komentar
lihat aja di google sudah banyak yg shere cara embuat power suplay amplifier. mungkin lain waktu saya akan buat tutornya
Muhlisun TMG 30 Juli 2018 pukul 12.13 Hapus Komentar
ini gan sudah saya buatkan beberapa model http://soldiradem.blogspot.com/2018/07/cara-membuat-power-suplay-untuk-power.html
Unknown 25 Agustus 2018 pukul 02.10 Hapus Komentar
Dioda dumper ini apa gann
Unknown 17 November 2018 pukul 16.09 Hapus Komentar
Met siang bos , mesin cina ane ew nya kelewat panas ampe tahanan nya gosong..kenapa ya bos? Padahal mesin nya baru di beli alias grees mesin cina 29inci
Unknown 14 Maret 2020 pukul 17.46 Hapus Komentar
And pernah ngalami tr horizontal di nya lain bentar panas terus bgt akhirnya and ada ide ganti Resistor yg menuju ke tr driver horizontal bag.colektor dan masalahnya teratasi smp skrg!