Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara mengatasi TV SAHARP Layar Menciut Bergelombang

Cara mengatasi TV SAHARP Layar Menciut Bergelombang
Tv layar menciut bergelombang
Soldiradem blog - Kali ini saya akan menuliskan tentang bagaimana menangani layar tv sharp menciut sisa 7-10cm bergelombang. Jika dilihat dari gejalanya ini permasalah pada defleksi yoke vertikal rusak terbakar atau bisa putus.

Jika dilihat dari keluhan user tv shap picolo flat ukuran 21 inci ini telah lama tidak digunakan. Ketika di hidupkan layar menciut dan bergelombang tidak beraturan. Bisa kita tebak bahwa kerusakan ini disebabkan oleh defleksi yoke mengalami kerapuhan pada kawat emailnya. karena tv ini sudah tua keluaran 2010.

Setelah dibuka dan diukur menggunakan ohm meter ternyata masih konek antara lilitan kiri dan kanan.

Jika hanya mengukur secara langsung seperti itu, kita tidak pernah tahu lilitan mana yang putus karena defleksi yoke vertikal menggunakan 2 lilitan yaitu atas dan bawah. Defleksi yoke menggunakan lilitan atas dan bawah dengan sistem paralel. Untuk memastikanya kita harus membongkar sistem paralel memisahakan antara lilitan atas dan bawah. Kemudian baru diukur menggunakan ohm meter.
Cara mengatasi TV SAHARP Layar Menciut Bergelombang
lilitan defleksi vertikal

Defleksi yoke yang digunakan tv sharp ini ternyata memang rusak pada bagian lilitan atas. Bagian bawah ketika diukur menggunakan ohm meter masih menymbung dan normal.

Karena defelksi yoke cenderung mahal dan sulit mencarinya kita bisa menggunakan cara yang lebih cepat namun kadang cara ini juga memilki kekurangan yaitu layar akan mengalami sedikit gangguan entah itu ada gelombang bagian atas dan ada flek layar pelangi.

Cara yang saya terapkan yaitu saat membongkar lilitan defleksi saya menghitung lilitan masing-masing sisi. misalkan sisi kanan 40 maka kiri juga harus 40. Entah ada kaitanya dengan gambar yang dihasilkan atau tidak, namun yang pasti ini sering saya lakukan dan terbukti berhasil.

Membongkar hanya sampai pada kawat email yang putus kemudian disambung menggunakan tinol kemudian bisa dililit lagi sesuai dengan hitungan. kerapian lilitan  juga bisa berpengaruh pada hasil.

Apakah benar berhasikl dengan melilit ulang defeleksi yoke vertikal?
berhasil meskipun ada sedkit cacat namun pemilik puas karena tv bisa membuka dengan sedikit biaya.

Apakah melilit ulang juga bisa diterapkan pada defleksi horizontal?

Tidak bisa, karena pada defleksi yoke horizontal terdapat aturan yang tidak bisa kita tiru seperti build mesin. mungkin jika terlihat email putus pada bagian luar kita masih misa mengorbankan satu lilitan untuk dijadikan sambungan. jika membongkar ini tidak akan berhasil lebih baik beli yang baru.

Hal ini juga berlaku pada tv lainnya!!
Baca juga: cara memperbaiki defleksi yoke putus

Demikian shering saya kali ini semoga bermanfaat.
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Perkenalkan saya admin blog ini, Saya hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman saya dalam memperbaiki perangkat elektronik

Berlangganan via Email