Beberapa Jenis Kerusakan Defleksi Yoke Kekinian dan Cara Mengatasi

Defleksi Yoke pada TV Tabung sangat kompleks fungsinya sehingga jika terjadi kerusakan pada defleksi yoke TV CRT akan mengalami gejala Cacat tampilan sepert; Gambar melengkung, hanya satu garis vertikal, hanya satu garis horizontal, tampilan layar hanya garis-garis, dan bisa mengakibatkan tv mati total. 

Defleksi yoke pada tv tabung memang sering menimbulkan kerusakan karena komponen yang terdiri dari lilitan kawat email bekerja pada frekuensi dan tegangan tinggi, akibatnya defleksi yoke menimbulkan panas. Terlepas panas juga ditimbulkan oleh tabung CRT. 

Fungsi vital defleksi yoke adalah membelokkan cahaya yang dipancarkan oleh katoda Pada CRT. Jadi ketika tv pertama kali dihidupkan Defleksi yoke akan bekerja pada sinyal yang diberikan oleh rangkaian vertikal dan horizontal. 

Ada dua jenis lilitan yang perlu diketahui jika anda masih awam tentang defleksi yoke yaitu ; 

Beberapa Jenis Kerusakan Defleksi Yoke Sering terjadi
Bagian defleksi yoke vertikal

Defleksi Vertikal yang bertugas untuk membuka layar bawah keatas. Letak lilitan Defleksi Vertikal terletak pada bagian luar. Sistem yang digunakan ialah sistem lilitan paralel. Jika anda membongkar lilitan vertikal akan ada dua sambungan antara lilitan atas dan lilitan bawah. 

Beberapa Jenis Kerusakan Defleksi Yoke Sering terjadi
gulungan yoke horizontal bagian dalam

Defleksi Horizontal yang bertugas membuka layar menyamping kiri kanan. Letak lilitan horizontal pada umumnya berada di bagian dalam. Rangkaiannya juga sama yaitu paralel antara lilitan kanan dan lilitan kiri./lilitan atas bawah.  

Baca juga: Tanda bahwa defleksi yoke rusak

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman tentang beberapa kerusakan yang disebabkan oleh defleksi yoke vertikal dan horizontal. 

1. Defleksi yoke Bergetar

Gejala awalnya terlihat satu garis horizontal dan Terdengar suara getaran dari lilitan vertikal. Tapi kadang tampilan layar normal disertai suara getar hilang. Dan terkadang bisa ditandai dengan layar menciut bergelombang.

Jarang terjadi pada beberapa tv merek lawas. Kerusakan Ini sering ditemui pada tv model slim. Penyebabnya  karena lilitan defleksi yoke pada tv slim memilki pola lilitan lebih panjang dan lebar dibanding dengan lilitan defleksi yoke tv model lawas memilki lilitan pendek. 

Kerusakan  Defleksi yoke kendor bergetar bisa diatasi dengan cara melilit ulang gulungan vertikal. Tentu tidak asal menggulung. Syaratnya harus rapi dan Seimbang antara gulungan kanan kiri atas bawah. Gangguan cacat tampilan akan terjadi jika lilitan tidak rapi. Ciri gulungan tidak rapi ialah; terdapat flek gambar pelangi, ada layar tidak penuh pada bagian pojok layar. 

Melilit ulang hanya bisa dilakukan pada gulungan vertikal. Sedangkan lilitan horizontal hampir mustahil untuk digulung ulang secara manual. 

2. Defleksi yoke putus 

Gajala kerusakan ditunjukan dengan tv satu garis vertikal. Pada tv yang sudah menggunakan sistem protek melalui jalur vertikal seperti polytron maka ditandai dengan protek. Pada gulungan horizontal jika putus akan ditandai satu garis vertikal. Dan kadang mengakibatkan tv tidak bisa start. 

Gulungan pada lilitan vertikal bisa dicari apakah bagian bawah atau atas. Bisa diatasi dengan menggulung ulang seperti pada kasus pertama di atas. baca juga: cara memperbaiki lilitan yoke vertikal putus

Sedangkan pada lilitan horizontal sering terjadi kerapuhan pada kawat email. Sering terdapat jamur biru yang mengakibatkan kawat korosi dan menimbulkan putus lilitan. Ini bisa diatasi dengan menyambung jika hanya terjadi pada lilitan bagian luar. 

Jika yang terjadi adalah terbakarnya lilitan horizontal maka tidak bisa diatasi kecuali mengganti defleksi yoke secara keseluruhan. Bisa mengganti dengan defleksi bekas yang masih bagus atau membeli baru. 

3. Cincin konvergen dan divergen dan purty

Beberapa Jenis Kerusakan Defleksi Yoke Sering terjadi
Cincin konvergen dan divergen dan purity

Ketiga cincin merupakan kolaborasi untuk menyempurnakan elektron yang dipancarkan dari leher tabung. Jika settingan berubah mengakibatkan gambar menjadi ada pembatas warna. Setiap warna akan ditempeli oleh warna yang lain. Dengan bahasa lain ada garis tepi yang menonjol dan berwarna warni merah hijau biru. Bca juga: 5 komponen pendukung tabung

Cara mendeteksi putusnya atau rusaknya defleksi yoke 

Pertama gunakan Ohm meter X1 

Uraikan satu persatu. pisahkan rangkaian paralel antar bagian. 

Misalnya yang bermasalah adalah bagian vertikal maka harus memisahkan antara lilitan atas dan bawah. Kemudian baru diukur menggunakan Ohm meter. Begitupun sama pada bagian horizontal harus dipisahkan antara lilitan kiri dan kanan. Dengan begitu anda akan tahu bagian mana yang putus. Jaran terjadi jika kedua blok lilitan putus bersamaan kecuali memang terbakar atau kabelnya yang rusak.

Pengetahuan ini hanya untuk Refrensi dalam mendeteksi kerusakan defleksi yoke dan mengenali gejala. Untuk lebih jelas bagaimana cara melakukannya anda bisa lebih mengerti dengan konten visual /video. 

Terimakasih! www.soldiradem.com

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk " Beberapa Jenis Kerusakan Defleksi Yoke Kekinian dan Cara Mengatasi"