Eksperimen Mengganti Devleksi yoke Layar 21 inc dengan 14inc

SOLDIRADEM BLOG - Kali ini saya mendapat servisan TV Digitec Canghong layarnya berukuran 21 inci dengan keluhan layar bergetar dan menyempit tersisa layar sekitar 5 inc. Setelah saya coba nyalakan, bahwa yang dikeluhkan benar terjadi, tapi ada yang aneh yaitu ada asap yang mengepul di sela-sela casing TV dan berbau khas persis seperti plastik terbakar.

Dengan penuh duga, firasat saya mengatakan bahwa ini adalah bau khas devleksi yoke yang terbakar. Hal ini terbukti, Setelah saya coba membuka defleksi yoke terdapat satu bercak berwarna hitam.  Dengan kondisi terbakar dan sudah ada yang terputus.
Dengan demikian sayapun bergegas mencari yoke di persediaan saya. Karena tidak ada yang sama persis, saya mendapat sebuah yoke bekas TV 14 Inci yang kebetulan lubang leher tabungnya sama dengan Digitec 21 Inc.
Saya pikir ini adalah eksperimen saya pertama kali mengganti defleksi yoke 21Inc dengan 14 Inc. Coba coba ini ceritanya.


Setelah pemasangan dengan penuh keyakinan TV pun saya nyalakan,  lalu apa yang terjadi?, yup TV menyala normal tidak ada indikasi kelebaran layar. Demper pun panas normal. Tapi kesalahan saya adalah mencopot cincin konvergensi tidak hati-hati sehingga tampak gambar warna yang berhimpit. Yah, sudah saya menyerah kalau setting Hal ini seharianpun sayang tetap gak nemu setingan yang pas. Hal ini saya jadikan pelajaran besok jika menemukan kerusakan seperti membokar komponen pendukung tabung.
Demikian eksperumen pertama saya menangani yoke yang terbakar dan mengganti dengan yoke yang sama lubang leher tabungnya tapi impedansinya sedikit berbeda yang penting Demper normal dan vertikal normal juga. Saya bahkan tidak mengukur impedansinya berapa.

Jadi kesimpulanya adalah sbb;

1. Mengganti yoke TV 21 inc bisa asalkan lubang leher tabung sama besar,dan jenis tabung sama sama cembung. 

2. Penggantian yoke 21'bisa menggunakan bekas tabung TV 14 INC asalkan Demper horizontal dan vertikal panas normaal, ini menandakan bahwa mereka tidak kelebihan beban. Dan yang tidak kalah penting layar juga harus normal.

3. Hati hati saat mencopot cincin konvergensi yang terdapat di belakang yoke jangan sampai bubar. Jika bubar yah sudahlah mungkin bisa di setting ulang jika bisa.

Entah kebetulan atau pasti. Yang penting TV dapat menyala normal sampai sekarang. Itu sedikit catatan saya hari ini semoga menjadi ingat di kemudian hari. See you!!

0 Response to "Eksperimen Mengganti Devleksi yoke Layar 21 inc dengan 14inc"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel